Tips Jitu Manajemen Waktu yang Efektif

Tips Jitu Manajemen Waktu yang Efektif

. 4 min read

Time flies.. Sekali waktu telah berlalu, kamu tidak akan pernah mendapatkannya kembali. Kita semua memiliki 24 jam dalam sehari. Tapi, mengapa tampaknya beberapa orang bisa mendapatkan hasil maksimal dari setiap menit dalam sehari? Percaya atau tidak, mereka tidak memiliki kekuatan untuk memperlambat waktu. Namun, mereka tahu bagaimana mengatur waktu dengan benar.

Nah, kamu bisa mencoba mengatur waktu dengan beberapa tips ampuh di bawah ini:

Membuat To-do List

Membuat
Sumber foto: Profesi UNM

Pertama kamu bisa membuat to-do list apa yang mau dikerjakan, mulai dari tugas kantor, kuliah, sekolah, atau hal lainnya. Tulis saja semua hal dan pekerjaan yang harus diselesaikan, mulai dari urutan pertama yang paling terpenting, dan urutan selanjutnya.

Dengan memiliki daftar akan menghemat waktumu, membuat kamu tetap fokus dan juga termotivasi. Selain itu ada perasaan puas loh ketika setiap kali kamu menandai tugas dari daftar yang sudah kamu kerjakan.

Disiplin

Disiplin
Sumber foto: Freepik.com

Disiplin diri adalah kemampuan untuk melakukan apa yang harus kamu lakukan, ketika kamu harus melakukannya, bahkan jika kamu tidak ingin melakukannya. Tanpa disiplin diri, semua prinsip, teknik, dan nasihat sukses lainnya tentu tidak ada gunanya

Nah, orang sukses adalah orang yang disiplin. Mereka dapat mengendalikan keinginan, perasaan, dan pikiran mereka, yang memengaruhi apa yang mereka katakan dan lakukan. Dan kamu juga bisa loh kasih hadiah untuk diri sendiri, karena menyelesaikan tugas-tugasmu. Tentunya agar kamu makin semangat untuk disiplin! :)

Fokus

Fokus
Sumber foto: freepik.com

Apakah kamu tipe yang susah fokus? Jangan khawatir karena solusinya kamu harus mulai mengerjakan satu persatu pekerjaan yang sebaiknya kamu lakukan lebih dulu. Dengan kamu menulis list pekerjaan yang harus dikerjakan lebih dulu, akan membuat kamu tetap fokus. Selain itu dengan menetapkan batasan waktu untuk menyelesaikan tugas, akan membantu kamu lebih fokus dan efisien. Dan yang paling terpenting, jangan lupa untuk sarapan ya, karena sarapan dapat membuat tubuh dan otak kamu terus fokus saat bekerja.

Bikin plan untuk ke depannya

Berani
Sumber foto: freepik.com

Pastikan kamu memulai setiap hari dengan plan dan hal apa yang akan dilakukan dan perlu diselesaikan hari itu dengan jelas. Biasakan diri juga, setiap di akhir kerja, tuliskan daftar "tugas" untuk hari kerja berikutnya. Dengan cara itu kamu bisa mengelola dan mengatur waktu dengan baik dan maksimal.

Istirahat sejenak

Menjaga
Sumber foto: freepik.com

Ketika kamu melakukan banyak tugas tanpa istirahat, tentu akan lebih sulit untuk tetap fokus dan termotivasi. Jadi beristirahat juga nggak kalah penting loh. Berikan waktu istirahat di antara tugas-tugas yang sedang kamu kerjakan, tentunya untuk menjernihkan pikiran dan menyegarkan diri. Kamu bisa tidur sebentar, berjalan-jalan sebentar, bermeditasi, bikin teh, main sama kucing di rumah, dan banyak hal lainnya yang bisa kamu lakukan ketika beristirahat.

Nah, selain tips di atas, kamu juga bisa mendapatkan inspirasi dan tips bermanfaat lainnya dari buku-buku di bawah ini loh!

Seni Mengelola Waktu

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Bagaimana cara yang tepat untuk mengatur waktu? Kamu bisa simak semuanya lewat buku ini. Tak hanya itu, kamu juga akan belajar bagaimana cara yang tepat untuk menghabiskan tiap detik, menit, dan jam dalam hidupmu tanpa adanya penyesalan. Baca sekarang yuk!

Merdeka Mengatur Waktu

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Jika kamu kewalahan mengatur waktu, sehingga banyak hal yang terabaikan, penulis menyarankan untuk mengawali dengan membenahi pikiran, lalu membenahi cara hidup dan mengubah kebiasaan. Di situlah letak rahasianya! Nah, bagaimana caranya? Simak sekarang dalam buku ini ya!

Lalai Waktu? No Way!

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Dalam mengelola waktu yang baik, kita juga sepatutnya belajar untuk selalu bersikap optimis dan berpikir positif. Nah, lewat buku ini kita bisa belajar tentang memunculkan kesadaran bagaimana memanfaatkan waktu dengan baik, dan mengisinya dengan kebaikan. Buku ini juga hadir untuk mengingatkan, bahwa hidup di dunia hanya sekali agar kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya, termasuk dalam menggunakan waktu dan kesempatan.

Demi Waktu

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Buku ini merupakan tafsir motivasi agar kita menggunakan waktu sebaik mungkin, memanfaatkannya untuk hal-hal yang lebih berguna. Kisah-kisah inspiratif yang telah diceritakan dapat mengilhami kita untuk menjadi lebih baik lagi. -Prof. Dr. M. Din Syamsuddin, MA

Genggam Waktumu, Kesuksesan akan Menjadi Milikmu

bukuDapatkan Bukunya Disini!

Buku ini berisi cara-cara menyikapi waktu dengan bijak. Lalu ada juga tip-tip mengatur waktu untuk meraih kesuksesan, seperti membuat rencana, produktif di waktu luang, hingga istirahat secukupnya. Selamat membaca!

Nah, itu dia beberapa buku-buku yang bisa kamu dapatkan di  Gramedia.com. Dan jangan lupa, untuk melihat semua promo dan diskon yang sedang berlangsung, langsung klik gambar di bawah ini ya!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: freepik.com