Strategi Tepat untuk Persiapan UTBK SBMPTN

Strategi Tepat untuk Persiapan UTBK SBMPTN

. 4 min read

Untuk teman-teman kelas 12, diharapkan kalian sudah menyiapkan diri untuk mengikuti tes masuk ke perguruan tinggi ini ya. Soal-soal SBMPTN ini tidak bisa kamu pelajari hanya dalam satu malam. Persaingan yang cukup ketat, bukan hanya dari kalangan pelajar SMA, tapi juga alumni untuk merebut kursi perguruan tinggi, serta level soal yang berbeda dengan pelajaran sekolah, jadi tantangan yang harus kamu hadapi.

Pada tahun 2020 lalu, peserta UTBK mencapai lebih dari 700 ribu orang. Tahun 2021 pun diikuti oleh lebih dari 770 ribu orang, dan hanya sekitar 180 ribu peserta yang dinyatakan lolos. Oleh karena itu, agar kamu bisa lolos seleksi, kamu harus menyiapkan segala halnya dari jauh-jauh hari. Apa saja itu?

Persiapan Strategi untuk Mengikuti SBMPTN

1. Riset Jurusan dan PTN yang Akan Kamu Pilih

Dari banyaknya jurusan, kamu bisa memilah dan memilih mana saja jurusan yang sesuai dengan minat dan keinginanmu. Pemilihan PTN juga perlu kamu cermati kembali, terlebih dari letak kampus dan reputasinya.

Setelah kamu membuat pilihan, kamu bisa cari tahu kuota kursi yang disediakan pada jurusan di PTN itu akan dibuka berapa banyak pada tahun ini. Atau kamu bisa membuat kalkulasi dari jumlah kuota yang dibuka pada tahun lalu. Sehingga, kamu bisa mengukur potensial dan tingkat persaingan yang akan kamu hadapi.

strategi
Sumber foto: Glints.com

Selain nilai dari UTBK-nya sendiri, strategi pemilihan jurusan dan PTN ini jangan sampai disepelekan ya. Karena urutan pilihannya akan ikut berpengaruh pada kesempatan kamu mendapatkan kursi di pilihan tersebut.

2. Buat Strategi Belajar

Materi UTBK 2021 terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Dikutip dari Kompas.com (05/01/2021), TPS lebih ke mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Pada bagian ini, sebagian soal juga akan disajikan dalam bahasa Inggris. Yang akan diuji dari bagian TPS adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif (Matematika Dasar), Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.

strategi
Sumber foto: Huffingtonpost

Sedangkan untuk TKA, tes ini untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang sudah diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. Dari tes ini juga untuk mengukur kemampuan kognitif terkait mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Soalnya juga akan menggunakan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) atau kemampuan analisis tinggi. Kelompok ujiannya sama, seperti yang sudah kita tahu yaitu Saintek (Matematika Saintek, Biologi, Fisika, Kimia), Soshum (Matematika Soshum, Ekonomi, Geografi, Sejarah, Sosiologi), dan campuran (melakukan kedua TKA dari saintek dan soshum)

Banyaknya soal yang akan kamu hadapi tentunya membuat kamu tidak boleh terlalu santai untuk mempersiapkan diri. Nah, agar kamu terbiasa dengan soal yang akan dihadapi dan belajarnya lebih efektif, mari coba langkah-langkah ini.

Cara Belajar yang Efektif untuk Persiapan SBMPTN

1. Mengerjakan Soal Tahun Lalu

strategi
Sumber foto: iStockphoto

Dengan mencoba mengerjakan soal yang sudah pernah keluar pada tahun sebelumnya, kamu akan tahu tingkat kesulitan soal dan kamu bisa mengukur kemampuan kamu sudah sampai mana. Dengan ini, kamu bisa mengevaluasi kesiapan kamu atas soal-soal yang akan kamu kerjakan nanti. Apakah sudah mampu diselesaikan, atau malah tidak mengerti sama sekali jawabannya.

2. Review Materi

strategi
Sumber foto: Vivo Indonesia

Saatnya kamu kupas satu persatu bahan materi yang akan keluar. Kamu perlu perdalam konsep dan dasar teori pada setiap materi. Pertama, kamu kenali dan pelajari konsep soalnya. Lalu kamu coba latihan mengerjakan soal dari materi itu.

Coba review kembali, latihan soal lagi, dan terus hingga ke variasi soal yang lebih sulit dan juga lakukan pada materi konsep yang lain. Dengan kamu mengetahui dasar teorinya, soal dalam bentuk apapun akan dapat kamu selesaikan, karena kamu sudah paham dari awal.

3. Sering Berlatih Soal dan Tes Kemampuanmu Lewat Try Out

Setelah kamu paham dan mengerti seluruh bahan materi yang akan keluar, saatnya kamu sering-sering berlatih soal campuran keseluruhan materi, agar lebih menguasai soal.

Soal-soal ini bisa kamu dapatkan dari buku bank soal, seperti dari buku WANGSIT ini. Pawang Soal Sulit akan membantu kamu melatih kemampuan menyelesaikan soal-soal HOTS dengan mudah, plus ada banyak bonus lainnya. Tinggal pilih mau yang mana sesuai kebutuhanmu.

Saintek

wangsitBeli Bukunya Sekarang!

Soshum

wangsitBeli Bukunya Sekarang!

Setelah itu, coba tes kemampuanmu dengan mengikuti try out, agar kamu bisa mengetahui durasi pengerjaan kamu berapa lama. Simulasi try out ini akan melatih mental kamu merasakan kondisi ujian dengan waktu yang dibatasi. Jadi, kamu bisa buat strategi nantinya dalam cara cepat mengerjakan soal.

strategi
Sumber foto: Unsplash

Hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah menjaga kesehatan. Kondisi tubuh yang fit akan memudahkan kamu dalam proses belajar yang lebih efektif. Kamu pun jadi lebih mudah berkonsentrasi tanpa ada gangguan apapun. Tetap makan makanan yang bergizi dan rajin berolahraga ya!

Selain usaha yang sudah dikeluarkan mati-matian, berdoa juga wajib dipanjatkan. Agar semua yang sudah dilakukan, bisa mencapai tujuan yang kamu harapkan. Tetap semangat dan yakin akan kemampuanmu ya!

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: Kompas.com