7 Trik Jitu Lolos Seleksi CPNS

7 Trik Jitu Lolos Seleksi CPNS

. 2 min read

Bagi kamu yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pastinya harus mengikuti tes seleksi yang ketat. Apalagi ada ribuan orang dari berbagai daerah di Indonesia ingin mengikuti tes ini. Oleh karena itu, untuk lolos seleksi memang bukan hal yang mudah.

Persiapan yang matang, menjadi salah satu kunci keberhasilan. Tentunya jangan menyerah begitu saja.

Berikut ini 7 trik jitu ala Gramedia.com yang dapat kamu coba agar bisa lolos dalam menghadapi tes seleksi CPNS. Yuk, simak!

1. Pantau jadwal seleksi

cpns-1Source: Liputan6.com

Jadwal seleksi bisa berubah sesuai dengan ketentuan dari pemerintah. Jangan sampai terlewat karena tidak memerhatikan hal ini. Pantau di situs berita yang terpercaya atau dari website resmi penerimaan CPNS.

2. Persiapkan kondisi fisik dan mental

Setelah belajar dengan matang untuk mengikuti tes, hal yang tidak boleh diremehkan adalah kesehatan. Tubuh yang sehat memudahkan untuk berkonsentrasi. Olahraga menjadi alternatif yang baik untuk menjaga kesehatan fisik dan mental sebelum melaksanakan ujian. Jangan lupa, istirahat yang cukup dan makan makanan yang sehat ya.

3. Persiapkan berkas yang dibutuhkan

Baca ketentuan berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar seleksi CPNS. Pelajari dengan baik dan persiapkan jauh-jauh hari. Persiapan yang mendadak akan menyulitkanmu, karena tidak semua berkas bisa disiapkan dalam waktu sehari.

4. Tenang saat seleksi berlangsung

cpns-2-kompasSource: Kompas.com

Saat ujian seleksi tiba, saatnya kamu percaya diri. Tunjukkan kemampuanmu dengan maksimal. Bersikap tenang dapat membantumu berpikir lebih jernih. Kerjakan soal yang mudah lebih dulu, serta perhatikan waktu pengerjaannya.

5. Berdoa

Sebelum melakukan aktivitas ada baiknya didahului dengan berdoa agar pikiran dan hati menjadi lebih tenang. Minta kepada Tuhan agar diberi kemudahan menyelesaikan segala urusan, khususnya dalam menjalani tes CPNS.

6. Belajar buku panduan lolos CPNS

Banyak pilihan buku soal seleksi CPNS yang bisa dipelajari. Jenis buku panduan ada yang berisikan soal-soal latihan kompetensi dasar, atau berisikan soal-soal lainnya. Ada juga yang memberikan soal-soal tes psikologi hingga membahas soal-soal pengetahuan wawasan kebangsaan.

7. Ikhlas dengan segala hasil

Setelah berbagai usaha dilakukan, apapun hasilnya, kamu harus tetap berlapang dada. Jika diterima, tandanya kamu harus siap mengabdi kepada negara. Jika gagal, mungkin kamu perlu mencobanya lagi tahun depan, tentunya dengan persiapan yang jauh lebih matang.


Intinya, jangan cepat menyerah ya, Grameds! Persiapkan dirimu dengan buku-buku panduan pilihan menghadapi tes CPNS.

Salah satunya bisa berlatih menggunakan Modul Resmi SKD+SKB CAT ASN/CPNS 2018 2019. Buku buatan Tim Psikologi Salemba ini memuat soal-soal tes tahap satu, tahap dua, tes wawancara, psikotes lanjutan hingga materi EPPS dan Kesemaptaan.

Buku ini juga dilengkapi dengan aplikasi dan video tutorial bedah soal. Pastinya akan memudahkan dalam mengerjakan tes seleksi CPNS yang akan diikuti.

buku-cpns-2

Untuk rekomendasi buku-buku panduan tes CPNS lainnya, kamu bisa klik di sini.


Header image source: Kompas.com