Bukan Sekadar Idaman, Berikut Tips untuk Milenial yang Mau Beli Rumah

Bukan Sekadar Idaman, Berikut Tips untuk Milenial yang Mau Beli Rumah

. 5 min read

Nggak jarang nih kita nemuin kabar yang mengatakan generasi milenial sulit punya rumah sendiri, bahkan pesimis untuk bisa membelinya. Semakin tinggi harga properti tiap tahunnya, ditambah penghasilan yang serba ngepas, membuat mereka berpikir bahwa punya hunian sendiri sebagai misi yang sulit direalisasikan.

Ada banyak faktor yang membuat milenial kesulitan untuk memiliki rumah sendiri. Tapi tidak ada hal yang tidak mungkin, asalkan kita bisa komitmen dan bertekad untuk mewujudkannya. Yang terpenting kamu punya rencana dan pemikiran yang realistis untuk memenuhi pembayaran rumah.

Karena rumah adalah kebutuhan primer, ada baiknya kamu segera mengalokasikan penghasilan untuk hal ini ya! Coba deh ikuti tips yang sudah Admin rangkum ini sebagai awal modal kamu menyiapkan rumah impian.

Tips untuk Milenial yang Ingin Memiliki Rumah Idaman

1. Pastikan Keuangan Stabil dan Fokus Menabung DP

Godaan promo ngopi atau minum-minum cantik di sore hari masih sering dialami para milenial nih. Ada juga yang memang masih harus memenuhi kebutuhan orang tua atau saudara-saudaranya. Nah selama penghasilan dan pengeluaranmu sejalan, serta tidak ada utang yang memberatkan, kondisi keuangan yang stabil wajib kamu pegang dahulu nih.

tips
Sumber foto: blog.roome.id

Coba kurangi pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu, dan alokasikan untuk menabung pembayaran DP atau uang muka. Lakukan perencanaan keuangan dan berkomitmen untuk menyisihkan uang setelah gajian untuk tabungan DP rumah.

2. Menabung Lewat Deposito atau Investasi Lainnya

Agar uang tabunganmu aman, kamu bisa memilih langsung menabung dalam rekening deposito. Tabungan emas juga bisa jadi pilihan sehingga kamu lebih disiplin untuk menabung.

tips
Sumber foto: 99.co

Pilih investasi juga bisa kamu lakukan untuk memupuk tabungan DP rumah. Sudah ada banyak platform investasi yang memudahkan kamu, seperti reksadana sampai fintech peer to peer landing. Asalkan kamu paham dengan saham atau reksadana, nantinya tabunganmu akan mendapatkan timbal balik yang lumayan nilainya.

3. Rajin Riset dan Survei Rumah yang Tepat

Kamu mau rumah yang seperti apa? Mau di kota atau di pinggiran kota? Dekat dengan akses tol dan transportasi umum? Mau yang dikelilingi fasilitas kesehatan, sekolah, dan entertainment juga?

Pertimbangan ini semua akan berpengaruh ke biaya yang harus kamu keluarkan nanti. Jadi, segera cari rumah idaman dan sesuaikan dengan keadaan finansial kamu. Pastikan nantinya skema cicilian sesuai kemampuan dan penghasilan kamu juga ya.

tips
Sumber foto: quickenloans.com

Perhatikan juga tentang rekam jejak developer atau si penjual rumah. Cari informasi sebanyak-banyaknya terkait tahapan pembelian lewat developer, terkait bangunan rumah, lingkungan sekitar, dan hal lainnya untuk meminimalisir risiko buruk di masa depan.

4. Banyak Baca Mengenai Ilmu Finansial

Semakin banyak ilmu yang kamu petik, semakin baik juga pengetahuanmu nanti terkait menabung demi mendapatkan hal yang kamu impikan. Buku juga termasuk investasi berharga lho, karena berisikan ilmu-ilmu yang bisa kamu terapkan dalam kehidupanmu. Contohnya seperti cara menabung, berbisnis, berinvestasi yang baik dengan minimal kerugian, dan lain-lain.

Nah, buku-buku berikut ini bisa jadi temanmu dalam bersemangat mengumpulkan pundi-pundi untuk mendapatkan rumah impian!

