Waktu Terbaik untuk Kerja Sama dengan Otak Kita

Waktu Terbaik untuk Kerja Sama dengan Otak Kita

. 2 min read

Sama halnya dengan kondisi tubuh, dalam 24 jam kondisi otak juga dapat berubah dan memiliki ritme kerja. Hal ini baik untuk diketahui agar kamu dapat memaksimalkan pekerjaanmu sehari-hari.

Jadi kapan waktu terbaik untuk bekerja sama dengan otak kita? Melansir dari Health.MSN, yuk, mulai kenali waktu-waktunya.

Jam 7 - 9 pagi

Waktu ini menjadi saat yang tepat untuk menaikkan mood-mu. Kamu bisa menghubungi orang-orang tersayang atau mendengarkan lagu, yang akan berguna untuk penyemangatmu sebelum memulai hari.

Jam 7 - 11 pagi

Pada waktu ini, otak memproduksi hormon kortisol yang berfungsi untuk memfokuskan pikiran. Sehingga waktu ini menjadi waktu yang baik untuk belajar, mengerjakan tugas, dan segala hal lain yang membutuhkan konsentrasi.

Jam 11 pagi - 2 siang

Pada jam ini, disarankan untuk mulai mengerjakan pekerjaan yang sulit, karena pada waktu ini, hormon melatonin atau hormon tidur telah menurun, dan kondisi tubuh pun menjadi lebih siap untuk berhadapan dengan hal yang lebih sulit.

Jam 2 - 3 siang

Setelah makan siang, asupan oksigen ke otak memang sedikit berkurang, dan menyebabkan kita menjadi cepat mengantuk.

Pada waktu ini, tidak ada salahnya utuk mengistirahatkan dirimu sebentar dengan tidur siang yang efektif untuk membantu mengembalikan fungsi maksimal otak dengan tidur selama 15-30 menit.

Jam 3 - 6 sore

Semakin sore, sebenarnya otak kita semakin lemah untuk diajak bekerja sama. Pada waktu ini, kamu masih bisa terus mengerjakan tugas-tugasmu, meskipun otak tidak setajam waktu sebelumnya.

Jam 6 sore - 8 malam

Pada waktu ini, otak sudah masuk dalam masa ‘pemeliharaan’, yang berarti produksi hormon melatonin atau hormon tidur berada di level yang rendah.

Pada waktu ini, tidak ada salahnya untuk melakukan quality time dengan keluarga, teman, ataupun diri sendiri setelah melakukan banyak tugas seharian.

Jam 8 - 10 malam

Badan sudah lelah, otak pun sama lelahnya pada waktu ini. Kamu butuh waktu untuk bersantai, bukan kembali bekerja. Hal ini perlu dilakukan agar kinerja otakmu kembali optimal keesokan harinya.

Jam 10 malam ke atas

Waktu ini menjadi waktu yang tepat untuk berhenti beraktifitas dan tidur. Usahakan tidur dengan cahaya yang redup agar otak menjadi lebih rileks, dan tidur cukup selama 7 - 8 jam agar energimu kembali optimal.



Nah, kini kamu bisa mulai lebih paham dalam memilih waktu untuk bekerja sama baik dengan otak kan? Karena otak manusia nyatanya memang memiliki irama yang dinamis.

Untuk semakin memaksimalkan kinerja otak, Gramedia.com punya rekomendasi buku menarik nih untuk kamu. Lihat di bawah ini, ya!

Berpikir Secepat Cahaya: Rahasia Melatih Ketajaman Otak

novel

A WHOLE NEW MIND: Bagaimana Para Pengguna Otak Kanan Mampu Menguasai Masa Depan

novel

101 Rahasia Kesehatan Otak

novel


Sumber header foto: Hello Sehat