3 Cara Ampuh Almira Bastari Mengatasi Writer’s Block

3 Cara Ampuh Almira Bastari Mengatasi Writer’s Block

. 2 min read

Writer's block itu apa sih?

Buat yang hobi menulis pastinya sudah tidak asing dengan istilah ini. Writer's block merupakan kebuntuan pikiran yang dialami oleh penulis. Kadangkala penulis kesulitan mengembangkan cerita yang sedang dibuatnya.

Kondisi writer's block seringkali membuat penulis menyerah menyelesaikan cerita yang sedang ditulisnya. Almira Bastari, penulis buku Melbourne (Wedding) Marathon dan Resign membagikan tiga cara jitunya dalam mengatasi writer's block. Sebagai seorang penulis, Almira pun tidak memungkiri dirinya pernah mengalami "penyakit musiman" ini.

ALMIRA
Almira Bastari bersama Valerie Patkar menjadi pembicara di The Reader Fest. (Dok. Gramedia.com)

Saat ditemui tim redaksi Gramedia.com dalam festival buku The Readers Fest yang dihelat pada 1 - 7 Oktober 2018 lalu, Almira pun membagikan 3 cara ampuhnya dalam mengatasi writer’s block. Apa saja?

1. Buat cerita alternatif

Writer's block biasanya membuat penulis mati gaya. Jangankan punya gambaran konsep utuh, kadang untuk memikirkan satu kalimat saja sulit. Nah kalau Almira, biasanya mencari beberapa alternatif cerita lanjutan. Dia akan mengumpulkan ide apapun yang terlintas di pikirannya. Tak selalu sesuai dengan yang direncanakan.

2. Pitching ke teman

Langkah kedua, yaitu pitching atau menceritakan ide-ide alternatif kepada teman.

"Bukan nanya tapi pitching ke temen ya. Aku ceritain ke mereka dan lihat reaksi mereka. Jadi karena aku nulisnya cerita lucu, waktu aku pitching aku lihat nih, kalau yang denger ketawa ya berarti bisa dimasukkin ke ceritanya," tutur Almira Bastari saat ditemui dalam acara The Reader Fest 2018, Sabtu (6/10) lalu.

ALMIRA
Almira Bastari bersama salah satu penggemar saat sesi book signing di The Reader Fest. (Dok. Gramedia.com)

3. Jangan dibiarkan!

Langkah terakhir, menurut penulis yang lahir 28 tahun lalu ini, jangan sampai writer's block dibiarkan begitu saja. Karena jika sampai berlarut-larut akan merugikan penulis karena akan memperlama waktu penerbitan. Tapi jangan juga dijadikan beban berat karena akan semakin sulit melanjutkan cerita yang sedang ditulis.

Cari inspirasi atau ide bisa dari mana saja, bahkan dari hal paling simpel sekalipun di sekitar kita. Apapun bisa saja menjadi solusi saat writer’s block menghampiri.


Jika sedang menghadapi writer’s block, bisa coba lho 3 cara jitu ala Almira Bastari di atas. Siapa tahu bisa membantu menyempurnakan tulisan yang sedang kamu selesaikan. Lalu, bisa segera terbit dan menjadi salah satu buku best seller, seperti novel karya Almira yang berjudul Resign.

Bagi kamu yang belum baca, jangan lupa pesan di Gramedia.com ya!