Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Ikuti Try Out AKM 2022 Bersama Erlangga dan Dapatkan Hadiah Total Jutaan Rupiah!

Ikuti Try Out AKM 2022 Bersama Erlangga dan Dapatkan Hadiah Total Jutaan Rupiah!

Tidak terasa jika AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) yang merupakan rangkaian dari AN (Asesmen Nasional) jenjang SD/MI, akan dilaksanakan pada akhir Oktober nanti. Wah, sudah sebentar lagi, nih! Ini adalah waktu yang tepat untuk mempersiapkan diri lebih baik dalam menempuh tes ini. 💪

Tentunya penting sekali untuk peserta didik mempersiapkan AKM, sebab tes ini akan menjadi standar kompetensi dalam mengembangkan diri dan berpartisipasi positif untuk masyarakat. Hal terpentingnya, AKM sendiri adalah salah satu tes yang wajib ditempuh, karena tes ini adalah bagian dari rangkaian AN (Asesmen Nasional). Namun, apa, sih, AKM dan AN itu?

Apa Itu AKM (Asesmen Kompetensi Minimum)?

Beberapa kali masyarakat sudah merasakan keterbaruan standar dan ukuran pembelajaran untuk peserta didik. Pada tahun 2020, Nadiem Makarim atau Menteri Pendidikan kita, melakukan pembaruan lain dalam bentuk uji tesnya, yaitu membentuk Asesmen Nasional sebagai pengganti Ujian Nasional.

Perubahan ini disinyalir menjadi sebuah gebrakan baru untuk mengubah kinerja dan karakter peserta didik di Indonesia. Nantinya, AN bukan hanya mengharuskan peserta didik untuk mengikuti AKM saja, tetapi juga SK (Survei Karakter) yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan peserta didik, lalu dilanjutkan dengan Survei Lingkungan Belajar.

Sebagai tes pertama yang harus dijalani peserta didik, AKM akan menjadi alat ukur kompetensi siswa yang menguji kemampuan literasi serta numerasinya. Selain itu, AKM akan banyak menyajikan beragam masalah dengan konteks yang berbeda-beda. Nantinya masalah-masalah dalam tes diharapkan mampu diselesaikan oleh peserta didik berdasarkan kemampuan literasi dan numerik yang dimiliki.

Penilaian literasi dan numerasi dalam AKM memiliki tiga komponen penting. Komponen pertama adalah konten pada soal, hal ini mengacu pada perbedaan jenis teks dan kemampuan bilangan peserta didik. Kemudian konteks pada soal, yakni penilaian yang berhubungan dengan hal personal, sosial budaya, dan saintifik.

Komponen tersebut dilanjutkan dengan komponen tingkat kognitif yang berkaitan dengan cara berpikir solutif peserta didik terhadap suatu masalah. Pada komponen ini, peserta didik akan dinilai bagaimana caranya menemukan, menginterpretasikan, dan mengevaluasi informasi, menalar dan menerapkan konsep matematika dalam situasi nyata, serta masih banyak kasus lainnya.

Wah, perubahan yang cukup kompleks, bukan? Adaptasi yang cepat tentunya diperlukan oleh hampir seluruh masyarakat baik dari peserta didik, tenaga pendidik, begitu pula dari orang tua murid. Untuk peserta didik, jangan sampai kamu melewatkan persiapan-persiapan penting untuk menempuh AKM!

Gramedia bersama Erlangga dengan bangga menyediakan tempat untuk kamu mengasah kemampuan lebih dalam lagi lewat Try Out AKM 2022 bersama Erlangga! Selain bisa mengasah kemampuan sebelum mengikuti AKM, kamu juga berkesempatan menerima hadiah total jutaan rupiah, lho! Simak syarat dan ketentuannya berikut ini.

Syarat dan Ketentuan Mengikuti Try Out AKM 2022 Bersama Erlangga

Untuk mengikuti Try Out AKM 2022 bersama Erlangga cukup mudah, kamu hanya perlu memahami dan mengikuti syarat dan ketentuan di bawah ini:

  1. Pendaftaran sebesar Rp75.000,- sudah termasuk buku Erlangga Xpress AKM
  2. Pendaftaran bisa dilakukan melalui https://bit.ly/3eqBFDf atau bisa di toko-toko Gramedia pilihan
  3. Periode pendaftaran hingga 7 Oktober 2022
  4. Try out dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober 2022 di toko-toko Gramedia pilihan yang peserta pilih pada form pendaftaran
  5. Peserta wajib melakukan daftar ulang pada tanggal 9 Oktober 2022 di toko Gramedia pilihan peserta untuk proses verifikasi
  6. Nilai try out akan dihitung secara otomatis dan akan diunggah melalui banner https://gramedia.com
  7. Penilaian berdasarkan nilai terbaik dan waktu tercepat
  8. Untuk pembelian di Gramedia.com peserta diharuskan mengunggah bukti transaksi di form pendaftaran, dan untuk pembelian di toko harus menunjukkan struk belanja saat pelaksanaan try out (registrasi ulang)
  9. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Customer Service Gramedia.com atau Toko Gramedia yang menjadi tempat pelaksanaan lomba

Setelah mendaftar kamu bisa melaksanakan try out di toko-toko Gramedia berikut:

  • Gramedia Puri Indah Mall
  • Gramedia Cikupa
  • Gramedia Karawaci
  • Gramedia World BSD
  • Gramedia Pekanbaru Mal
  • Gramedia Summarecon Serpong
  • Gramedia Sudirman Pekanbaru
  • Gramedia Mall SKA Pekanbaru
  • Gramedia Daan Mogot
  • Gramedia Teras Kota
  • Lampung Raden Intan

Hadiah Pemenang Try Out AKM 2022 Bersama Erlangga

Dengan mengikuti Try Out AKM 2022 bersama Erlangga, kamu bisa merasakan tantangan yang nyata, lho! Selain bisa bersaing dengan beragam peserta dari sekolah berbeda, kamu juga berkesempatan memenangkan hadiah total jutaan rupiah jika bisa menjadi peraih nilai terbaik dari seluruh peserta. Berikut detail hadiahnya!

