Diterima Magang? Ini 5 Tips Memulainya pada Hari Pertama

Diterima Magang? Ini 5 Tips Memulainya pada Hari Pertama

. 2 min read

Sudah selesai UAS teman-teman mahasiswa? Jika sudah, itu artinya libur panjang yang telah ditunggu-tunggu segera datang. Tibalah saatnya kamu mencari peluang untuk mendapatkan pengalaman baru dan mengisi waktu libur dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat. Salah satu kegiatan positif yang bisa dilakukan adalah magang. Adakah di antara kalian yang sedang mendaftar atau bahkan sudah diterima?

Selamat sekali lagi untukmu jika sudah diterima magang. Bagaimana rasanya? Gugup tapi tetap bahagia, bukan? Perasaan ini wajar terjadi bagi kamu yang baru pertama kali magang. Bahkan yang sudah pernah mengalaminya pun tetap masih merasakan hal itu. Butuh adaptasi terhadap suasana dan lingkungan baru. Oleh karena itu, persiapan yang baik dan tepat perlu kamu perhatikan. Percaya deh, kamu pasti bisa.

Berikut tips yang bisa kamu lakukan saat memulai magang pada hari pertama!

1. Datang Tepat Waktu

Close-up of an Apple Watch showing the time and calendar on a man's wrist.
Photo by Gian Prosdocimo / Unsplash

Kadang kala jarak rumah dengan jarak perusahaan yang kamu tempati cukup jauh, kamu perlu menghabiskan waktu berjam-jam di perjalanan. Oleh karena itu, persiapkan kelengkapan magangmu malam hari atau beberapa jam sebelum magang dimulai. Berangkatlah dari rumah dengan memperkirakan waktu sampainya di tempat magang tersebut. Datang terlambat akan memberikan kesan buruk pada hari pertamamu.

2. Tersenyumlah

A young woman sitting near a window turning her back and giving a wide smile
Photo by Brooke Cagle / Unsplash

Tersenyum akan membantumu memupuk rasa percaya diri. Maka, mulailah hari magangmu dengan memberikan senyuman kepada rekan-rekan kerja barumu, juga kepada office boy atau satpam yang bertugas di tempat magangmu itu. Dengan begitu mereka tidak akan segan untuk membantumu pada saat kamu membutuhkan bantuan mereka, seperti saat menunjukkan lokasi gedung tempatmu bertugas, atau yang lainnya.

3. Berkenalan


Photo by rawpixel / Unsplash

Beranikan dirimu untuk mulai menyapa dan berkenalan dengan rekan kerjamu. Kamu mungkin belum dapat mengingat semua nama rekanmu pada hari pertama magang. Perlu untuk mencatat nama-nama mereka misalnya dengan meminta nomor teleponnya. Selain nantinya dapat menghubungi mereka jika membutuhkan infromasi tertentu, kamu juga dapat merekatkan pertemananmu.

4. Menanyakan Tugas yang Perlu Dikerjakan

A group of people brainstorming over a laptop and sheets of paper
Photo by Štefan Štefančík / Unsplash

Hari pertama magang biasanya belum diberikan tugas-tugas tertentu, mungkin beberapa tempat magang saja yang sudah memberikan tugas. Mintalah dengan ramah dan sopan kepada mentor magang untuk mengetahui prosedur kerja yang akan dilakukan. Dengan begitu, kamu bisa melaksanakan tugas pada hari itu juga.

5. Riset

A book with a magnifying glass on top of it, next to a pen, and globes on a desk in Cianorte
Photo by João Silas / Unsplash

Cari tahu contoh-contoh hasil pekerjaan rekan yang sudah bekerja lebih dulu di tempat magangmu. Hal ini penting agar kamu bisa menyesuaikan diri dengan apa yang dibutuhkan oleh tempat magangmu, bukan apa yang kamu mau. Boleh gunakan style-mu untuk menyelesaikan tugas, tetapi bukan berarti mengubah sistem yang telah ditetapkan tempat magangmu.

Semangat magang pada hari pertama!