Trilogi Chaos Walking, Fiksi Ilmiah Menakjubkan yang Wajib Kamu Ikuti!

Trilogi Chaos Walking, Fiksi Ilmiah Menakjubkan yang Wajib Kamu Ikuti!

. 4 min read

Patrick Ness, sosok penulis legendaris yang tulisannya selalu berhasil membawa pembacanya masuk ke dalam dimensi waktu berbeda, kini ia telah merampungkan kisah trilogi Chaos Walking.

Pada pertengahan tahun ini, Patrick Ness membawa pembacanya untuk mengikuti kisah Perang Penghabisan (The Chaos Walking #3: Monsters of Men). Ini adalah kisah lanjutan dari PISAU LUKA dan PERTANYAAN DAN JAWABAN, sekaligus sebagai buku terakhir menutup trilogi CHAOS WALKING.

Seri CHAOS WALKING menggambarkan secara gamblang kenyataan akan perang, dan perbudakan dalam balutan fantasi yang intens juga mendebarkan.

Setelah bertemu Viola, hidup Todd berubah menjadi penuh darah dan perlawanan. Orang-orang yang membesarkannya mendadak menyuruhnya segera kabur meninggalkan Prentiss Town. Wali Kota Prentiss dan anak buahnya mengejar Todd dan Viola dengan alasan yang tidak mereka pahami. Dalam pelarian mereka, Viola membunuh seseorang dan Todd membunuh Spackle, penghuni asli Dunia Baru yang seharusnya sudah dimusnahkan para manusia yang pertama kali menginjakkan kaki di planet tersebut.

Namun ternyata tidak hanya para Spackle yang masih hidup, kaum wanita juga masih hidup dan bermukim di bagian lain planet. Padahal selama ini Todd diberitahu bahwa kaum wanita tewas, karena terinfeksi kuman yang ditularkan Spackle.

Awalnya Todd dan Viola hanya ingin bertahan hidup. Tapi ke mana pun mereka pergi, Wali Kota Prentiss meneror mereka, hingga akhirnya mereka tertangkap dan dipisahkan. Meski terpisah, keduanya perlahan mengungkap rencana-rencana jahat dan gila milik Wali Kota Prentiss yang ingin menguasai seluruh planet sebagai pemimpin absolut.

Todd dan Viola kini menghadapi masalah yang lebih besar dari sekadar bertahan hidup. Kedua remaja tersebut angkat senjata dan terlibat perang dari dua sisi yang berbeda, mendapati moral dan nurani mereka diuji, mempertanyakan kelayakan manusia untuk menganggap rendah Spackle dan memperbudak mereka. Pada akhirnya, tak ada jalan lain kecuali kekerasan. Para kaum yang tertindas kini menghimpun kekuatan dan balas melawan.

Trilogi Chaos Walking

1. Pisau Luka (The Chaos Walking Trilogy#1: The Knife of Never Letting Go)

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Buku pertama Chaos Walking yang berjudul Pisau Luka atau The Knife of Never Letting Go, mengisahkan Todd Hewitt yang merupakan satu-satunya bocah lelaki di Prentisstown. Kota itu hanya berisi lelaki dewasa, tidak ada perempuan, tidak ada anak-anak.  Sejak terinfeksi kuman Kebisingan, mereka dapat mendengar pikiran satu sama lain.  Sebulan lagi Todd menjadi lelaki dewasa, tapi di tengah Kebisingan, dia tahu kotanya menyembunyikan sesuatu. Sesuatu yang begitu mengerikan sehingga Todd terpaksa melarikan diri hanya bersama Manchee, anjing yang pikiran setia dan sederhananya juga dapat di dengar Todd.  

Diburu lelaki-lelaki jahat dari kota, keduanya bertemu makhluk aneh yang begitu hening, seorang anak perempuan. Siapa dia? Mengapa dia tidak terbunuh oleh kuman seperti semua perempuan di Dunia Baru? Dikisahkan melalui narasi Todd yang polos, para pembaca disuguhi petualangan menegangkan, ketika seorang bocah lelaki yang beranjak dewasa harus melupakan semua yang dia ketahui, agar dapat mengungkapkan rahasia besar yang selama ini disembunyikan darinya.

