Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Tips Anotasi Buku untuk Bibliophile

Tips Anotasi Buku untuk Bibliophile


Halo Grameds!🙋

Siapa di sini yang punya kebiasaan membuat anotasi di buku yang sedang dibaca?👀 Nah, di artikel kali ini Gita mau memberikan sedikit tips anotasi buku untuk para pecinta buku. Pastikan untuk baca artikel ini sampai habis ya, Grameds, karena Gita punya kejutan di akhir + rekomendasi warna Stabilo yang bagus untuk membuat anotasi buku. Tanpa menunggu lama, yuk kita simak tips membuat anotasi buku.✨

Pengertian Anotasi Buku

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), anotasi merupakan catatan yang dibuat oleh pengarang atau orang lain untuk menerangkan, mengomentari, atau mengkritik teks karya sastra atau bahan tertulis lain.

Dengan kata lain, anotasi buku merupakan proses menandai kalimat atau teks pada buku. Tujuan dari anotasi adalah untuk mempermudah menandai atau menerangkan poin pada buku/teks/naskah.

Tips Membuat Anotasi Buku Menggunakan Warna-warna STABILO

Sebelumnya kita sudah membahas pengertian mengenai anotasi buku, yaitu untuk menandai dan menerangkan kalimat dalam buku, teks, atau naskah. Nah, sekarang, gimana cara membuat anotasi buku untuk mempermudah Grameds untuk menandai hal-hal penting dalam buku? Yuk, kita simak tips-nya di bawah ini!

Berikut adalah tips membuat anotasi buku:

  1. Pertama, Grameds bisa membaca seluruh informasi pada buku, artikel, atau karya tulis lain yang akan dibuat anotasi.
  2. Selanjutnya, Grameds bisa mulai mebuat anotasi dengan menyoroti informasi kata kunci seperti tokoh, ide, peristiwa, atau istilah asing lain dan tandailah dengan warna-warna Stabilo Boss yang Grameds miliki. Gunakan beberapa warna untuk membedakan kategori poin penting.
  3. Setelah itu, Grameds bisa menyalin beberapa catatan penting yang sebelumnya sudah kamu tandai dengan Stabilo Boss.
  4. Terakhir, Grameds bisa mengulas dan meninjau kembali catatan tersebut untuk me-refresh ingatan dan menambahkan hal-hal yang terlewatkan.

Nah itu dia Grameds, tips membuat anotasi buku untuk kamu pecinta buku. Mudah kan Grameds? Mudah dong, karena Stabilo senantiasa membantu Grameds dalam mempermudah pekerjaan. Pas banget pada Gramedia Back to School kali ini, ada penawaran besar-besaran untuk produk stationery!

Stabilo adalah merek alat tulis nomor 1 di Indonesia dan sudah menjadi pilihan pertama masyarakat Indonesi sejak dulu kala. Stabilo merupakan merek alat tulis satu-satunya yang dibuat dengan teknologi Anti-Dry-Out. Stabilo Boss Original dapat bertahan hingga 4 jam tanpa mengering, memastikan kamu fokus saat bekerja. Stabilo adalah produk ramah lingkungan karena menggunakan bahan dasar hasil daur ulang.

Dengan ketebalan garis 2 mm dan 5 mm, serta ujung yang tahan lama dan pewarna water-based, Stabilo Boss Original adalah teman setia dalam menghadirkan catatan yang menarik dan berkelas. Sekarang Grameds nggak perlu khawatir kalau mau membuat lettering di catatan kamu. Penawaran besar-besaran di Gramedia Brand Day Sale Spesial Lebaran kali ini termasuk produk Stabilo pen, penghapus, pensil warna, hingga produk kecintaan kita semua, Stabilo Boss (highlighter).

Nah, sebelum menutup artikel ini, Gita punya rekomendasi warna-warna Stabilo yang bagus dan pastinya cocok untuk setiap mood catatan Grameds. Penasaran? Yuk simak penjelasan berikut!

Rekomendasi Warna Stabilo yang Bagus

Menentukan warna Stabilo dalam membuat anotasi buku atau teks lainnya tentu merupakan salah satu hal yang paling membuat kita excited, karena terdapat banyak sekali warna-warna menarik yang ditawarkan oleh Stabilo. Namun, warna-warna apa saja sih yang cocok dan bagus untuk digunakan membuat anotasi buku? Berikut adalah rekomendasi warna-warna Stabilo yang bagus:

1. Stabilo Boss Original - Highlighter Kuning

brandBeli STABILO Sekarang!

Warna Stabilo satu ini bisa dikatakan warna klasik, karena berwarna kuning neon yang terang. Ketika membuat anotasi buku dengan warna ini, anotasi buku yang Grameds buat akan jelas terlihat dan mudah untuk dibaca.

2. Stabilo Boss Pastel - Highlighter Lilac Haze

brandBeli STABILO Sekarang!

Para penggemar warna pastel, pasti akan suka dengan warna Stabilo yang satu ini. Warna pastel salem yang soft mampu membuat tampilan anotasi Grameds lebih cantik dan manis. Tidak perlu takut untuk tidak kelihatan, karena Stabilo Boss Pastel menggunakan pigmen warna yang lebih ringan, sehingga warna yang dihasilkan pun soft dan tidak akan terlalu tebal.

3. Stabilo - Swing Cool Highlighter Orange

brandBeli STABILO Sekarang!

Buat kamu yang ingin lebih saving tempat di kotak pensilmu, Stabilo yang satu ini cocok untukmu. Dengan desain yang ramping, seperti layaknya pulpen dan pensil, Stabilo Swing Cool, sangat pas untuk di bawa berpergian. Warna orange-nya pun sangat cantik dan fresh. Membuat anotasi buku yang kita buat jadi terlihat segar, dan tentunya tetap terbaca dengan jelas.


Kabar gembira dari Gramedia! Buat Ayah, Bunda, Kakak, dan Adik yang ingin menjelajahi perlengkapan sekolah, sekarang adalah waktu yang tepat! Karena sebentar lagi bakal masuk musim liburan dan gak lama lagi tahun ajaran baru akan dimulai kembali! Tentunya liburan harus diisi dengan kegiatan yang menyenangkan dan juga edukatif biar Kakak dan Adik di rumah tetap semangat balik ke sekolah nanti!💪

Untungnya, Gramedia mengadakan promo Back to School khusus untuk bantu menyuntikkan semangat Kakak dan Adik buat balik ke sekolah usai liburan, nih. Ada beragam diskon menarik untuk tas, buku tulis hingga stationery baru dari Faber Castell, Estudee, hingga Greebel.

halamanLihat Promo Lengkapnya di Sini!

Untuk informasi promo lengkapnya silakan klik gambar di atas, ya! Cek juga halaman promonya biar bisa langsung pilih produk pilihan dan checkout! Selamat berbelanja 💰🛒 dan jangan lupa buat terus borong buku di Gramedia.com terus karena promonya gak bakal pernah habis!🙋🏻


Enter your email below to join our newsletter