Tanpa Kursus, 5 Gerakan Yoga Pemula Ini Bisa Dipraktikkan di Rumah

. 3 min read

Yoga merupakan bentuk latihan olah tubuh dan pikiran. Mengutip medicalnewstoday.com, yoga berasal dari India dan telah menjadi bagian dalam sejarah India kuno selama 5000 tahun.

Beberapa waktu lalu sampai saat ini sendiri, yoga menjadi salah satu latihan kebugaran yang disenangi banyak orang. Pun juga populer di kalangan para selebriti Tanah Air hingga mancanegara, sebut saja Sophia Latjuba, Luna Maya, Emma Stone, dan Jennifer Aniston.

Apakah kamu ingin mencoba melakukan yoga juga, tapi urung karena terlihat sulit ? Tak perlu khawatir, ada beberapa gerakan yoga bagi pemula yang cukup mudah untuk diikuti.

Berikut adalah lima gerakan yoga bagi pemula yang bisa dipraktikkan di rumah.

1. Mountain pose

mountain-poseSumber: Yogajournal.com

Mountain pose dikenal juga dengan sebutan tadasana. Untuk melakukan gerakan mountain pose, diperlukan berdiri tegak di mana jempol kaki kanan dan kaki kiri saling bersentuhan dengan kedua tumit agak terpisah.

Letakkan tangan di samping badan dalam keadaan rileks dengan kedua telapak tangan menghadap ke luar. Kemudian, lebarkan bahu dan tarik tulang belikat kamu ke belakang sehingga posisi bahu agak bergerak ke depan.

Gerakan mountain pose diketahui dapat memerbaiki postur tubuh, meredakan linu pinggul, mengurangi kaki rata, dan mengencangkan perut sekaligus bokong.

2. Tree pose

tree-pose-1Sumber: Yogajournal.com

Gerakan tree pose atau vrksasana dimulai dengan berdiri tegak seperti mountain pose. Dalam posisi tersebut, jadikan kaki kanan sebagai tumpuan seluruh berat badan.

Hal itu dapat dilakukan dengan menekuk lutut kiri dan menaikkan seluruh kaki untuk diletakkan pada paha kanan bagian dalam. Satukan kedua telapak tangan, lalu tempatkan di depan dada.

Setelah itu, bernapaslah secara teratur dan tetap jaga keseimbangan tubuh. Gerakan tree pose dapat meredakan linu pinggul, mengurangi kaki rata, serta memerkuat otot paha dan betis.

3. Cow pose

cow-poseSumber: Yogajournal.com

Cow pose disebut juga dengan bitilasana dalam bahasa Sansekerta-nya. Gerakan yoga ini dimulai dengan memosisikan tubuh dalam posisi merangkak yang berarti tubuh ditopang oleh kedua tangan dan lutut.

Ketika lutut menempel pada alas, pastikan bahwa posisi paha dan betis membentuk sudut 90 derajat. Kemudian, perlu melengkungkan tulang punggung ke bawah dan menengadahkan kepala.

Gerakan cow pose diketahui dapat membantu kalian untuk meregangkan tubuh bagian depan sekaligus sendi pada bagian leher, serta memberikan pijatan lembut pada organ perut dan tulang belakang.

4. Downward-facing dog

downward-facing-dogSumber: Yogajournal.com

Downward-facing dog disebut juga dengan adho mukha svanasana dalam bahasa Sansekerta. Pertama-tama, atur tubuh dalam posisi merangkak di mana berat badan akan bertumpu pada kedua telapak tangan dan lutut.

Angkat pinggul secara perlahan sampai kedua lutut tidak menempel lagi pada alas. Kemudian, atur posisi kepala sampai sejajar dengan leher dan tulang punggungmu. Pertahankan posisi ini selama sekitar 1-3 menit.

Gerakan downward-facing dog dalam yoga ini sendiri memiliki banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah membantu menghilangkan sakit kepala, mencegah osteoporosis, dan memerlancar pencernaan.

5. Easy pose

easy-poseSumber: Yogajournal.com

Easy pose (sukhasana) merupakan salah satu gerakan yoga dalam posisi duduk. Dalam melakukan easy pose, kamu perlu duduk dengan kaki yang direntangkan dan kedua tangan diletakkan di samping badan.

Dari posisi tersebut, silangkan kedua kaki seperti sedang duduk bersila. Jangan lupa untuk tetap memertahankan posisi badan yang tegak sambil mengatur pernapasan berirama.

Dengan melakukan easy pose dapat memerkuat tubuh bagian belakang dan meregangkan pergelangan kaki sekaligus lutut, serta menenangkan kerja otak.


Bagaimana? Apakah kamu sudah siap memraktikkan lima gerakan yoga bagi pemula di rumah?

Berikut rekomendasi buku-buku yang bisa jadi panduan buat kamu yang ingin memerdalam yoga. Untuk rekomendasi buku-buku lainnya bisa kamu cari di Gramedia.com.

Detox Yoga

BUKU

Tetap Sehat dengan Yoga

BUKU

Bringing Yoga to Life

BUKU


Sumber header foto: Unsplash.com