Tips Membaca E-book Agar Lebih Nyaman

Tips Membaca E-book Agar Lebih Nyaman

. 2 min read

Buku fisik memang memiliki daya pikatnya tersendiri dibandingkan dengan e-book. Mulai dari sensasi menguliti plastiknya, menyusur halaman demi halaman, sampai aromanya yang khas. Siapa sangka jika ternyata hal-hal sederhana inilah yang membuat buku fisik masih tetap lebih digemari hingga kini.

Sebuah penelitian pun menunjukkan fakta bahwa buku fisik dapat membuat seseorang dapat mengingat lebih baik, otak lebih aktif, bahkan memerpanjang usia harapan hidup jika dibandingkan dengan e-book.

Tapi jangan kira e-book tidak membawa manfaat. Karena jika dibandingkan dengan buku fisik, e-book sebenarnya lebih praktis untuk dibawa kemana-mana, bahkan menghemat tempat dan saku. Meskipun begitu, beberapa orang pasti mengatakan kalau membaca e-book itu kurang nyaman.

Kalau kamu sebenarnya ingin beralih pada e-book atau termasuk salah seorang yang merasakan ketidaknyamanan ketika membaca e-book mungkin kamu belum tahu triknya. Simak baik-baik, ya!

1. Gunakan perangkat yang berbeda

woman having coffee while using tablet
Photo by Narain Jashanmal / Unsplash

Jika memungkinkan, akan lebih nyaman jika kamu tidak menggunakan smartphone yang biasa digunakan untuk keperluan komunikasi sehari-hari untuk menghindari terdistraksi dengan notifikasi media sosialmu.

Jikapun tidak memungkinkan, kamu cukup menonaktifkan data selulermu agar dapat membaca lebih nyaman.

2. Invert warna pada layar

novel
Sumber: Pinterest

Warna normal yang terpancar dari layar gadget memungkinkan mata kita untuk menjadi cepat lelah. Untuk itu, invert warna pada gadget menjadi salah satu upaya paling mudah untuk menghindari mata lelah.

Beberapa aplikasi e-book memungkinkan penggunanya untuk mengubah warna layar menjadi kekuningan yang biasa disebut dengan read mode. Aplikasi reader biasanya didukung oleh teknologi e-ink sehingga tampilannya begitu mirip dengan kertas, dan membuat mata lebih nyaman.

Namun jika memang tidak ada, kamu cukup meng-invert layar gadget-mu dalam mode greyscale.

3. Gunakan holder

novel
Sumber: Custommade

Tentu akan melelahkan rasanya jika kita terus menerus menggenggam gadget baca kita, bahkan tidak jarang gadget akan terasa panas jika terlalu lama. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa menggunakan holder untuk menyangga gadget-mu.

Holder semacam ini memang sudah banyak dijual di berbagai e-commerce dengan harga yang murah. Namun jika tidak ingin merogoh saku lagi, kamu cukup gunakan kreatifitasmu untuk menjadikan barang-barang di sekitarmu sebagai penyangga gadget bacamu.


Nah itu dia beberapa hacks yang bisa kamu terapkan jika ingin mulai mencintai e-book dengan nyaman. Selamat mencoba!

Untuk e-book-ebook pilihan kamu bisa mencarinya di Gramedia Digital.


Sumber header foto: Firegang.com