  • Peraih nilai terbaik I: Uang Rp750.000 + Piala + Piagam + Goodybag
  • Peraih nilai terbaik II: Uang Rp500.000 + Piala + Piagam + Goodybag
  • Peraih nilai terbaik III: Uang Rp250.000 + Piala + Piagam + Goodybag

Eits, hadiahnya bukan cuma itu, lho! Untuk setiap peraih nilai terbaik dari setiap toko juga berhak mendapatkan uang tunai Rp150.000, piala, piagam, dan goodybag!

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan try out dan pendaftaran, bisa klik pada gambar di bawah ini!

TOKlik untuk Info Lebih Lanjut!

Menjelang dekatnya Asesmen Nasional untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA/MAK, tentunya banyak persiapan yang perlu dilakukan peserta didik. Untuk peserta didik SMP dan SMA yang belum bisa mengikuti Try Out AKM 2022 bersama Erlangga kali ini, kamu juga bisa mengasah kemampuanmu lewat buku latihan dan persiapan, lho! Berikut Admin rangkum beberapa buku persiapan AKM 2022 dari Erlangga yang cocok untuk kamu miliki.

Rekomendasi Buku Persiapan AKM 2022

SMA/MA Erlangga Fokus AKM (Asesmen Kompetensi Minimum)

TOBeli di Sini!

Buku persiapan AKM dari Erlangga untuk jenjang SMA/MA dibentuk khusus menyesuaikan kompetensi yang dibutuhkan pada peserta didik SMA/MA. Dengan buku Erlangga Fokus AKM jenjang SMA/MA, kalian akan menemukan strategi dalam mengerjakan soal-soal AKM mulai dari mengenal, memahami, dan berlatih soal-soal tipe AKM. Dengan berlatih mengerjakan soal-soal tipe AKM, tentu hasil AKM terbaik akan berada di genggamanmu!

SMK/MK Erlangga Fokus AKM (Asesmen Kompetensi Minimum)

TOBeli di Sini!

Selain tersedia untuk jenjang SMA/MA, Erlangga juga menyusun buku persiapan untuk jenjang SMK/MK yang berbeda. Isinya disesuaikan dengan kebutuhan dan kompetensi peserta didik SMK dan MK, sehingga peserta didik bisa mengenali, memahami, dan menaklukkan soal-soal AKM.

SMP/MTs Erlangga Fokus AKM (Asesmen Kompetensi Minimum)

TOBeli di Sini!

Tentunya buku persiapan AKM dari Erlangga juga tersedia untuk jenjang SMP/MTs pula. Di dalam buku ini, peserta didik akan mendapatkan fitur-fitur seperti strategi sukses AKM, berisi penjelasan tentang AKM, tips dan trik yang akan membantumu mengerjakan soal-soal tipe AKM, contoh soal AKM, hingga pembahasan berisi contoh-contoh soal AKM dengan sebaran materi dan proses kognitif yang proporsional, disertai pembahasan secara tuntas dan jelas.

SD/MI Erlangga Fokus AKM (Asesmen Kompetensi Minimum)

TOBeli di Sini!

Bagi kalian peserta didik SD/MI yang ingin memperdalam latihan selain dari Try Out AKM 2022 bersama Erlangga, kamu juga bisa mendapatkan buku berlatih terbitan Erlangga! Selain mendapatkan fitur-fitur yang sama seperti buku AKM jenjang lainnya, di sini kamu juga akan mendapat paket simulasi soal AKM berisi tiga paket simulasi AKM untuk berlatih membiasakan diri mengerjakan soal-soal tipe AKM.

Buku persiapan untuk AKM jenjang SD/MI bukan hanya itu saja, kamu juga bisa mendapatkan buku jenjang SD/MI yang lain dari Erlangga yang lebih terfokus dengan jenis pembelajarannya, yaitu literasi dan numerasi.

Erlangga X-Press AKM SD/MI Literasi

TOBeli di Sini!

Buku ini akan mempersiapkan kamu menguasai komponen literasi dalam AKM! Sama seperti buku-buku persiapan Erlangga lainnya, kamu akan mendapatkan paket simulasi, contoh soal dan pembahasan, serta tips dan trik pengerjaan soal-soal.

Erlangga X-Press AKM SD/MI Numerasi

TOBeli di Sini!

Untuk kamu yang ingin fokus memperdalam kemampuan numerasi, Erlangga punya buku latihan yang cocok untuk kamu! Di dalamnya terdapat teori, konsep, contoh soal, simulasi, dan pembahasan detail lengkap mengenai bahan ajar numerasi!

Nah, itu dia persiapan yang bisa dilakukan peserta didik untuk menempuh AKM! Jangan lewatkan Try Out AKM 2022 Bersama Erlangga yang akan dilaksanakan pada beberapa toko Gramedia di seluruh Indonesia, dan dapatkan juga buku-bukunya dengan membelinya di Gramedia.com! 🤗✨

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: Dok. Gramedia.com

Penulis: Shaza Hanifah


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus