Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Universitas Negeri Padang Tingkatkan Re-Akreditasi Lewat Pengadaan Buku Digital Melalui E-Perpus Gramedia

Universitas Negeri Padang Tingkatkan Re-Akreditasi Lewat Pengadaan Buku Digital Melalui E-Perpus Gramedia

Akreditasi menjadi hal penting sebagai tanda kualitas dan terpenuhinya standar dari suatu instansi di dalam bidangnya. Maka dari itu, sangat penting untuk menyiapkan hal-hal yang menyangkut penilaian akreditasi ini, agar mendapatkan nilai yang terbaik.

Hal itu pula yang dipikirkan oleh pengurus perpustakaan utama Universitas Negeri Padang (UNP), bahwa akreditasi menjadi tolak ukur dari kelayakan pelayanan yang diberikan kepada para sivitas akademika, khususnya para mahasiswa, agar dapat merasakan fasilitas kampus secara maksimal.

Dua tahun ke belakang di mana pandemi mulai menerpa, membuat bagian perpustakaan UNP semakin terpacu untuk memperbaiki dan memberikan pelayanan terbaik, salah satunya dengan menghadirkan pelayanan perpustakaan digital yang akan memberikan kemudahan dalam mengakses buku-buku tanpa hadir ke perpustakaan kampus. Akhirnya, bagian perpustakaan UNP memilih untuk bekerja sama dengan E-Perpus Gramedia dalam menyediakan layanan Smart Library.

Pihak UNP sangat menghindari penyalahgunaan hak cipta dalam digitalisasi buku. Maka dari itu, ketertarikan untuk bekerja sama ini hadir karena kelengkapan buku yang diperlukan oleh sivitas akademika UNP yang dapat terpenuhi oleh katalog Gramedia yang beragam dengan kualitas terbaik.

Sejak bulan Februari tahun 2022 kemarin, Smart Library UNP sudah dapat dimanfaatkan oleh seluruh pengguna aplikasi perpustakaan digital Universitas Negeri Padang. Semua mahasiswa yang sudah terdaftar dapat mengakses layanan Smart Library dengan mudah dan nyaman. Mereka dapat mengakses bahan ajar dan skripsi hanya melalui gawai tanpa perlu keluar rumah dan mengelilingi rak buku.

eperpus
Para Pustakawan dari Perpustakaan UNP (Dok. UNP)
"Selama menggunakan Smart Library di tahap awal ini, para pengguna cukup puas. Karena kemudahan penggunaanya, kemudian aksesnya simple, juga ada preview-nya. Fitur untuk tidak bisa men-screenshot menurut saya juga bagus, sehingga membuat kita jadinya harus mencatat mandiri. Karena kan biasanya, kalo abis di-screenshot, itu udah disimpan aja," tutur Idrizon, Pranata Komputer Muda Perpustakaan Utama UNP

Dengan jumlah koleksi e-book sebanyak 880 judul, ke depannya pihak perpustakaan pusat akan bekerja sama dengan pihak perpustakaan tiap fakultas untuk terus menggalakkan penggunaan Smart Library, baik secara daring maupun luring, karena manfaatnya yang begitu banyak bagi sivitas akademika.

E-Perpus Gramedia, Berikan Layanan Pembuatan Perpustakaan Digital

E-Perpus Gramedia telah bekerjasama dengan ratusan klien dari berbagai instansi, mulai dari kementerian, perusahaan swasta, sekolah, universitas, hingga organisasi non profit lainnya. E-Perpus Gramedia memberikan jasa dalam pembuatan aplikasi perpustakaan digital, yang mampu menaruh lebih dari puluhan ribu koleksi buku, majalah, maupun koran digital, dari ratusan penerbit ternama.

Dengan perpustakaan digital, pemeliharaan dan kontrol koleksi perpustakaan jadi lebih mudah. E-Perpus Gramedia memiliki fitur Admin Dashboard yang memudahkan pustakawan dalam membuat laporan, mengelola, dan menganalisis pengguna serta konten di dalamnya.

Lewat Admin Dashboard, pustakawan bisa mengatur pengguna atau anggota perpustakaan dengan lebih mudah, dapat memantau aktivitas pengguna, mengatur konten dan peminjaman, hingga mengatur pembelian konten, yang semuanya bisa diakses secara 24 jam di mana saja, hanya melalui smartphone atau tablet. Dengan perpustakaan digital dari E-Perpus Gramedia, Anda bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung dari mana pun, di luar pengunjung yang datang langsung ke tempat perpustakaan.

Selain Smart Library yang bisa dimiliki dengan cepat dan mudah, Anda juga bisa memilih ePerpus Premium untuk miliki perpustakaan eksklusif tersendiri pada instansi Anda. Aplikasi akan dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan instansi dan bisa meng-upload e-books internal dalam perpustakaan digital.

Mulai dari Rp5.220.000, Anda sudah bisa mendapatkan perpustakaan digital sendiri, dan aplikasi tersedia di Google Play Store maupun App Store. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan perpustakaan digital oleh E-Perpus Gramedia, Anda bisa mengakses pada eperpus.com dan klik Kontak Sales di pojok kanan atas.


Sumber foto header: Dok. Perpustakaan UNP


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus