Tingkatkan Minat Baca Anak Saat Pandemi Melalui Read Aloud

Tingkatkan Minat Baca Anak Saat Pandemi Melalui Read Aloud

. 2 min read

Di tengah berjalannya sekolah daring, mempertahankan minat baca anak menjadi tantangan tersendiri. Seringkali saat membaca dokumen-dokumen di layar, anak-anak terdistraksi atau merasa cepat lelah. Read aloud menjadi salah satu siasat jitu yang dapat diterapkan para orangtua di kala pandemi.

Read aloud berbeda dengan mendongeng. Anak-anak tak hanya duduk diam dan mendengarkan, melainkan diajak membaca bersama. Aktivitas ini membuat anak tak sekedar “bisa” membaca, namun “mau membaca”.

Aku Sudah Besar Sekarang adalah pilihan tepat untuk memulai aktivitas read aloud bersama si kecil. Buku ini disusun dengan teks yang singkat dan ilustrasi penuh, membuat anak tidak akan kesulitan dalam membaca.

Ceritanya yang jenaka dan imajinatif sangat sesuai untuk anak usia 3-5 tahun. Beberapa bagian cerita mengajak anak membayangkan diri mereka ketika besar nanti. Contohnya, bagaimana mereka tumbuh secara fisik dan apa yang akan terjadi di sekitar mereka seiring dengan pertumbuhan tersebut. Buku ini juga menceritakan perkembangan yang akan mereka alami secara mental. Misalnya, timbulnya berbagai macam emosi, kata-kata, pikiran, dan perasaan. Seluruhnya digambarkan dalam perumpamaan sederhana yang mudah dipahami anak.

buku
Sumber foto: Dok. Bhuana Ilmu Populer

Aku Sudah Besar Sekarang dirangkai dengan beberapa istilah yang dapat merangsang visualisasi dan rasa penasaran si kecil. Sebut saja perahu, balon udara, bulan purnama. Melalui buku ini, buah hati Anda tak hanya menguasai kemampuan membaca, namun juga mengenal banyak istilah baru beserta wujud-wujudnya.

Anak cenderung menyukai visual warna-warni dan teks berukuran besar. Buku ini memiliki kedua unsur tersebut sehingga mereka tak akan mudah mengalihkan perhatian. Aku Sudah Besar Sekarang dapat dijadikan sebagai bahan read aloud bagi anak prasekolah. Sementara, para orangtua dapat membacakan buku ini untuk bayi di atas 4 bulan yang indra penglihatannya sudah sempurna.

Buku ini pun cenderung tipis, yakni 32 halaman saja sehingga tak akan membuat proses read aloud jadi membosankan.

Tertarik memulai read aloud pertama Anda dan si buah hati? Aku Sudah Besar Sekarang telah tersedia di toko Gramedia terdekat dan gramedia.com!

akuBeli dan Bacakan untuk Si Kecil Sekarang!

Karena kamu sudah membaca artikel ini, kamu dapat voucher diskon 20% untuk membeli bukunya! Ambil vouchernya sekarang yuk dengan klik gambar di bawah ini.

voucherKlik untuk Dapatkan Vouchernya!


Oleh: Namira Putri Yudhitasari - Asisten Editor Buku Anak Penerbit BIP

Sumber foto header: ccy.jfcs.org