Tak Hanya Menyenangkan, Buku Aktivitas Juga Punya Banyak Manfaat untuk si Kecil

Tak Hanya Menyenangkan, Buku Aktivitas Juga Punya Banyak Manfaat untuk si Kecil

. 3 min read

Tak terasa, sudah setahun penuh anak-anak berada “di rumah saja”. Segala aktivitas yang tadinya membutuhkan pertemuan langsung dengan orang, seperti sekolah dan bermain beralih menjadi virtual. Bosan? Jangan ditanya lagi. Sebagai orang tua, kita berupaya semaksimal mungkin membantu menghilangkan rasa jenuh buah hati tercinta. Salah satu cara untuk mengatasi kebosanan adalah dengan buku aktivitas. Melalui buku aktivitas, anak bisa belajar sekaligus bermain.

Buku aktivitas yang penuh gambar dan warna akan menarik hati anak. Aktivitas seperti mewarnai, menarik garis, mencari perbedaan, menggambar, bahkan menggunting tempel amat berguna bagi anak dalam masa pertumbuhan.

Nah, berikut adalah manfaat positif buku aktivitas:

1. Melatih kemampuan berbahasa anak

buku
Sumber foto: Nakita

Sebagai manusia, kita dianugerahi dengan kemampuan berbahasa dan berkomunikasi. Kemampuan ini harus dilatih sejak anak usia dini. Buku aktivitas dapat membantu anak dalam berkenalan dengan lingkungan sekitarnya melalui nama-nama benda, hewan, tanaman, alat transportasi, dan lain sebagainya. Dengan mengenalkan nama-nama benda di sekitar, anak secara tidak langsung akan mempelajari kata dan makna, lalu orang tua dapat menuntun anak dalam mengucapkan kata-kata tersebut dengan benar.

2. Melatih kemampuan matematis

buku
Sumber foto: Liputan6

Anak akan mengenal konsep angka, mulai dari bilangan terkecil hingga terbesar, ukuran, berhitung, menjumlahkan, dan mengurangkan. Dengan materi yang menyenangkan, anak secara tidak sadar sedang mengasah kemampuan matematisnya.

3. Melatih kemampuan motorik halus

buku
Sumber foto: equipkidsot.com

Kemampuan motorik halus ini amat diperlukan oleh anak dalam berkegiatan. Kemampuan motorik halus berkaitan dengan kemampuan anak dalam mengoordinasikan tangannya. Dengan melatih motorik halus, anak akan semakin mudah dalam memegang, menulis, menggambar, dan mewarnai.

4. Melatih kreativitas anak

buku
Sumber foto: Udemy

Anak akan terlatih daya kreativitasnya dengan memecahkan masalah yang tersedia dalam buku. Hal itu dapat dilatih dengan hal-hal sederhana, seperti mewarnai, menggambar, mengarang, dan berkreasi dengan alat dan benda di sekitar mereka.

Untuk aktivitas yang lengkap selama setahun penuh, anak bisa mendapatkannya dalam Buku 365 Aktivitas Kreatif Sepanjang Tahun dan 365 Aktivitas Seru Sepanjang Tahun. Kedua buku ini secara khusus dirancang untuk anak-anak yang aktif. Jenis-jenis aktivitasnya dapat menstimulasi kemampuan observasi, melatih motorik halus, kognitif, logika, dan kreativitas si kecil.

buku
Isi dari Buku Aktivitas Kreatif Sepanjang Tahun

Di dalamnya, terdapat sejumlah 365 aktivitas yang akan menemani buah hati setiap hari selama setahun penuh. Jadi, anak tidak akan berkekurangan dalam memainkan aktivitas yang ada. Dengan warna-warna menawan dan ilustrasi indah anak juga tidak akan kebosanan dalam memainkan aktivitas, seperti mencari jejak, mencocokkan bayangan, meneruskan gambar, mewarnai, menghitung, bermain sudoku, mewarnai, menebak gambar, dan masih banyak lagi.

buku
Isi dari Buku Aktivitas Kreatif Sepanjang Tahun

Dilengkapi pula dengan bonus stiker yang amat digemari anak. Bisa dibilang, buku ini sangat membantu orang tua atau guru dalam melatih kecerdasan anak.

buku
Bonus Sticker dari Buku Aktivitas Kreatif Sepanjang Tahun

Bagaimana? Menarik bukan untuk membantu ayah dan bunda mengajak anak belajar sambil bermain. Saatnya dapatkan buku ini yuk!

365 Aktivitas Kreatif Sepanjang Tahun

aktivitasDapatkan Aktivitas Kreatifnya Sepanjang Tahun!

365 Aktivitas Seru Sepanjang Tahun

aktivitasDapatkan Aktivitas Serunya Sepanjang Tahun!

Spesial untuk kamu yang baru saja membaca artikel ini, kamu dapat voucher diskon 20% untuk membeli buku aktivitas hanya di Gramedia.com.

voucherKlik untuk Dapatkan Vouchernya!

Jangan lupa untuk menggunakan voucher diskonnya ya.


Oleh: Damar Sasongko, Editor Bhuana Ilmu Populer

Sumber foto header: Unsplash