Ubud Writers & Readers Fest dan Event-event Ini Jadi Ajang Kumpul Para Pecinta Seni dan Sastra

Ubud Writers & Readers Fest dan Event-event Ini Jadi Ajang Kumpul Para Pecinta Seni dan Sastra

. 3 min read

Bagi penggiat sastra, adanya festival sastra di Indonesia tentunya menjadi angin segar. Pasalnya lewat event ini, bisa menjadi ajang berkumpulnya para penulis, pembaca, hingga penerbit. Bisa menjadi ajang memperluas pengetahuan dan juga menjadi ajang menambah pertemanan dengan sesama penggiat sastra.

Salah satu yang segera berlangsung adalah Ubud Writers & Readers Festival (UWRF). Untuk ke-15 kalinya diadakan, UWRF kali ini akan berlangsung mulai 24 hingga 28 Oktober mendatang.

UWRF 2018 merupakan event berskala internasional yang akan berlangsung di Ubud, Bali. Tak hanya terbatas pada buku, UWRF juga akan mengadakan pemutaran film. Salah satunya Laut Bercerita yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Leila S. Chudori. Selain itu akan diputar pula beberapa film lainnya, salah satunya, Marlina: Si Pembunuh dalam Empat Babak.

Nayla, buku karya Djenar Maesa Ayu yang telah diterjemahkan dalam bahasa Inggris oleh Sebastian Partogi dan disunting Kan Lume, akan diluncurkan di acara ini, di Blanco Renaissance Museum.

UWRF2018
Source: Ubudwritersfestival.com

Tentunya masih banyak lagi hal seru yang akan diadakan di acara ini. Sementara itu, UWRF bukanlah satu-satunya festival sastra besar yang berlangsung di Indonesia. Ada tiga festival sastra lainnya yang juga digelar dengan meriah.

Meskipun sudah berlangsung, tak ada salahnya kan untuk cari tahu dan bersiap ikutan di tahun berikutnya. Apa saja festival sastra tersebut? Berikut daftarnya.

1. Makassar International Writers Festival (MIWF)

Makassar International Writers Festival (MIWF) pertama kalinya diadakan pada 2011 lalu. Diselenggarakan dalam bentuk sebuah acara kecil untuk mempertemukan orang-orang yang mencintai sastra, baik itu penulis, pembaca, penerbit hingga mereka yang suka membuat review buku.

Acara ini terus berkembang hingga pada 2017 lalu acara ini berhasil mengumpulkan 20 ribu partisipan. Tahun ini, MIWF diadakan pada 2 hingga 5 Mei lalu. Acara ini terdiri dari beberapa program, mulai dari workshop, ruang diskusi, hingga perilisan buku.

UWRF2018
Source: Ubudwritersfestival.com

2. Indonesia Writers Festival (IWF)

Indonesia Writers Festival 2018 diadakan pada 21 dan 22 September lalu. Bertempat di Jiwa Jawa Resort Ijen, Banyuwangi, acara ini menjadi salah satu ajang kumpul para pecinta sastra, penulis dan mereka para penggiat sastra lainnya.

Acara bertajuk Empowering Indonesia Trough Writing itu bertujuan memberdayakan dan mempromosikan nilai-nilai dan kebaikan Indonesia lewat menulis. Uniknya, setiap peserta akan diisi dengan kompetisi menulis online di lokasi melalui ponsel mereka. Najwa Shihab, novelis Fira Basuki hingga penulis muda Stella Azasya ikut mengisi acara ini.

UWRF2018
Source: Ubudwritersfestival.com

3. Makassar International Eight Festival & Forum (MIEFF)

Berbeda dengan festival sastra lainnya. MIEFF bisa disebut festival yang menggabungkan banyak hal selain tentang sastra. Itu sebabnya diberi nama "eight f". Festival ini memadukan fashion, food, fiction writers & fonts, fine arts, folks, fusion music, flora & fauna dan juga film.

Tahun ini, MIEFF diadakan mulai 10 hingga 14 Oktober lalu. Berlangsung di Anjungan Pantai Losari, Makassar acara ini sukses digelar. Dari tahun ke tahun, acara ini pun semakin sukses dan menjadi ajang berkumpulnya mereka yang menyukai kebudayaan Indonesia, termasuk mereka penggiat sastra.

MAKASSAR FEST
Source: Lampungpro.com

All images source: ubudwritersfestival.com