2. Pertanyaan dan Jawaban (The Chaos Walking Trilogy#2: The Ask and The Answer)

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Dalam buku ke 2 trilogi Chaos Walking, dengan judul Pertanyaan dan Jawaban atau The Ask and The Answer, merupakan lanjutan dari Pisau Luka. Pada akhir pelarian mereka dalam Pisau Luka, Todd dan Viola tidak menemukan penyembuhan serta harapan di Haven. Mereka malah menemukan kota Prentisstown Baru, yang dikuasai oleh sang musuh lama, Wali Kota Prentiss.  

Mereka dipaksa hidup terpisah, Todd di penjara, dan Viola di rumah penyembuhan. Tak lama, Viola pun terseret dalam berbagai aktivitas kejam sang Jawaban. Sementara Todd menghadapi pilihan-pilihan sulit, ketika dipaksa bergabung dengan rezim baru opresif Wali Kota Prentiss yang mengangkat dirinya menjadi Presiden.

Bercerita secara bergantian, keduanya berusaha keras memahami berbagai tindakan yang harus mereka lakukan, meski bertentangan dengan kepercayaan paling hakiki. Tercabik antara kebingungan dan kompromi, kecurigaan serta pengkhianatan, bisakah rasa saling percaya di antara mereka bertahan?  Lalu, suatu hari bom mulai meledak di sana-sini.

3. Perang Penghabisan (The Chaos Walking #3: Monsters of Men)

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Pada buku ke 3 dengan judul Monster of Men atau Perang Penghabisan, menceritakan kisah perang besar yang sudah di depan mata. Para Spackle akhirnya mengerahkan seluruh kekuatan untuk memerangi manusia yang selama ini menindas mereka. Berakhir sudah gencatan senjata ini.

Meskipun menghadapi musuh bersama, Wali Kota Prentiss dan Mistress Coyle terus bersaing. Akibatnya, Todd dan Viola kembali berada diantara dua kubu yang bertentangan. Spackle hendak menghabisi mereka, sementara konvoi 5.000 pemukim baru akan tiba dalam hitungan hari. Todd dan Viola harus memilih, dunia seperti apa yang akan mereka ciptakan.

Kejutan demi kejutan mengiringi perjalanan Todd dan Viola, termasuk kehadiran tokoh ketiga yang mungkin dapat membantu mewujudkan perdamaian Dunia Baru. Namun di sisi lain, dia juga memiliki kekuatan yang amat besar untuk menghancurkan mereka semua.

Monster of Men merupakan trilogi epik yang seru untuk dinikmati. Ini merupakan kisah brilian yang membicarakan pada era saat ini. Di mana berisi hiruk pikuk dunia yang luar biasa indah, namun menegangkan dan juga kisah yang membuat kamu takjub oleh alur ceritanya.

“Ini fiksi ilmiah terbaik, dan merupakan gabungan brutalitas dan idealisme yang, pada akhirnya, sangat manusiawi.” - Booklist (starred review)

Trilogi Chaos Walking yang mencekam dan mendebarkan adalah sebuah mahakarya dengan proporsi epik yang ditulis Patrick Ness. Penasaran kan ingin mengikuti kisah satu ini? Kamu bisa segera dapatkan bukunya di Gramedia.com.

Dan jangan lupa, masih ada diskon hingga 40%, yang diperpanjang hingga 27 September 2021. Spesial untuk #SahabatKreasi langsung masukkan dalam keranjang buku-buku incaranmu ya!

PromoKlik untuk Info Promo

Saat ini Gramedia.com juga punya layanan terbaru, "Pesan Antar". Kamu bisa pesan apapun melalui chat WhatsApp. Pilih pengiriman instant (khusus Jabodetabek), sehingga paketmu tiba di rumah lebih cepat!

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: Dok. Gramedia.com