Sunyi adalah Minuman Keras, Novel yang Tak Pernah Selesai Karya Sapardi Djoko Damono

Sunyi adalah Minuman Keras, Novel yang Tak Pernah Selesai Karya Sapardi Djoko Damono

. 3 min read

Almarhum Sapardi Djoko Damono, atau akrab disapa Eyang dikenal sebagai salah satu sastrawan dan penyair terbaik milik negeri ini. Karyanya selalu punya ruang di hati dan dibaca banyak orang hingga saat ini, seperti Hujan Bulan Juni, Yang Fana Adalah Waktu, Perahu Kertas, Menghardik Gerimis dan karya-karya populer lainnya.

Namun, Tuhan memiliki jalan lain. Di mana Eyang meninggalkan kita semua pada tanggal 19 Juli 2020 yang lalu. Tentu saja kepergiannya merupakan sebuah kehilangan besar bagi dunia sastra Indonesia.

Sunyi Adalah Minuman Keras merupakan novel karya Maestro Sapardi Djoko Damono yang tak selesai ditulisnya pada Maret 2020. Novel ini menjadi karya terakhir, yang ditulis beliau bahkan ketika sedang sakit. Berkisah tentang bagaimana hiruk pikuk dunia, baik yang maya maupun nyata, dapat menjadi lahan yang subur bagi ketenaran seseorang. Sekaligus tempat tumbuhnya kesepian dan rasa kehilangan.

Ia tiada lain ingatan.
Tiada lain ingatan
yang tidak pernah berhasil dilemparkannya
keluar dari dirinya sebab manusia
pada akhirnya adalah ingatan belaka Sapardi Djoko Damono, Sunyi Adalah Minuman Keras

Novel ini mengisahkan Rara, seorang perempuan yang memutuskan untuk hidup sendiri dan belum terpikirkan untuk menikah, ternyata mempunyai berbagai cerita dan pengalaman hidup yang bisa dia bagikan melalui tulisannya. Kesibukannya sebagai penulis hingga ke berbagai kota, terkait promosi karyanya membuatnya kian hari kian sibuk.

Kehidupannya seperti sudah terjadwal, tanpa sedikitpun melenceng. Rutinitas monoton, seperti mengerjakan berbagai tugas, hingga menggapai para penggemarnya melalui media sosial adalah sebuah kewajiban yang harus dia tuntaskan segera, sebelum hari ini berganti menjadi hari esok.

Media sosial menjadikan Rara terkenal. Media sosial tak bisa terpisahkan dari kehidupan Rara. Menggeluti media sosial demi pamor yang makin melejit membuatnya sibuk berkarya tanpa jeda. Mengunggah tiap kegiatan pada waktu-waktu tertentu, dan membuatnya makin larut dengan berbagai aplikasi yang diciptakan manusia akan dunia penuh bahagia, sekaligus sengsara semata.

Namun, semakin hari semakin terasa jika terlalu menyibukkan diri di media sosial, membuat Rara merasa hidupnya sendiri. Dia tidak punya teman untuk berbagi ceritanya secara langsung, mendengar keluh kesah harinya berhadap-hadapan dengan orang terdekatnya, atau sambutan orang rumah menanyakan bagaimana harinya, setelah dia menyelesaikan rutinitas hariannya.


Baca juga: 5 Puisi Cinta Sapardi Djoko Damono Paling Romantis


Rara yang sendiri dan kesepian akan hari-harinya, membuatnya mencurahkan semua isi hati dan pikirannya pada postingan media sosial miliknya, dengan tujuan pesan tersirat dan permohonan untuk mencoba bangkit menjalani hari-harinya.

Tuhan memang memiliki rencana yang tidak terkira, karena secara tidak sengaja, Rara mendapatkan sosok teman yang bisa diajak berkomunikasi secara virtual. Teman di dunia maya yang mengerti akan semua kegundahannya, kegelisahannya dan mengetahui segala kondisi Rara. Mereka berkomunikasi dengan sangat akrab dan lekat.

Hingga suatu ketika, sosok teman virtual satu-satunya yang dimiliki Rara menghilang. Dia menghilang, tanpa ada kata ucapan selamat tinggal. Rara kebingungan, Rara tidak tahu apa yang seharusnya dirinya lakukan, dan bagaimana agar teman virtual Rara bisa kembali ke hidupnya.

bukuBeli Bukunya Disini!

"Ini bukan fatwa meski bebas saja kamu membacanya sebagai apapun."  ― Sapardi Djoko Damono, Sunyi Adalah Minuman Keras halaman 22

Lalu bagaimana kelanjutan kisah Rara? Siapakah sosok yang menjadi teman dunia maya tersebut? Bagaimana teman virtual tersebut bisa membuat Rara merasa sangat akrab dan lekat? Ada banyak cerita yang dijabarkan pada novel Sunyi adalah minuman keras.


Baca juga: Sapardi Djoko Damono dan 5 Karya Terbaiknya untuk Literasi Indonesia


Kamu bisa segera dapatkan novel ini di Gramedia.com. Kamu juga bisa menikmati berbagai promo menarik di Gramedia.com, dengan klik gambar di bawah ini. Dijamin belanjamu jadi makin maksimal!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Oh ya, kalau kamu ingin produk pesanan kamu cepat sampai di rumah, kamu bisa menggunakan layanan "Pesan Antar". Mau pesan apapun sekarang mudah banget! Tinggal chat di WhatsApp, dan kamu bisa pilih pengiriman instant (khusus Jabodetabek). Voila! Paketmu akan tiba di rumah lebih cepat!

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: instagram.com/mithaefha