Tragedi Kisah Tragis Kota Permai Tersembunyi, Dalam Keruntuhan Gondolin

Tragedi Kisah Tragis Kota Permai Tersembunyi, Dalam Keruntuhan Gondolin

. 3 min read

Keruntuhan Gondolin (The Fall of Gondolin) berawal dari sebuah kisah yang ditulis oleh J.R.R Tolkien menjelang akhir tahun 1916. Saat itu, Tolkien baru saja ditarik dari medan Perang Dunia I di Somme, akibat sakit yang dideritanya.

Tolkien menghabiskan waktu di barak, dengan menulis sebuah cerita yang memadukan konsep Middle-earth, yang saat itu baru terbentuk di kepalanya dengan pengalamannya selama di medan perang. Keruntuhan Gondolin ini seolah meletupkan ekspresi kreatif Tolkien yang telah berkembang sejak masa sekolah.

Keruntuhan Gondolin dibingkai sebagai sebuah narasi flashback dari karya Tolkien yang kita kenal sekarang, seperti The Silmarillion. Narasi kisah-kisah Abad Kedua setelah peristiwa kehancuran Gondolin terjadi menyebut tentang kota tersembunyi kaum Elf yang hancur oleh serangan Morgoth.

Beberapa karakter penting, seperti Elrond dan Arwen lahir dari para penyintas serangan tersebut. Akan tetapi, semua kisah tersebut tidak pernah hadir dalam versi lengkap, dan hanya selalu diceritakan dengan embel-embel menurut ceritanya saja. Buku ini juga menjelaskan Gondolin dalam tiga panel, menggambarkan kisah kota permai Gondolin sejak awal hingga masa kehancurannya.

sapiens
Sumber foto: putri2wotan.wordpress.com

Gondolin ini merupakan kota permai yang tersembunyi, dibangun dan dihuni Elves Noldor yang memberontak semasa tinggal di Valinor, atau disebut sebagai negeri para dewa. Raja mereka adalah Turgon, yang paling dibenci dan ditakuti Morgoth. Sia-sia Morgoth mencari keberadaan kota tersembunyi ini, sementara dewa-dewa di Valinor lebih banyak berdiam diri, tak mau membantu. Kecuali Ulmo, sang Penguasa Perairan.

Ulmo mengirim Tuor, sepupu Túrin Turambar, sebagai pembawa pesan ke Gondolin. Dalam balutan jubah Ulmo, Tuor berangkat dari negeri kelahirannya untuk mencari Turgon. Di kerajaan tersembunyi ini, takdirnya terpenuhi, karena Tuor akhirnya berhasil menemukan akses rahasia ke dasar Lembah Tumladen, yang menjadi lokasi Gondolin, dan dia disambut ramah oleh Turgon.


Baca juga: Genre yang Biasa Ada dalam Kategori Buku Fiksi


Tuor menjadi pahlawan besar di sana, lalu menikah dengan Idril, putri Turgon, dan putra mereka adalah Eärendel yang kelak datang menghadap Valar, untuk memohon belas kasihan bagi anak-anak Iluvatar. Sebagaimana dikisahkan dalam The Silmarillion.

Namun ternyata karena Tuor menikahi Idril inilah bisa berakibat fatal, dan menimbulkan kecemburuan bagi sepupu Idril, yang bernama Maeglin. Kegelapan hati Maeglin dan api cemburu yang membuncah dalam dirinya, membuatnya berkhianat dan membuka jalan bagi Morgoth, untuk akhirnya menemukan Gondolin. Morgoth berhasil melancarkan serangan besar-besaran untuk meruntuhkan kota permai itu.

sapiens
Sumber foto: instagram.com/smialsarda

Penggemar kisah fiksi Tolkien tentu sangat menanti kehadiran buku yang menggambarkan kejatuhan Gondolin. Pasalnya, dalam preview pada buku-buku sebelumnya, kisah kejatuhan Gondolin merupakan salah satu kisah karya Tolkien yang paling tragis, epik, namun masih digambarkan tidak lengkap.

Berbagai versi dari kisah ini terserak dalam manuskrip dan buku-buku berbeda. Kisah ini hanya disebut sedikit dalam The Silmarillion, Unfinished Tales, serta The Lost Tales jilid 2, sehingga rasanya hanya seperti membaca referensi tidak utuh. Jadi adanya buku Keruntuhan Gondolin (The Fall of Gondolin) adalah sebuah jawaban atas rasa penasaran penggemar akan kisah lanjutan pada buku-buku sebelumnya.

Penasaran bagaimana kelanjutan setelah perang besar-besaran yang dipimpin oleh Morgoth ini? Apakah Gondolin musnah atau masih bisa diselamatkan? Baca sekarang yuk buku Keruntuhan Gondolin (The Fall of Gondolin). Dan checkout bukunya hanya di Gramedia.com!

bukuDapatkan Bukunya Disini!


Baca juga: Rekomendasi Novel Sci-Fi & Fantasi Best Seller


Kamu juga bisa menikmati berbagai promo menarik di Gramedia.com, dengan klik gambar di bawah ini. Dijamin belanjamu jadi makin maksimal!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Gramedia.com juga punya layanan terbaru "Pesan Antar". Pesan apapun sekarang mudah banget. Kamu hanya perlu chat WhatsApp dan bisa pilih pengiriman instant (khusus Jabodetabek). Maka paketmu akan tiba di rumah lebih cepat!

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: Dok. Gramedia.com