Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Dari Viral hingga Jadi Tren di Sepanjang 2018

Dari Viral hingga Jadi Tren di Sepanjang 2018

Tinggal menghitung hari sebelum mengucapkan selamat tinggal 2018. Selama setahun ini pastinya banyak hal yang sudah dilewati dan memberikan berbagai kesan.

Tak sedikit juga kejadian yang akhirnya booming dan viral di sosial media. Kamu pastinya mengetahui tren-tren ini, bahkan ada juga yang ikut meramaikan tren tersebut.

Berikut ini, Gramedia.com merangkum tujuh tren yang sempat viral di sepanjang 2018. Kira-kira mana yang kalian ikuti dan mana yang paling menghibur? Yuk, intip daftar lengkapnya.

1. In My Feelings Challenge

TREN2018
Sumber: Youtube

Awalnya ini hanyalah tantangan menari diiringi lagu penyanyi hip hop, Drake yang berjudul In My Feelings. Namun kemudian banyak yang mengikuti gerakan tarian In My Feelings sembari mengendarai mobil yang sedang berjalan. Karena keunikan tersebut, akhirnya tantangan ini pun viral di media sosial.

Di Indonesia sendiri, tantangan In My Feelings banyak ditiru, tak terkecuali oleh para selebriti. Sebut saja Jessica Iskandar dan Nia Ramadhani termasuk yang ketularan demam tren In My Feelings Challenge.

2. Falling Star Challenge

TREN2018
Sumber: Instagram

Tren yang berikutnya adalah berfoto dengan gaya jatuh tersungkur, dengan banyak benda-benda bertebaran di sekitar. Siapa sangka konsep yang sesederhana itu kemudian viral dengan berbagai macam konten menarik.

Ada yang membuat konsep falling star challenge dengan sayur-mayur yang bertaburan, ada juga yang menggunakan buku-buku sebagai properti dalam tantangan ini. Ayu Dewi dan Olla Ramlan adalah dua seleb Indonesia yang ikut memosting tantangan yang satu ini.

3. Freckles makeup

TREN2018
Sumber: Instagram

Kalau yang ini bukan berbentuk tantangan. Melainkan berbentuk tren makeup kekinian. Freckles merupakan bintik-bintik coklat yang terdapat di area wajah. Nah, freckles ini biasanya muncul tergantung sensitivitas kulit pada matahari ataupun cuaca. Namun belakangan, justru banyak yang menambahkan freckles palsu ini sebagai kreasi dari tata rias wajah.

Tren ini mulai menjamur sejak awal 2018 hingga akhir tahun ini. Yang mencoba pun dari berbagai kalangan mulai dari model, influencer, hingga selebriti. Lucunya, Thalia Putri Onsu, putri Ruben Onsu juga ikutan mengaplikasikan tren ini, lho.

4. Make up babak belur

TREN2018
Sumber: Instagram

Tren ini bermula dari Young Lex yang mengaku dipukuli saat menghadiri jumpa fans Lisa Blackpink. Dia mengunggah foto babak belur di instagramnya. Tak lama setelahnya dia pun mengakui jika wajah babak belurnya itu hanya rekayasa make up semata.

Siapa sangka setelahnya banyak bermunculan tutorial make up babak belur. Tak sedikit juga yang ikutan mencoba tren make up ini. Salah satunya selebgram Reza Darmawangsa.

5. Cover lagu Tayo

TREN2018
Sumber: Instagram

Tiba-tiba saja lagu soundtrack animasi Tayo the Little Bus ini menjadi viral. Karena banyak digemari, lagu dengan nada yang catchy ini pun dibuat menjadi banyak versi. Beberapa di antaranya viral dan membuatnya semakin digemari.

Beberapa versi yang banyak dibicarakan yaitu versi hip hop, yang diunggah di channel Youtube Ecko Show & GHCOD. Selain versi hip hop, versi salawat dan versi dangdut koplo juga banyak mencuri perhatian.

6. Meme bahasa gaul ala anak Jakarta Selatan

TREN2018
Sumber: Instagram

Punya teman yang bermukim di Jakarta Selatan dan suka bicara dengan mencampurkan bahasa Indonesia dan Inggris? Kalau punya, ya karena mereka juga lah akhirnya muncul tren yang satu ini. Menjadi viral karena banyak yang merasa kalau anak Jakarta Selatan itu punya kebiasaan untuk mencampurkan bahasa Inggris dan Indonesia.

Tren ini menjadi viral karena percampuran bahasa Inggris dan Indonesia yang dilakukan terasa tidak tepat. Seperti penggunaan kata “which is” atau kata “literally”.

7. Meme judul sinetron azab

TREN2018
Sumber: Instagram

Menjamurnya sinetron azab di beberapa stasiun televisi ternyata mengusik netizen. Pasalnya banyak yang merasa ide cerita dan judul yang digunakan sangat tidak masuk akal.

Kesal dengan munculnya sinetron azab, akhirnya beberapa netizen berkreasi menciptakan meme dengan isi judul sinetron azab seperti yang ada di televisi. Lucunya, meme sinetron azab ini sukses viral dan menjadi tren tersendiri.


Sumber header foto: Youtube


Enter your email below to join our newsletter