The Montessori Baby: Memahami & Mengasuh Bayi dengan Metode Montessori

The Montessori Baby: Memahami & Mengasuh Bayi dengan Metode Montessori

. 2 min read

Metode pembelajaran Montessori pada anak saat ini sedang berkembang. Metode ini ditemukan oleh Dr. Maria Montessori, dokter wanita pertama di Italia, dan sudah digunakan sejak lebih dari 100 tahun lalu.

Mungkin ayah dan bunda sering mendengar atau melihat nama sekolah yang menggunakan kata ini. Montessori mengajak anak untuk bisa berkembang dan tumbuh sendiri secara mandiri, namun tetap dalam bimbingan orang dewasa.

Menurut Rosalynn Tamara, founder dari Montessori Haus Asia, Montessori memberikan alternatif pendekatan yang lebih damai dalam pola pengasuhan dan pendidikan untuk anak. Di mana metode ini tidak ada paksaan, kemarahan, dan disiplin yang keras kepada anak (Bentangkids, 2021).

Prinsip dari metode ini adalah untuk memupuk keingintahuan anak, mendorongnya untuk berani melakukan eksplorasi, berkembang mandiri dengan cara uniknya masing-masing, dan mengutamakan pendekatan personal dengan si kecil.

Metode Montessori ini tak hanya bisa diterapkan pada anak usia prasekolah saja lho, tapi juga bisa dilakukan pada masa emas bayi bawah umur 1 tahun.

Buku “The Montessori Baby” akan membantu para orang tua untuk menerapkan metode ini sejak masih dalam kandungan hingga terlahir dan tumbuh besar. Termasuk bagaimana mempersiapkan diri menjadi orang tua baik secara fisik, emosional, dan spiritual. Jadi, cocok banget untuk ayah bunda yang sedang menunggu kelahiran sang buah hati!

Buku ini disusun oleh Simone Davies dan Junnifa Uzodike, penulis buku best seller dari “The Montessori Todler”. Kita diajak untuk memandang bayi dengan cara berbeda, serta untuk memahami bayi yang sebenar-benarnya.

Di dalamnya ada ratusan tips, untuk melakukan pola asuh yang lebih penuh perhatian, berpusat pada pemenuhan kebutuhan bayi dalam pembelajaran dan perkembangan mereka.

“Alih-alih mengalihkan perhatian bayi ketika menangis, mereka ingin kita diam sejenak, mengamati, menanyakan apa saja yang dia butuhkan, kemudian baru menanggapi.”

Baca juga: Because This is My First Parenting Life: Mengasuh Anak Tanpa Takut Salah


Bukan hanya menyajikan pengenalan terhadap dunia bayi dan pola asuh Montessori untuk bayi umur 0-12 bulan, tapi juga tentang:

  1. Menyiapkan kehamilan, melahirkan, ASI, MPASI, hingga menyapih,
  2. Cara menjadi pengamat aktif untuk memahami apa yang si kecil maksud dan aktivitas mana yang ia cari,
  3. Membuat aktivitas yang mendorong gerakan bayi dan perkembangan bahasanya dengan kecepatan mereka sendiri,
  4. Membesarkan si kecil agar siap mengeksplor lingkungannya dengan percaya diri, dan
  5. Cara menciptakan lingkungan rumah Montessori yang ramah bagi bayi.

Dikutip dari aiva.id (2020), metode Montessori ini sangat berpengaruh untuk melatih kemampuan motorik anak, berpikir kritis, mengembangkan kreativitas, membuatnya jadi lebih mandiri dan mampu bersosialisasi dengan baik.

Nah, buku yang sangat penting ini sudah tersedia di Gramedia.com.

theBeli Sekarang!

Kalau kamu beli sekarang sebelum 22 Mei 2021, kamu akan mendapatkan diskon 15% serta Rattle Stick Teether eksklusif.

theKlik untuk Info Lebih Lanjut!

“Buku ini untuk mempelajari penerapan metode Montessori di rumah pada tahun pertama bayi. Dari memahami apa yang bayi kita butuhkan sampai ke bagaimana membuat rumah kita menjadi aman untuk menyambut si kecil dengan hati yang hangat dan tangan yang lembut.”-Simone Davies

Sumber foto header: Unsplash