KonMari Method Mengubah Pandangan tentang Beberes Rumah

. 3 min read

Marie Kondo jadi salah satu wanita asal Jepang yang namanya sedang jadi perbincangan banyak orang di berbagai negara. Bagaimana tidak, karena lewat bukunya yang berjudul The Life Changing Magic of Tidying Up, Marie Kondo berhasil menularkan banyak orang untuk mencintai seni membersihkan rumah yang berantakan.

Bagaimana mungkin beres-beres rumah bisa mengubah hidup dan menjadi hal yang menyenangkan? Pastinya berbagai pikiran tentang repotnya bersih-bersih sudah bikin kalian enggan di awal.

Tak perlu takut, karena lewat bukunya, Marie Kondo membagikan berbagai trik yang bisa membuat siapapun tak ragu turun langsung membersihkan rumah.

Trik Marie Kondo ini kemudian dikenal dengan sebutan KonMari Method. Karena tips beres-beres tersebut, namanya menjadi headline di pemberitaan berbagai negara. Saking populernya, metode beberes rumahnya itu pun lalu ditayangkan di Netflix.

Sumber: Konmari.com

Dari berbagai sumber, Gramedia.com merangkum 7 langkah mudah beberes rumah ala KonMari Method, Marie Kondo.

1. Satukan semua sesuai dengan ukuran

Misalkan saja saat mengatur sepatu. Atur sepatu dalam rak sesuai dengan ukuran, dan juga dari yang berat dan besar diletakkan di bagian paling bawah rak, dan semakin ringan, semakin ditempatkan di bagian atas.

2. Simpan barang berdasar barang yang paling sering dipakai

Semakin sering dipakai, letakan barang tersebut di tempat yang mudah diakses. Misalkan saja barang pecah belah, peralatan untuk makan. Jika sering digunakan, letakkan di tempat penyimpanan yang mudah dicapai, jangan di tempat yang terlampau tinggi atau tertutup benda-benda lain yang jarang dipakai.

3. Semua akan terlihat sangat berantakan sebelum terlihat rapi

Jangan takut mengumpulkan semua barang sebelum membereskannya. Kalian memang akan melihat isi rumah berantakan, namun setelahnya, dijamin kalian akan puas dengan kerapihan yang kalian ciptakan.

4. Kumpulkan semua barang yang kalian punya

Menumpuk semua barang sesuai dengan jenisnya. Kumpulan barang-barang itu akan membuat kalian tersadar betapa banyak barang yang kalian punya. Dengan begitu, kalian juga akan lebih mudah memisahkan mana yang benar-benar kalian perlukan atau tidak. Jika tidak benar-benar berguna, langsung say goodbye saja.

sumber: konmari.com

5. Simpan barang dalam wadah

Pastikan semua barang disimpan dalam wadah. Dengan begitu, semua akan terlihat jauh lebih tertata.

Catatan penting, sebisa mungkin pilih kontainer atau wadah transparan. Wadah berwarna transparan akan membuat kalian lebih mudah mengecek barang di dalamnya. Terlebih untuk barang-barang yang akan disimpan di gudang. Sewaktu-waktu kalian memerlukannya, tak perlu susah-susah mencarinya.

6. Melipat pakaian ala Marie Kondo

Teknik melipat yang satu ini menjadi salah satu ciri khas Marie Kondo. Tekniknya, berupa melipat pakaian atau apapun, menjadi dua, tapi tidak sama rata, melainkan dengan perbandingan tiga per empat.

Lalu lipat kembali menjadi tiga lipatan. Setelah selesai, susun lipatan itu dalam barisan, bukan berbentuk tumpukan.

7. Terakhir, pastikan barang yang kalian simpan benar-benar disukai dan digunakan

Jangan pernah menimbun barang karena rasa sayang jika dibuang. Karena melihat ruangan tertata dengan rapi dan bersih, akan menghadirkan rasa bahagia untuk kalian.


Bagaimana, apakah kalian ingin mencoba teknik Marie Kondo? Atau jangan-jangan sudah mencobanya?

Bagi yang penasaran dengan bukunya, bisa langsung cek di Gramedia.com ya.

KONMARI


Sumber foto header: Konmari.com