Agar LDR Tahan Lama Bersama Buku LDR Survival Kit

Agar LDR Tahan Lama Bersama Buku LDR Survival Kit

. 2 min read

Sebuah hubungan pasti memiliki tantangan, baik itu hubungan nonromatis seperti kolega di kantor maupun hubungan romantis seperti suami-istri atau pacaran. Tantangan akan lebih besar untuk hubungan romantis, apalagi yang menjalani hubungan jarak jauh.

Hubungan jarak jauh atau juga dikenal dengan sebutan long distance relationship (LDR) adalah hubungan yang dijalin secara romantis dari dua tempat yang berjauhan. LDR kerap memiliki rintangan lebih berat ketimbang hubungan biasa karena kurangnya waktu untuk bersama secara langsung.

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk hubungan LDR tetap berjalan dengan baik? Simak tip hubungan tahan lama untuk para pejuang LDR berikut ini.

1. Komunikasi jangan kendor

Bertelepon sampai berjam-jam mungkin sudah jadi kegiatan lumrah bagi para pejuang LDR. Sedari pulang kantor sampai tengah malam bahkan dini hari, kamu dan pasanganmu membahas setiap detail kegiatan yang dilakukan pada hari itu. Bila kalian melakukannya, pertahankanlah.

Bila tidak bisa berkomunikasi melalui telepon, kamu dan pasanganmu masih tetap bisa melakukannya dengan aplikasi pesan instan. Mungkin tidak setiap saat, tapi pastikan ada waktu luang bersama untuk saling bertukar informasi dan perasaan masing-masing.

Yang terpenting dari semua itu: sampaikanlah kata-kata romantis kepada pasanganmu. Hal tersebut perlu agar kalian sadar bahwa kalian sedang memiliki hubungan spesial. Dengan begitu, hubungan kalian akan tetap awet.

2. Komitmen yang utama

Poin ini memang seharusnya adalah dalam setiap hubungan—bahkan yang nonromantis sekalipun. Komitmen akan menjaga setiap orang yang ada dalam sebuah hubungan tersebut mengetahui perannya masing-masing.

Bagi para pejuang LDR, komitmen harus lebih teguh berdiri. Tidak hanya sebagai pengingat bahwa kalian saling memiliki, komitmen akan jadi pegangan yang kuat untuk menghadapi rintangan hubungan.

Jangan lupa membuat jadwal bertemu secara berkala. Pejuang LDR sama-sama tahu bahwa mereka jarang bertemu. Pastikan bahwa ada waktu di mana kalian akan berdua seharian melakukan kegiatan yang menyenangkan dan mengobrol dari hati ke hati.


Baca juga: Long Distance Relationship yang Harus Diperjuangkan


3. Kepercayaan secukupnya

Rasa percaya itu penting terutama dalam sebuah hubungan romantis. Sebagai pejuang LDR kamu dan pasangan pasti sudah merasa percaya pada satu sama lain. Kamu harus percaya bahwa pasanganmu akan tetap setia padamu. Begitupun sebaliknya.

Namun, kepercayaan yang kamu punya juga secukupnya saja alias tidak berlebihan. Bila berlebihan, kamu akan mengalami cinta buta. Hal itu akan membawa hubungan kalian ke ujung tanduk karena perilaku sensitif dan protektif yang berlebihan.

4. Kenal LDR lebih jauh bersama LDR Survival Kit

“Meski sulit untuk bertemu tetapi ada rasa percaya yang terus menyatu. Kalian pun jauh dari ragu.” (hlm. 44)

Dari ketiga di atas, poin inilah yang paling menarik. Kamu ingin tahu bagaimana hubungan jarak jauh dari pasangan pejuang LDR lain? Buku LDR Survival Kit yang baru saja terbit pada awal 2020 ini akan jadi bahan bacaan yang bermanfaat.

LDR Survival Kit akan mengingatkan bahwa pejuang LDR kiat-kiat tersendiri agar hubugan dengan pasangan tetap tahan lama. Buku ini ditulis oleh beberapa kontributor Hipwee yang menceritakan sisi lain LDR.

Di dalam buku LDR Survival Kit, ada cerita tentang para pejuang LDR yang sudah menikah. Salah satunya adalah Resti (28 tahun) yang hampir putus asa karena jarak Indonesia-Singapura yang tidak memungkinkannya dan pasangannya untuk bertemu setiap saat.

hubungan
LDR Survival Kit karya Hipwee

Nah, jangan ragu lagi untuk menjalani hubungan LDR! Tiga plus satu kiat di atas bisa menjadi tip ampuh agar LDR tetap tahan lama.

Dapatkan buku LDR Survival Kit di Gramedia.com!


Baca juga: Diamond of Love: Lima Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menikah


Sumber gambar header: Stone Artwork / Pexels