Terbiasa Terus Menerus Membaca Buku dengan 4 Cara Ampuh Ini

Terbiasa Terus Menerus Membaca Buku dengan 4 Cara Ampuh Ini

. 4 min read

Masalah yang biasa terjadi pada seseorang yang terus menerus melakukan hal yang sama adalah kebosanan. Ya, bosan akan melakukan kegiatan yang begitu-begitu saja, termasuk dalam membaca buku. Dikutip dari medium.com, Eva Keiffenheim membagikan tips ampuh agar kita terbiasa terus menerus membaca buku. Wah, apa saja ya tipsnya?

1. Pilih Buku yang SANGAT INGIN Kamu Baca

Mencari buku rekomendasi dari internet, mungkin jadi kebiasaan kamu untuk memulai pilih-pilih buku yang akan dibaca selanjutnya. Tapi ingat, buku yang direkomendasikan orang lain, bisa saja tak sesuai dengan minat dan preferensi kamu. Jadi selalu tekankan pada diri, bacaan apa yang kamu suka sampai kamu benar-benar suka membacanya.

terbiasa
Sumber foto: iStockphotos

Sudah baca buku yang paling menarik perhatian, tapi ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi dan tidak menjawab keinginan kamu? Kamu boleh berhenti dan mencoba buku yang lain.

2. Jadikan Tempat Bacamu Nyaman Tanpa Terdistraksi

Kamar tidur selalu menjadi tempat ternyaman untuk menghabiskan waktu dengan buku. Yuk, buat kamarmu senyaman mungkin, agar suasana membaca lebih menyenangkan. Dan kamu juga bisa sesekali melakukan sedikit dekorasi ulang, agar tidak bosan dengan suasana yang begitu-begitu saja.

terbiasa
Sumber foto: twitter.com/urbanoutfitters

Saat kamu membaca, jauhkan smartphone sejenak ya. Hal ini untuk mengurangi distraksi dan agar me time membaca kamu semakin syahdu dong, hehe..

3. Tidak Harus Selesaikan Satu Buku untuk Membaca Buku yang Lain

Tidak apa-apa, santai saja.. Jika merasa bosan dengan satu buku, kamu bisa beralih membaca buku yang lain, tanpa harus menyelesaikan buku sebelumnya. Kan kalau kata Kak Najwa Shihab, "Cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca. Cari buku itu. Mari jatuh cinta." Admin setuju banget!

terbiasa
Sumber foto: Gettyimages

4. Terapkan Ilmu yang Kamu Dapat dari Buku ke Kehidupanmu

Membaca rasanya jadi membuang-buang waktu jika kamu tidak melakukan hal atau ilmu baru yang dapatkan dari sebuah buku.

“Pengetahuan yang terperangkap dalam buku-buku yang tertumpuk rapi tidak ada artinya dan tidak berdaya sampai diterapkan untuk kemajuan hidup.” -Ratna Kusner

Jika kamu mendapatkan ilmu, nasihat, atau temuan yang bagus dalam sebuah buku, bisa loh dicatat dan coba terapkan hal tersebut ke dalam hidup kamu. Ini bukan sekadar menyelesaikan target bacaan buku tahunan, tapi bagaimana kamu meluangkan waktu membaca buku, untuk meningkatkan kualitas hidup kamu.

Nah, buat kamu yang lagi mencari buku baru, kamu bisa menemukan berbagai bacaan menarik di Gramedia.com. Coba pilih buku-bukunya di berbagai menu yang telah Admin sediakan ini ya, Buku-Buku Terpopuler, Novel Paling Laris, Komik-Komik Pilihan, serta Rekomendasi dari Gramedia Untukmu.

Psst, Admin juga mau ngasih buku rekomendasi dengan promo menarik yang bisa kamu jajal!

Jika Kita Tak Pernah Baik-Baik Saja

jikaBeli Sekarang!

Buku ini tentang mengenal arti kecewa serta bahagia demi mencintai diri sendiri, dan sesuatu yang lebih dari segalanya. Penulis buku best seller Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta dan Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa, Alvi Syahrin, akan membantumu kembali jadi lebih tenang dengan gaya penulisannya yang sangat ringan. Beli bukunya sekarang yuk, karena lagi ada promo harga spesial dan bonus pouch eksklusif hingga tanggal 26 Februari 2021.

Rapijali

bukuBeli Sekarang!

Ping merasa telah memiliki segala yang ia butuhkan. Dunianya yang damai di Pantai Batu Karas,  rumahnya yang penuh alat musik di tepi Sungai Cijulang, seorang sahabat terbaik, serta kakek yang  menyayanginya. Tapi Ping menyimpan kegelisahan tentang masa depannya yang buram. Hidup Ping jungkir balik ketika ia harus pindah ke Jakarta. Apakah Ping siap dengan hal baru yang ia temukan? Beli bukunya sekarang selagi ada promo harga spesial serta bonus masker scuba spesial Rapijali! Segera checkout yaa, karena promonya hanya sampai 23 Februari 2021.

Apa Yang Kita Pikirkan Ketika Kita Sendirian

apaBeli Sekarang!

Berisi kumpulan renungan dan pikiran sang penulis selama masa pandemi, beliau mencoba menunjukkan bahwa kesendirian bukanlah siksaan atau penderitaan yang harus ditakuti dan dihindari. Buku karya Desi Anwar ini sedang diskon 20% yang berlangsung sampai tanggal 28 Februari 2021. Jangan sampai kehabisan ya.

Mengapa Kita Tidur: Mengungkap Keampuhan Tidur dan Bermimpi

mengapaBeli Sekarang!

Memberikan fakta bahwa tidur lebih penting bagi kesehatan daripada diet atau olahraga. Professor Matther mengeksplorasi 20 tahun penelitian mutakhirnya, dan merangkum 17.000 lebih laporan ilmiah, yang akan memecahkan alasan mengapa tidur itu penting. Dan kamu bisa mendapatkan buku ini dengan harga spesial Rp134.000 yang berlaku sampai 28 Februari 2021.

Destination: Jakarta 2040

destinationBeli Sekarang!

Buku ini adalah fiksi sains dari cerita Wattpad terkenal. Bercerita tentang Ilyas yang mempelajari alam semesta dan bagaimana menciptakan manipulasi waktu. Perjalanan manipulasi waktunya merusak hubungan cinta dia dengan seorang gadis bernama Alisa di tahun 2015, dan lalu dipertemukan kembali secara tiba-tiba di tahun 2040. Ilyas pun bingung oleh perjalanan distorsi waktu, apakah ini perjalanan yang harus dihadapi atau disadari? Nah, buku satu ini siap menemani akhir pekan kamu, dan ada diskon 20% hingga 28 Februari 2021 untuk pre-ordernya.

Akhir kata:

"Saat kamu melihat bagaimana hidupmu berubah menjadi lebih baik dari ilmu saat membaca buku, kamu pun dengan senang hati akan menjadi baca buku kebiasaan terus-menerus seumur hidupmu." -Eva Keiffenheim

Sumber foto header: Unsplash