Persiapkan Ini Sebelum Daftar Menjadi TNI/POLRI

Persiapkan Ini Sebelum Daftar Menjadi TNI/POLRI

. 4 min read

Saat ini pendaftaran sebagai prajurit TNI sedang dibuka dan juga menyusul sebagai POLRI. Tentunya, banyak sekali persiapan yang harus diperhatikan. Bukan hanya dalam hal administrasi, namun kekuatan mental, fisik, dan pengetahuan akademis pun harus disiapkan.

Bukan hal yang mudah untuk bisa terlihat keren dan gagah menggunakan seragam, karena proses seleksi ini bisa memakan waktu berbulan-bulan sebelum akhirnya bisa diterima sebagai prajurit. Tapi, tidak menutup kemungkinan juga bahwa kamu bisa lolos asal disiapkan dengan benar!

Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum mendaftar sebagai prajurit TNI atau anggota POLRI:

1. Administrasi

Ini adalah tahap yang paling awal namun sering disepelekan. Selalu periksa dengan cermat kelengkapan berkas dokumen yang diperlukan untuk syarat pendaftaran. Biasanya dari akte kelahiran, ijazah serta rapor yang sudah dilegalisir, KTP, KK, SKCK, dan masih banyak administrasi lainnya yang perlu kamu siapkan.

perhatikan
Sumber foto: siedoo.com

Perhatikan kebenaran dan keabsahan datanya. Jangan lupa siapkan beberapa salinan dokumen untuk berjaga-jaga. Selalu cermat, teliti dan tertib dalam mengarsipkan dokumennya sesuai dengan arahan petunjuk kelengkapan. Jangan sampai langsung gugur di tahap seleksi administrasi awal ini ya!

2. Kesehatan

Pemeriksaan ini juga sangat berpengaruh dalam penilaian. Pemeriksaan kesehatan meliputi tes bagian luar tubuh, seperti tinggi dan postur badan, mata, gigi, THT, alat reproduksi, dan anus. Untuk bagian dalam tubuh akan dilakukan rontgen, tes urine, tes buta warna, tes darah, dan lain-lain. Maka dari itu, kesehatan kalian harus dijaga ya selama proses seleksi! Karena badan yang ideal, belum tentu mempunyai tubuh yang sehat dan bugar.

perhatikan
Sumber foto: tni-au.mil.id

Lakukan pola makan sehat dan jauhi gaya hidup tidak sehat. Jangan lupa lakukan medical check-up dahulu untuk mengetahui keseluruhan kesehatan fisik kamu. Jadi jika ada kelainan seperti gigi berlubang, varises, mata minus, atau hal lain, kamu bisa lakukan tindakan cepat agar bisa mengatasinya lebih lanjut.

3. Kesamaptaan Jasmani

Seorang prajurit tentunya wajib mempunyai kondisi fisik yang bugar, gagah, dan prima. Terlebih karena tugas besar menjadi abdi negara yang akan diemban. Kesamaptaan adalah serangkaian tes kemampuan fisik dalam melakukan kegiatan secara efisien tanpa menimbulkan kelelahan fisik (stanbrain.com, 30/07/2020). Tes disini meliputi kesiapan fisik dalam lari, push up, sit up, pull up, shuttle run, renang, dan lain-lain.

perhatikan
Sumber foto: humas.polri.go.id

Akan lebih mudah jika kamu sering berlatih setiap harinya agar tubuhmu terbiasa dan kuat dalam melakukan hal-hal tersebut. Karena, akan ada batas penilaian dalam jumlah atau waktu tertentu untuk menentukan kelolosan kamu dalam tes ini. Selalu rutin berolahraga ya untuk menjaga kebugaran tubuh kamu!

4. Pelajari Psikotest, Akademik, dan Mental Ideologi

Selain fisik yang bugar, mental yang kuat, dan pengetahuan mendalam juga perlu dipersiapkan. Tes psikologi ini untuk memeriksa aspek intelegensi dan kepribadian. Jangan lupakan tes akademik, meliputi mata pelajaran yang biasa kamu dapatkan di sekolah. Selain itu, pelajari dan pahami kembali tentang Pancasila, UUD 1945, sejarah perjuangan pahlawan, dan pengetahuan terkait TNI atau Polri.

perhatikan
Sumber foto: tni-au.mil.id

Kamu perlu sering berlatih menjawab soal-soal psikotest, akademik, maupun cara menjawab dalam tes mental ideologi ini. Salah satunya melalui buku-buku yang menyediakan tipe-tipe soal khusus untuk seleksi TNI dan Polri. Dengan ini, kamu akan lebih mengenal bagaimana soal-soal yang akan kamu hadapi nantinya saat tes. Jadi, kamu sudah terbiasa dan tahu bagaimana menjawabnya dengan tepat.

Sekarang di Gramedia.com sudah tersedia banyak pilihan buku yang bisa kamu gunakan untuk berlatih dalam tes tertulis maupun wawancara ini. Coba cek yuk buku-buku latihan soal terbarunya.

Wangsit Pawang Soal Sulit TNI Polri

WangsitBeli dan Pelajari Sekarang!

All New Tes Masuk TNI Polri (Plus CD)

AllBeli dan Pelajari Sekarang!

Best Score Tes Masuk Tni Polri Sistem Cat 2021-2022

BestBeli dan Pelajari Sekarang!

Panduan Wajib Tes Masuk TNI Polri

PanduanBeli dan Pelajari Sekarang!

Buku Babon Sukses Tes TNI Polri Sistem CAT (Plus CD)

BukuBeli dan Pelajari Sekarang!

Smart+ Strategi Sukses Lolos Tes Tni Dan Polri, Drilling Soal-Soal Tes Masuk Ter-Update

smartBeli dan Pelajari Sekarang!

Saatnya berlatih dan persiapkan diri kamu agar lolos ujian masuk TNI ataupun Polri. Terus semangat dan selamat berjuang ya!

Dan sebagai #SahabatTanpaBatas, Admin berikan diskon spesial untuk seluruh produk di Gramedia.com. Jadi kalian bisa segera belajar tipe-tipe soal tes untuk masuk TNI dan POLRI dari buku-buku di atas.

PromoKlik untuk Info Promo

Oh ya, untuk yang ingin pesananannya lebih cepat sampai rumah, kamu bisa gunakan layanan Gramedia Pesan Antar. Pilih jasa kurir express yang bisa mengirimkan pesananmu jauh lebih cepat!

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: nusantaranews.com