Rekomendasi Buku Finansial

Make it Happen, Now!

makeBeli dan Pelajari Sekarang!

Saatnya kamu merencanakan keuangan untuk mewujudkan impian punya rumah! Buku ini merangkum tahap-tahap tersebut dengan cara terbaru, bahasa yang mudah dimengerti, dan penuh ilustrasi yang menarik. Ada juga cerita pengalaman inspiratif dan pembahasan terkait keuangan digital, agar keuanganmu tetap aman sentosa, dan impian juga tercapai.

Seni Mengatur Keuangan: Tips Cerdas Melakukan Perencanaan Keuangan

seniBeli dan Pelajari Sekarang!

Baru mulai kerja, baru dapat penghasilan sendiri, bukan berarti kamu belum bisa mulai untuk menabung rumah impian. Buku ini dipenuhi tips dan trik perencanaan keuangan yang mudah dilakukan untuk pemula, baik dari mengetahui kesehatan keuangan, cara menyiasatinya, serta tips investasi maupun tentang asuransi.

Kenapa Sih Kita Harus Nabung?: 50 Cara Menabung Yang Benar

kenapaBeli dan Pelajari Sekarang!

Ya harus nabung, kalau nggak ditabung, nanti punya rumahnya kapan dong? 🤭 Ada banyak cara menyenangkan, seru, dan kreatif untuk menabung, tapi tetap dengan jalan yang benar. Dengan membaca buku, kebiasaan menabung akan melebur jadi budaya hidup kamu sehari-hari. No more jajan-jajan nggak jelas!

Money The Millenial Ways

moneyBeli dan Pelajari Sekarang!

Mau cari tambahan penghasilan biar tabunganmu cepat terkumpul dan rumah keinginanmu tercapai? Buku ini akan membahas tentang pengelolaan keuangan dan cara mendapatkan penghasilan melalui ide bisnis yang millenial ways banget!

Money Quest

Membahas dari semua pengalaman penulis, buku ini menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan sehari-hari, tentang cara bagaimana bisa jalan-jalan setiap tahun, menabung dana pensiun, dana pendidikan, bahkan pertanyaan seputar harus membeli rumah di tanah atau apartemen.

moneyBeli dan Pelajari Sekarang!

Sudah ditetapkan bukan menabung untuk membeli rumah? Nah, dalam buku ini kamu akan diajarkan metode praktis dan sangat mudah untuk mengelola dan mengatur uangmu, hingga bagaimana caranya menabung, dan mencapai tujuanmu!

The Financial Wellbeing Book

theBeli dan Pelajari Sekarang!

Ditulis oleh penasihat keuangan berpengalaman, panduan dalam buku ini cocok untuk keuangan harian maupun jangka panjang yang disesuaikan dengan tujuan dan motivasi kamu. Jadi kamu akan menemukan solusi serta panduan praktis untuk merencanakan tabungan rumah impian!

Millennial Investing

millenialBeli dan Pelajari Sekarang!

Kalau kamu mau coba investasi untuk menabung DP, kamu harap paham dulu seluk-beluknya sebelum terjun di pasar modal. Nah, dalam buku ini kamu akan dijelaskan cara mencari emiten idaman, yang bisa membuat kita meraih keuntungan dengan risiko seminimal mungkin!

#MillennialInvestors: Investasi Ala Milenial

Kalau kamu sudah bertekad ingin membeli rumah, harus paham nih mana yang kebutuhan dan mana yang sekadar keinginan. Saatnya kamu pikirkan bekal hidup di masa depan, rumah salah satunya.

millenialBeli dan Pelajari Sekarang!

Melek investasi bisa membantu kamu untuk memupuk tabungan. Buku ini berisi sharing pengalaman penulis yang sudah berinvestasi sejak usia muda, lengkap dengan langkah-langkah memulai investasi sampai sukses memiliki banyak investasi. Langkah-langkah mereka layak untuk dicoba biar kamu juga punya tabungan masa depan!

Grameds, Admin doakan semoga prosesnya lancar ya! Nggak ada yang mustahil untuk milenial bisa tinggal di rumah sendiri. 😉🏠


Sumber foto header: minhacasaminhacara.com.br