Tren Nama Anak Masa Kini, Berikut Tips Mudah Menentukannya

Tren Nama Anak Masa Kini, Berikut Tips Mudah Menentukannya

. 3 min read

Awal tahun ini publik Twitter di Indonesia ramai membicarakan tentang para orang tua baru di zaman sekarang yang banyak memberikan nama anaknya seperti Kenzo atau Queensha.

Memilih nama untuk sang buah hati memang kadang membingungkan. Karena tentunya, kamu sebagai orang tua ingin memberikan nama yang terbaik sebagai harapan dan doa yang melekat pada anak.

Sebagai identitas seumur hidup yang sangat penting, berikut tips yang akan memudahkan kamu bersama pasangan untuk menentukan nama yang terbaik bagi anakmu nanti.

1.Eksplorasi Kumpulkan Nama

Tren
Sumber foto: Asda Baby Club

Pertama, kamu bisa cari dan kumpulkan semua data nama-nama yang ada. Bisa dari tokoh, selebritis, nama yang berdasarkan religius, nama yang memiliki makna dan arti tertentu dari berbagai bahasa di dunia, atau nama unik lainnya yang bisa dari singkatan bulan lahir, nama orang tua, dan lain-lain. Hal ini bisa jadi lebih mudah dengan rekomendasi nama di internet ataupun buku. Kamu tinggal menyortir beberapa nama yang menjadi favorit bersama pasangan.

2.Tahap Menyatukan Ide

Tren
Sumber foto: elpassion.com

Pada tahap ini, kamu perlu mengklasifikasikan kembali nama-nama yang akan kamu pilih untuk bisa disatukan menjadi nama panjang dengan arti yang menyeluruh. Berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan:
-Perhatikan nama panggilan dan inisial nama.
-Pilih yang mudah dieja, dilafalkan, dan diingat.
-Cari artinya dalam bahasa lain agar tidak menciptakan arti buruk.
-Tidak mirip dengan kata berkonotasi negatif.
-Pertimbangkan jika ingin menggunakan nama yang unik.

3.Menentukan dan Menyepakati Nama Bayi

Tren
Sumber foto: parenting.com

Tahap terakhir di mana nama ini yang paling disukai oleh kamu dan pasangan. Pastikan kembali dari nama panjang dan panggilan artinya baik, sehingga bisa membawa kebaikan untuk buah hati kamu nanti.

Sepakati nama yang dipilih bersama-sama. Jangan sampai pasangan tidak tahu artinya, lalu merasa tidak andil dalam memberi nama dan tidak peduli dengan maknanya. Hindari juga memberikan nama yang tidak disukai oleh salah satu pihak.

Jadi, sepakati nama bayi yang dipilih bersama-sama yaa. Jika ada yang merasa kurang suka, sebaiknya dipilih kembali sampai ditemukan nama yang terbaik.


Masih bingung memilih nama yang tepat untuk anakmu kelak? Berikut buku-buku rekomendasi dari Gramedia.com yang bisa kamu dapatkan untuk menambah data nama-nama pilihan.

1.Baby Namepedia Inspirasi Ide Nama Bayi

Baby
Sumber: gramedia.com

2.2000 Koleksi Terbaik Nama Anak Modern & Masa Kini

2000
Sumber: gramedia.com

3.Kamus Nama Bayi Islami Terindah: Ide Nama Bayi Terbaik

Kamus
Sumber: gramedia.com

4.Nama-Nama Bayi Terpopuler Sepanjang Masa

Nama-Nama
Sumber: gramedia.com

5.Ensiklopedia Nama Bayi Terlengkap & Terupdate

Ensiklopedia
Sumber: gramedia.com

Mulai rangkai nama untuk si buah hati dari sekarang, yuk! Dan masih banyak buku-buku nama bayi lainnya yang bisa kamu dapatkan di Gramedia.com 😊


(Sumber foto header: shutterstock)