Tips Aman Melindungi Buku Saat Bepergian

Tips Aman Melindungi Buku Saat Bepergian

. 2 min read

Membaca bisa di mana saja, bahkan saat dalam perjalanan, entah itu dengan bus, kereta, mobil, atau pesawat sekalipun. Terutama untuk mereka yang sudah candu, buku tentu menjadi hal yang tidak boleh terlewat untuk dibawa.

Tidak jarang dalam perjalanan, buku kalian akan berduet di dalam tas bersama dengan berbagai macam hal seperti botol minum, kotak makan, ataupun barang lain yang beresiko untuk bukumu.

Mungkin bukan hari ini, tapi hal buruk bisa saja terjadi kan? Mulai dari terlipat, robek, hingga terkena tumpahan air.

Untuk menghindari hal-hal mengerikan tersebut, yuk baca tips untuk melindungi buku kesayangan kamu ketika dalam perjalanan.

Tas dengan Sekat

ZIP BAG

Tas kecil ataupun besar tidak menjadi masalah, asal memiliki sekat di dalamnya untuk menjaga bukumu terpisah dengan barang lain yang punya potensi merusak bukumu.

Untuk tas besar atau tas punggung, kalian bisa menggunakan sekat yang biasa digunakan untuk menyimpan laptop. Untuk tas kecil, jangan lupa gunakan yang memiliki sekat jika ingin membawa buku, ya.

Gunakan Zip Bag

ZIP BAG

Biasanya Zip Bag digunakan untuk menyimpan makanan agar tidak terkontaminasi, ataupun kertas penting agar tidak terlipat. Karena bahannya yang tebal dan memiliki ukuran yang berbeda-beda, Zip Bag bisa menjadi alternatif untuk menyimpan buku agar aman dari terlipat ataupun terkena air.

Sampul dengan Kanvas

KANVAS

Kalau Zip Bag belum cukup efisien, menyampul buku dengan kanvas bisa jadi solusi berikutnya. Selain lebih simple untuk mengamankan bukumu, menyampul buku dengan kanvas bisa digunakan jika kalian membutuhkan privasi saat sedang membaca.

Lapisi dengan Kaus

KANVAS

Kalau kamu ingin yang zero budget, tips yang satu ini bisa jadi andalan untuk menjaga buku dari sumber petaka, terutama kalau tas yang kalian gunakan tidak memiliki sekat.

Kalian bisa menyimpannya di dalam kaus yang kalian bawa, atau bahkan menjadikan kaus itu sebagai cover buku kalian. Life’s hack yang lumayan banget kan?


Itu dia sedikit tips untuk kalian para pecandu buku yang ingin tetap membawa buku saat bepergian. Selamat menjaga buku!


Header image source: Unsplash