Buku Baru karya Pengarang Klasik Mark Twain Terbit dalam Bahasa Indonesia

Buku Baru karya Pengarang Klasik Mark Twain Terbit dalam Bahasa Indonesia

. 2 min read

Sebuah buku terbit sekitar 100 tahun setelah sang pengarang wafat. Pertanyaannya: Bagaimana bisa? Buku itu benar-benar ada dan berjudul The Purloining of Prince Oleomargarine karya mendiang Mark Twain dan seorang profesor bernama Philip C. Stead. Ilustrasi dibuat oleh Erin Stead.

Konon di sebuah hotel di Paris, Perancis pada 1879, Mark Twain sedang duduk bersama anak-anak perempuannya. Mereka memohon kepada sang ayah untuk menceritakan sebuah kisah yang kemudian dikabulkan.

Mark Twain mulai berkisah tentang seorang bocah laki-laki miskin bernama Johnny. Bocah itu punya beberapa benih ajaib. Beberapa waktu kemudian, Mark Twain menuliskan catatan kasar tentang kisah ciptaannya itu. Namun, kisah itu dibiarkan tak selesai sampai akhir hayatnya.

Kita mengenal Mark Twain dari karya-karya masyhurnya. Dua di antaranya adalah The Adventures of Huckleberry Finn dan The Adventures of Tom Sawyer. Ia kemudian meninggal pada 1910 dan meninggalkan salah satu cerita yang belum pernah diterbitkan.

The
The Purloining of Prince Oleomargarine

Lebih dari 100 tahun kemudian, Philip C. Stead menemukan manuskrip cerita itu. Berisi 16 halaman, manuskrip yang ditulis tangan itu diketahui milik mendiang Mark Twain. Selama tiga tahun, manuskrip tersebut disulap menjadi buku setebal 152 halaman.

The Purloining of Prince Oleomargarine kemudian terbit pada 2017 di Amerika Serikat. Pada sampul bukunya, terpampang nama Mark Twain dan Philip C. Stead sebagai pengarang. Sampul dan isi bukunya dipenuhi dengan gambar hasil karya Erin Stead.

Setelah disempurnakan, buku anak-anak itu masih bercerita tentang Johnny yang mendapat benih ajaib dari seorang wanita baik hati. Benih itu akan mengubah nasibnya, memungkinkannya berbicara dengan binatang, dan membuatnya dapat menyelamatkan seorang pangerang yang dicuri.

Kisah Johnny disebut-sebut mengungkapkan kesedihan sekaligus kelambanan dalam hidup. Setelah terbit, The Purloining of Prince Oleomargarine masuk jajaran New York Times Bestseller. Organisasi publikasi School Library Journal pun menganugerahkan buku tersebut sebagai Best Book of 2017.

Untuk versi bahasa Indonesia-nya, The Purloining of Prince Oleomargarine diterbitkan oleh Noura Publishing pada awal 2020 ini.

Dapatkan buku-buku klasik karya Mark Twain di Gramedia.com!


Baca juga:


Sumber gambar header: The New York Times