Wah, 7 Tayangan Populer Netflix ini Ternyata Adaptasi Buku Lho!

Wah, 7 Tayangan Populer Netflix ini Ternyata Adaptasi Buku Lho!

. 3 min read

Berbagai cerita menarik yang disuguhkan oleh para penulis buku memang tak bisa diremehkan. Sampai-sampai banyak serial hingga film box office yang merupakan adaptasi dari buku-buku populer. Salah satu contohnya adalah film dan serial drama dengan berbagai genre yang disajikan oleh Netflix.

Apa saja film dan serial keluaran Netflix yang sukses digandrungi banyak orang? Ini dia 7 tayangan populer Netflix yang ternyata diadaptasi dari buku!

1. Anne with an E

Anne with an E adalah drama serial Netflix yang menceritakan kisah hidup Anne, seorang anak perempuan yatim piatu. Suatu hari, Anne dikirim untuk tinggal di sebuah pertanian milik Marilla dan Matthew Cuthbert. Padahal mereka mengharapkan kedatangan anak laki-laki. Kesalahan panti asuhan tersebut seketika mengubah hidup Anne sekaligus kakak beradik Cuthbert.

Ternyata cerita ini diadaptasi dari novel klasik Anne of Green Gables, karya Lucy Maud Montgomery yang sudah terbit sejak tahun 1908 lho!

2. Riverdale

Riverdale adalah sebuah kota fiksi dalam komik-komik terbitan Archie Comics. Berbagai karakter dan konflik menarik pun disuguhkan Archie Comics, tentunya berlatar tempat di Riverdale. Just for you know, komik-komik Amerika dari Archie Comics tak lekang oleh waktu. Bayangkan saja, komik pertamanya diterbitkan pada tahun 1939!

Tidak heran Netflix mengadaptasinya ke dalam drama serial remaja. Berkisah tentang petualangan Archie bersama teman-temannya dalam menguak misteri pembunuhan di kota tempat tinggal mereka, yakni Riverdale itu sendiri. Ada juga selipan kisah mengenai kehidupan sekolah dan percintaan para remaja di Riverdale yang membuat ceritanya makin seru.

3. Mindhunter

Mindhunter adalah serial drama Netflix bergenre kriminal yang belakangan ini sedang populer. Ceritanya berangkat dari kisah nyata yang dibukukan pada tahun 1995 oleh John E. Douglas, seorang pensiunan agen FBI dan Mark Olshaker, penulis asal Amerika. Mindhunter menceritakan perjalanan dua agen FBI, Holden Ford, dan Bill Tench, dalam mewawancarai para pembunuh berantai. Usaha ini dilakukan untuk menelusuri dan memahami jalan pikiran para pembunuh berantai sehingga bisa berguna dalam memecahkan kasus-kasus pembunuhan lainnya.

4. Orange is the New Black

Another original series by Netflix, Orange is the New Black adalah serial drama komedi yang dapat menimbulkan gelak tawa sekaligus air mata.

Bercerita tentang Piper Chapman, seorang wanita yang dipenjara karena tuduhan penyelundupan uang hasil penjualan narkoba. Selama berada di balik jeruji besi, Chapman bertemu sejumlah perempuan lain yang juga sedang terjebak dalam permasalahan hidupnya masing-masing.

Fyi, ternyata Orange is the New Black adalah kisah nyata dari Piper Kerman yang dituangkan dalam buku berjudul sama.

5. A Series of Unfortunate Events

Seperti judulnya, drama serial keluaran Netflix ini bercerita tentang rentetan nasib sial yang dialami Violet, Klaus, dan Sunny Baudelaire. Sejak orang tuanya dikabarkan meninggal, sosok seram Count Olaf terus-menerus menghantui mereka. Peristiwa demi peristiwa tidak mengenakkan selalu terjadi, ketidakberuntungan terus menimpa tiga bersaudara Baudelaire. A Series of Unfortunate Events ini diadaptasi dari buku seri anak-anak populer karya Lemony Snicket dengan judul yang sama.

6. 13th Reasons Why

Bicara tentang Netflix, 13th Reasons Why tak bisa dilewatkan begitu saja. Drama serial ini sebenarnya diangkat dari sebuah novel young adult dengan judul sama karya Jay Asher. Konflik berawal saat Clay Jensen mendapati 13 kaset berisi rekaman alasan bunuh diri yang dilakukan teman barunya, Hannah Baker.

13th Reasons Why bisa dibilang mewakili rangkaian pergolakan hidup para remaja yang tatkala bisa mengarah pada depresi dan kesehatan mental.

Tentang hubungan anak remaja dengan orangtua, kisah persahabatan dan percintaan, hingga kasus-kasus bullying yang sebenarnya dekat dengan kita, tapi seringkali kasat mata dan bias.

7. To All the Boys I’ve Loved Before

Bagi para pecinta romance, seems like To All the Boys I’ve Loved Before is a must! Film keluaran Netflix ini memang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan. To All the Boys I’ve Loved Before sendiri diadaptasi dari seri pertama novel trilogi Jenny Han yang berjudul sama.

Netflix-to-all-the-boys

Kisahnya bermula saat surat cinta yang diam-diam ditulis Lara Jean tiba-tiba sudah berada di tangan para eks gebetannya. Ia kemudian malah terjebak dalam hubungan “pura-pura” dengan Peter Kavinsky yang baru putus dari pacarnya. Lara Jean makin kebingungan ketika sepertinya timbul bunga-bunga asmara di hati gadis itu.


Itu dia sejumlah serial dan film keluaran Netflix yang ternyata diadaptasi dari buku. Mana saja yang jadi favoritmu?