Tetap Nyaman Baca Buku di Tempat Tidur

Tetap Nyaman Baca Buku di Tempat Tidur

. 3 min read

Setelah melakukan rutinitas panjang apalagi setelah bekerja seharian, tempat tidur adalah hal yang paling ditunggu untuk sekadar “rebahan” dan beristirahat. Buat kamu yang senang membaca buku sebentar sebelum tidur, kenyamanan tempat tidur wajib diperhatikan agar tubuh lebih rileks.

Membaca buku sebelum tidur juga bisa mengurangi stres, menajamkan memori, dan meningkatkan kualitas tidur lho! Dan berikut beberapa tips agar membaca buku di tempat tidur jadi lebih nyaman.

1. Jadikan Kamarmu Ruang Baca Pribadi

Tetap
Sumber foto: roomdsign.com

Tidak perlu space luas, kamu bisa manfaatkan sudut kamar untuk rak buku. Sehingga kamu akan lebih mudah mencari koleksi buku-bukumu. Meja kecil di sebelah kasur juga bisa dimanfaatkan untuk menaruh buku. Dengan begitu, ritual membaca buku pun jadi lebih nyaman, karena berada di ruangan paling “pewe” bagi kamu.

2. Siapkan Minuman Hangat yang Kamu Suka

Tetap
Sumber foto: Unsplash.com

Mulai dari kopi, teh, susu, coklat, atau sekedar air mineral hangat, identik jadi teman baca. Selain bisa menghangatkan, bisa juga untuk menyegarkan me time kamu ketika membaca buku. Oh ya, agar minuman tidak tumpah atau jatuh mengenai seprai, coba taruh minumanmu ke tumbler ini, dijamin aman.

Lock & Lock Slim Tumblr 330 Ml

lockBeli di Sini

3. Jauhi Handphone

Tetap
Sumber foto: idgesg.net

Usahakan untuk tidak memainkan handphone saat membaca yaa, agar kamu bisa terhindar dari paparan sinar biru. Kamu pun jadi lebih fokus membaca buku. For your information, memainkan handphone sebelum tidur bisa menyebabkan banyak dampak buruk. Dari menurunkan kesehatan mata, otak menjadi lelah, bahkan menurunkan kualitas tidur. Jadi, ubah kebiasaan main handphone sebelum tidur, maka kamu akan merasa lebih segar saat bangun di pagi hari.

4. Gunakan Bantal

Tetap
Sumber foto: Unsplash.com

Posisi tubuh bisa memengaruhi nyaman atau tidaknya saat kamu sedang membaca, apalagi ketika di tempat tidur. Gunakan bantal untuk membantu menopang punggung kamu secara menyeluruh ketika sedang membaca di tempat tidur.

Kamu juga bisa pakai bantalan di leher, agar ritual membacamu jadi lebih nyaman. Contohnya, pakai boneka yang tersedia di Gramedia.com ini, boneka multifungsi yang bisa jadi hiasan dan bantalan leher. Buat dibawa travelling juga oke loh!

Gramedia Boneka Bantal Wobear

gramediaBeli di Sini

5. Atur Pencahayaan yang Tepat

Tetap
Sumber foto: Unsplash.com

Membaca buku harus dengan pencahayaan yang bagus, agar matamu tetap aman dan nyaman. Kamu bisa manfaatkan lampu baca atau lampu meja. Jangan lupa pasang lampu di atas punggung, yang berlawanan dengan tangan yang kamu gunakan untuk membalik halaman buku, agar tidak ada bayangan.

Mau baca buku diterangi oleh Yoda? Penggemar Star Wars wajib punya lampu meja lucu ini nih!

Lego Sw Yoda Desk Lamp Lgl-Lp9

legoBeli di Sini

Setelah tipsnya dijalani, semoga baca buku di tempat tidur jadi lebih nyaman ya.

Dan jangan lupa beli peralatan-peralatan tadi di atas yaa. Karena selain buku, masih banyak barang-barang lain yang bisa kamu dapatkan di Gramedia.com.


Sumber foto header: Getty/Thinkstock