Tunjangan Hari Raya: Buat Beli Apa?

Tunjangan Hari Raya: Buat Beli Apa?

. 2 min read

Tunjangan Hari Raya atau biasa disingkat THR adalah hak pendapatan bagi pekerja yang wajib dibayarkan oleh pengusaha atau korporasi menjelang Hari Raya Keagamaan. THR biasanya senilai gaji bila pekerja sudah bekerja dalam suatu periode waktu (biasanya minimal satu tahun) atau proporsional sesuai dengan periode waktu kerja pekerja itu sendiri. Hari Raya Keagamaan bisa Hari Raya Idulfitri, Hari Raya Natal, Hari Raya Nyepi, atau Hari Raya Waisak.

Biasanya, agar divisi keuangan setiap perusahaan tidak terlalu ribet, maka disepakati THR diberikan pada salah satu Hari Raya Keagamaan mayoritas pekerja. Salah satunya menjelang Hari Raya Idulfitri. Sudahkah dipikirkan akan dibelanjakan untuk apa THR tahun ini? Selain disisihkan untuk ditabung dan keperluan Hari Raya, dana THR juga bisa dibelanjakan untuk hal-hal bermanfaat. Berikut beberapa rekomendasi barang untuk dibeli saat sudah terima THR.

1. Keperluan Rumah Tangga


Photo by jens johnsson / Unsplash
Bagi Anda yang sudah berkeluarga, cobalah mendata perkakas rumah tangga yang amat diperlukan atau yang amat harus diganti. Keperluan rumah tangga terutama elektronik biasanya ada masa penggunaannya, seperti kompor gas atau listrik, setrika listrik, dispenser, sampai penanak nasi. Tidak hanya yang bersifat elektronik, keperluan dapur dan alat bersih-bersih juga harus dicek kembali apakah perlu diganti atau tidak. Selain amat bermanfaat, keperluan rumah tangga sudah pasti menjadi kebutuhan dasar yang tidak bisa dilalaikan.

2. Pakaian

A row of t-shirts of different colors in Petersham
Photo by Parker Burchfield / Unsplash

Baju baru, Alhamdulillaah … 'tuk dipakai di Hari Raya …

Begitu ujar Dhea Ananda cilik ketika menyanyikan lagu "Baju Baru". Tentu pakaian tidak boleh ketinggalan untuk dialokasikan dari dana THR. Banyaknya diskon besar-besaran yang disediakan dari setiap toko pakaian dari baju atasan sampai sepatu menambah peluang Anda untuk menyisihkan sebagian dana THR. Tapi, hati-hati, jangan terlalu ambisius dan tergila-gila dengan diskon besar tersebut. Beli saja yang benar-benar dibutuhkan. Harus bisa tahan dari godaan belanja pakaian ya!

3. Buku


Photo by Corey Blaz / Unsplash
Yang satu ini tidak boleh ketinggalan. Buku dapat menjadi teman kala mudik dan bermacet-macetan di jalan. Dengan membaca, waktu yang dipakai pun lebih bermanfaat dan dapat menambah wawasan. Membaca pun punya berbagai manfaat. Belilah buku yang sekiranya dapat membunuh rasa bosan. Bisa novel komedi, komik, atau malah buku-buku islami untuk memperdalam ilmu agama. Buku juga bisa menjadi hadiah untuk anak atau keponakan Anda yang berpuasa penuh selama Ramadan. Lalu, di mana tempat membeli buku itu? Cari saja di gramedia.com.


Adakah barang lain yang menurut Anda amat diperlukan untuk dibeli menggunakan dana THR?