7 Tokoh Dunia Ini Mengawali Sukses dari Baca Buku

7 Tokoh Dunia Ini Mengawali Sukses dari Baca Buku

. 4 min read

Bukan perkara mudah untuk meraih kesuksesan. Faktanya banyak orang sukses pernah mengalami jatuh bangun. Kegagalan demi kegagalan justru membuat mereka tahan banting dan belajar menjadi lebih baik lagi.

Tengok saja Jack Ma, pendiri Alibaba yang sebelum sukses harus mengalami berkali-kali kegagalan. Mulai dari gagal masuk universitas hingga menjadi satu-satunya orang yang tidak lolos bekerja di cabang KFC yang baru buka di Hangzhou.

Namun, Jack Ma tak mudah menyerah. Hingga di tahun 2018, dirinya dinobatkan Forbes sebagai orang terkaya nomor 1 di China dan nomor 20 di dunia. Setiap upaya yang dilakukan seseorang untuk mencapai kesuksesan sangatlah berarti dan tentunya berpengaruh. Salah satunya adalah membiasakan diri untuk membaca.

Mengutip Business Insider, penelitian yang dilakukan Steve Siebold memaparkan bahwa para miliuner mendidik diri mereka sendiri dengan membaca.

Lalu siapa saja tokoh-tokoh dunia yang mengawali kesuksesan mereka dari kebiasaan membaca buku? Berikut di antaranya.

1. Mark Zuckerberg

1_QeOrf-n5NAdxp0AxHIGlswSource: medium.com

Bersama temannya, Mark Zuckerberg mendirikan Facebook pada tahun 2004. Kini di usianya yang baru menginjak 34 tahun, Zuckerberg menyandang peringkat ke-5 sebagai miliarder dunia menurut Forbes.

Salah satu rahasia di balik kesuksesan CEO Facebook ini ternyata adalah membaca buku. Zuckerberg membiasakan diri membaca satu buku setiap dua minggu sekali untuk memelajari hal-hal tentang teknologi, kepercayaan, sejarah, hingga kebudayaan.

2. Warren Buffett

warren-buffett-claman-interview-2018Source: foxbusiness.com

Warren Buffett dikenal sebagai tokoh terkemuka dalam dunia bisnis dan investasi. Ia pun dinobatkan sebagai orang terkaya ketiga di dunia pada tahun 2018 menurut Forbes.

Usut punya usut, Warren Buffett ternyata rutin membaca lho. CEO Berkshire Hathaway ini setiap harinya meluangkan waktu lima hingga enam jam untuk membaca lima koran berbeda. Ia juga rutin memeriksa sekitar 500 halaman dokumen finansial.

3. Bill Gates

gty_bill_gates_Speakers_thg-130926_16x9_1600Source: abcnews.go.com

Siapa yang tak kenal Bill Gates? Agaknya setiap orang memiliki produk Microsoft besutan Gates dan Allen ini. Tak heran jika pada tahun 2018, ia kembali masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia meski tidak lagi menduduki posisi pertama.

Seperti Warren Buffet, Gates juga punya kebiasaan membaca buku. Bedanya, buku yang dibaca mantan CEO Microsoft ini sebanyak 50 buku per tahun. Itu berarti Bill Gates membaca kira-kira satu buku setiap minggunya.

4. Oprah Winfrey

000f315a-1600Source: rte.ie

Oprah Winfrey merupakan sosok inspirasi banyak orang lewat acara talk show populer, The Oprah Winfrey Show, bahkan bertahan 25 season dari tahun 1986 sampai 2011.

Ternyata, salah satu kebiasaan Queen of All Media ini adalah membaca buku. Oprah Winfrey sadar akan keistimewaan membaca buku yang dianggapnya pribadi sebagai jalan menuju kebebasan. Ia sampai memiliki klub buku yang ia namakan, “Oprah’s Book Club”.

5. Mark Cuban

xgymjeqv7ltlqnf9im2bSource: deadspin.com

Mark Cuban adalah salah satu businessman dan investor terkemuka asal Amerika yang memerlakukan bisnis secara kompetitif layaknya olahraga. Ia sendiri merupakan pemilik dari NBA’s Dallas Maverick.

Dalam menggeluti bisnis yang ditekuninya, Mark Cuban membiasakan diri untuk membaca setiap hari selama tiga jam. Ia bahkan sempat menulis buku berjudul How to Win at the Sport of Business.

6. Elon Musk

1531611656_ajpzbjj0nsmwmkajrhhkSource: litcome.com

Salah satu pebisnis yang fokus pada bidang teknologi dan luar angkasa. Ia menjabat sebagai CEO dari SpaceX, Neuralink, dan Tesla, Inc., serta merupakan co-founder dari Paypal. Siapa lagi kalau bukan Elon Musk.

Sebelum menjadi sukses seperti sekarang, Elon Musk ternyata menghabiskan lebih dari sepuluh jam per hari untuk membaca novel bergenre sci-fi alias science-fiction. Bahkan, pengetahuannya yang luas tentang roket banyak diperoleh dari buku bacaannya.

7. Jeff Bezos

Jeff-Bezos-InventorySource: qz.com

Awalnya, Amazon hanya menjual buku secara online. Kini, orang-orang dapat menemukan apa saja yang ingin dicari lewat Amazon. Sosok di balik kesuksesan sekaligus pendiri e-commerce asal Amerika ini, yaitu Jeff Bezos.

Diketahui kalau Bezos juga punya kebiasaan membaca buku seperti orang-orang sukses lainnya. Beberapa buku bacaan Bezos bahkan dikumpulkan ke dalam “Jeff’s Reading List” yang dapat ditemukan dalam buku The Everything Store: Jeff Bezos and the Age of Amazon.


Yuk, mulai kebiasaan membaca buku sekarang! Kesuksesan memang tidak dapat diraih dengan cara instan. Awali dulu dengan membaca buku, karena buku adalah jendela dunia.

Kalau masih bingung mau cari buku apa, Gramedia.com selalu siap menemani langkahmu menuju kesuksesan.


Header source: finance.yahoo.com