Teman Perjalanan Mudik yang Menyenangkan

Teman Perjalanan Mudik yang Menyenangkan

. 3 min read

Mudik sudah menjadi sebuah tradisi di Indonesia, bahkan sejak zaman Majapahit. Pada masa itu, mudik dilakukan dengan maksud membersihkan makam para leluhur. Kini, sebagian besar orang Indonesia hanya memaknai mudik sebagai kegiatan kembali ke kampung halaman bagi mereka yang dirantau. Kata mudik sendiri berasal dari singkatan dalam Bahasa Jawa, yaitu ‘mulih dilik’ yang artinya pulang sebentar.

Dalam perjalanan menuju kampung halaman, tidak jarang kita merasa penat dan lelah akibat jarak tempuh yang jauh. Namun, kebosanan yang timbul dapat dibunuh dengan cara yang tepat. Lima buku di bawah ini dapat menjadi amunisi yang menyenangkan selama perjalanan mudik yang panjang.

Daily Dose of Shine

for-blog-fixed---daily-dose-of-shine
Motivasi berperan penting dalam meningkatkan kualitas hidup seseorang. Bagi sebagian orang, penyemangat merupakan kebutuhan. Karena tanpa itu, impian hanyalah sebuah cita-cita yang bergantung di langit tanpa tangan untuk meraih. Namun, tidaklah ganjil apabila sulit untuk membangun motivasi untuk menggerakkan diri sendiri.

Manusia adalah makhluk sosial. Dan saat motivasi tidak terbangun untuk diri sendiri, saat itu jugalah jiwa sosial manusia terbawa untuk merasa membutuhkan orang lain untuk memunculkan motivasinya. Karena terkadang, terdapat sisi yang tidak terlihat dari diri kita, namun terlihat jelas di mata orang lain.

Sama halnya dengan buku ini yang akan menjadi alat bantu dorong motivasi diri. Daily Dose of Shine karya A. Fuadi ini akan menyuguhkan kalimat-kalimat menggugah disertai dengan ilustrasi yang keren.

Jeruk Kristal

for-blog-fixed---jeruk-kristal
Dari tangan Maria Antonia Rahartati Bambang Haryo, Jeruk Kristal lahir untuk membawa pembacanya kembali jauh ke masa lalu, dengan suasana kota Jakarta, Yogya, dan tempat-tempat cantik di Eropa. Penggambaran suasana oleh sang penulis yang juga penerjemah komik Asterix ini, terasa sangat mengalir sehingga pembaca dapat mengembangkan perasaan nostalgia.

Jeruk Kristal berisikan kumpulan cerita pendek dan satu novelet dengan topik yang ringan namun beragam. Mulai dari mencintai diri sendiri, sikap empati dan simpati sampai toleransi. Uniknya, buku ini merupakan hasil kolaborasi antara nenek dan cucunya.

Bukan, mereka berdua tidak bersama-sama menulis sebuah buku. Mereka memiliki tugasnya masing-masing. Ketika sang nenek bertutur, Reinhard sang cuculah yang mengilustrasikan kisahnya dengan gambar-gambar yang dapat membantu memvisualisasikan suasana.

Al-Qur’an menakjubkan: Manusia dan Alam

for-blog-fixed---alquran-menakjubkan
Bagi yang akan mudik menggunakan mobil dengan si kecil, buku ini akan sangat cocok sebagai teman perjalanannya. Selain dapat menjadi permulaan untuk mengenalkan si kecil dengan Alquran, buku ini juga disertai dengan aktivitas sederhana yang menyenangkan untuk dikerjakan.

Topik dalam buku ini juga dekat dengan kehidupan sehari-hari seperti kehidupan manusia, alam, dan tentunya sang pencipta. Buku ini akan mengedukasi anak dengan cara yang menyenangkan.

Nikmatnya Bersyukur: Merajut Gaya Hidup Penuh Bahagia

for-blog-fixed---nikmatnya-bersyukur
Memang betul, untuk menggapai apa yang dicitakan, manusia diharapkan untuk memaksimalkan potensi yang dimilikinya. Namun tetap saja, manusia hanya dapat mengusahakan, hasil tetap Allah yang tentukan. Usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil, tapi Allah tetap adalah pemegang segala kuasa dan karunia yang kita dapat. Setelahnya, bersyukur atas setiap keputusan Allah adalah langkah yang paling tepat untuk dilakukan.

Tidakkah berarti bersyukur adalah hal yang paling mendasar dalam menjalani kehidupan?

Buku ini menyuguhkan berbagai kisah inspiratif yang dapat memotivasi pembaca untuk dapat lebih menerima, dan mensyukuri segala yang telah ditetapkan Allah, setelah sebelumnya memaksimalkan usaha. Toh Tuhan yang paling tau mana yang baik untuk umatnya bukan? Sesungguhnya Allah tidak akan menjadikan hamba-Nya sengsara.

Setelah bersuci pada bulan Ramadan, tentu tidak ada salahnya menambah rasa iman dengan belajar lebih bersyukur agar dapat merasakan kenikmatan hidup yang sesungguhnya.

Resign!

for-blog-fixed---resign-
Kalau kebanyakan novel comedy-romance justru menyajikan humor jayus, lain halnya dengan novel Resign!, hasil karya Almira Bastari yang lucu dan menghibur dengan humor khas karyawan kantoran yang suka bergosip sana sini perihal bos yang kesukaannya akan bekerja melampaui batas kewarasan para cungpret. Ya, para karyawan itu menyebut dirinya cungpret (kacung kampret).

Buku lini Metropop ini merupakan salah satu buku yang bermula dari Wattpad, dan teramat ditunggu perilisannya pada tahun ini. Resign! sebenarnya memiliki plot yang sederhana, namun gaya bertuturnya dapat membuat pembaca ikut mengalir dalam cerita. Buku ini akan menjadi salah satu buku yang tepat agar perjalanan mudikmu penuh dengan gelak tawa dan geregetan dengan kisah Alranita dan Tigran. Dan kabarnya, buku ini akan difilmkan lho!


Dari kelima bahan bacaan di atas, buku apa yang tepat untuk menemani perjalanan mudikmu?