Strategi Tepat untuk Persiapan UTBK, Ini Rekomendasi Buku SBMPTN 2022 Terbaik

Strategi Tepat untuk Persiapan UTBK, Ini Rekomendasi Buku SBMPTN 2022 Terbaik

Untuk teman-teman kelas 12, diharapkan kalian sudah menyiapkan diri untuk mengikuti tes masuk ke perguruan tinggi ya. Soal-soal SBMPTN ini tidak bisa kamu pelajari hanya dalam satu malam. Persaingan yang cukup ketat, bukan hanya dari kalangan pelajar SMA, tapi juga alumni untuk merebut kursi perguruan tinggi, serta level soal yang berbeda dengan pelajaran sekolah, jadi tantangan yang harus kamu hadapi.

Pada tahun 2020 lalu, peserta UTBK mencapai lebih dari 700 ribu orang. Tahun 2021 pun diikuti oleh lebih dari 770 ribu orang, dan hanya sekitar 180 ribu peserta yang dinyatakan lolos. Oleh karena itu, agar kamu bisa lolos seleksi, kamu harus menyiapkan segala halnya dari jauh-jauh hari. Apa saja itu?

Persiapan Strategi untuk Mengikuti SBMPTN

1. Riset Jurusan dan PTN yang akan Kamu Pilih

Dari banyaknya jurusan, kamu bisa memilah dan memilih mana saja jurusan yang sesuai dengan minat dan keinginanmu. Pemilihan PTN juga perlu kamu cermati kembali, terlebih dari letak kampus dan reputasinya.

Setelah kamu membuat pilihan, kamu bisa cari tahu kuota kursi yang disediakan pada jurusan di PTN tersebut akan dibuka berapa banyak pada tahun ini, atau kamu bisa membuat kalkulasi dari jumlah kuota yang dibuka pada tahun lalu, sehingga kamu bisa mengukur potensial dan tingkat persaingan yang akan kamu hadapi.

strategi
Persiapan Strategi untuk Mengikuti SBMPTN (Sumber foto: Glints.com)

Selain nilai dari UTBK-nya sendiri, strategi pemilihan jurusan dan PTN ini jangan sampai disepelekan ya. Karena urutan pilihannya akan ikut berpengaruh pada kesempatan kamu mendapatkan kursi di pilihan tersebut.

2. Buat Strategi Belajar

Materi UTBK 2022 terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). TPS lebih ke mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Pada bagian ini, sebagian soal juga akan disajikan dalam bahasa Inggris.

Tes yang akan diuji dari bagian TPS adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif (Matematika Dasar), Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.

strategi
Sumber foto: Huffingtonpost

Sedangkan untuk TKA, tes ini untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang sudah diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. Dari tes ini juga untuk mengukur kemampuan kognitif terkait mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Soalnya juga akan menggunakan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) atau kemampuan analisis tinggi.

Kelompok ujiannya sama, seperti yang sudah kita tahu yaitu Saintek (Matematika Saintek, Biologi, Fisika, Kimia), Soshum (Matematika Soshum, Ekonomi, Geografi, Sejarah, Sosiologi), dan campuran (melakukan kedua TKA dari saintek dan soshum).

Banyaknya soal yang akan kamu hadapi tentunya membuat kamu tidak boleh terlalu santai untuk mempersiapkan diri. Nah, agar kamu terbiasa dengan soal yang akan dihadapi dan belajarnya lebih efektif, mari coba langkah-langkah ini.

Cara Belajar yang Efektif untuk Persiapan SBMPTN

1. Mengerjakan Soal Tahun Lalu

strategi
Cara Belajar yang Efektif untuk Persiapan SBMPTN (Sumber foto: iStockphoto)

Dengan mencoba mengerjakan soal yang sudah pernah keluar pada tahun sebelumnya, kamu akan tahu tingkat kesulitan soal dan kamu bisa mengukur kemampuan kamu sudah sampai mana. Dengan ini, kamu bisa mengevaluasi kesiapan kamu atas soal-soal yang akan kamu kerjakan nanti, apakah sudah mampu diselesaikan, atau malah tidak mengerti sama sekali jawabannya.

2. Review Materi

strategi
Sumber foto: Vivo Indonesia

Saatnya kamu kupas satu persatu bahan materi yang akan keluar. Kamu perlu perdalam konsep dan dasar teori pada setiap materi. Pertama, kamu kenali dan pelajari konsep soalnya, lalu kamu coba latihan mengerjakan soal dari materi tersebut.

Coba review kembali, latihan soal lagi, dan terus hingga ke variasi soal yang lebih sulit, dan juga lakukan pada materi konsep yang lain. Dengan kamu mengetahui dasar teorinya, soal dalam bentuk apapun akan dapat kamu selesaikan, karena kamu sudah paham dari awal.

3. Sering Berlatih Soal dan Tes Kemampuanmu Lewat Try Out

Setelah kamu paham dan mengerti seluruh bahan materi yang akan keluar, saatnya kamu sering-sering berlatih soal campuran keseluruhan materi, agar lebih menguasai soal.

Soal-soal ini bisa kamu dapatkan dari buku bank soal yang akan membantu kamu melatih kemampuan menyelesaikan soal-soal HOTS dengan mudah dengan banyak bonus lainnya. Tinggal pilih mau yang mana sesuai kebutuhanmu.

Berikut Admin berikan rekomendasi buku kumpulan soal SBMPTN yang best seller dan paling banyak dicari oleh teman-teman pejuang lainnya, untuk kamu bisa belajar sendiri di rumah, tanpa harus ikut bimbel di luar.

Rekomendasi Buku SBMPTN 2022 Terbaik

1. Wangsit (Pawang Soal Sulit) HOTS SBMPTN 2022 Saintek & Soshum

Sesuai dengan judul bukunya, Pawang Soal Sulit, buku kumpulan soal SBMPTN ini selalu jadi pilihan utama para pejuang SBMPTN tiap tahunnya, bahkan membuat buku ini jadi mega best seller!

Dengan tingkat kesusahan soal berdasarkan HOTS, buku WANGSIT membekali kamu dengan materi yang dibahas secara mendalam, ditambah drilling soal per topik bahasan, dan pembahasan yang mudah dipahami.

Setelah mempelajari soalnya, kamu juga bisa mengerjakan soal prediksi maupun mengikuti try out yang tersedia dalam bonus di buku ini, supaya kamu bisa tahu gambaran soal saat tes nanti. Bonusnya akses gratis ke leson.id dan akses ke video pembahasan dari Tim Mentor langsung.

Saintek WANGSIT

rekomendasiBeli dan Pelajari Sekarang!

Soshum WANGSIT

rekomendasiBeli dan Pelajari Sekarang!

2. The King Bedah Kisi-Kisi 2022 SBMPTN & UM Mandiri - Saintek dan Soshum

Tak kalah dengan WANGSIT, The King juga jagonya bedah kisi-kisi SBMPTN sampai ke akarnya! Tak hanya untuk SBMPTN, tapi juga untuk soal-soal dalam UM Mandiri bagi kamu yang ingin mengikuti seleksi dari perguruan tingginya langsung.

Setelah membedah kisi-kisi, kamu akan ditemukan pada 4 ribu lebih bank soal, lengkap dengan pembahasannya hingga tuntas, dan terdapat 100 lebih paket bedah materi dengan full tips dan trik ala rumus cerdik bimbel. Kamu juga bisa masuk ke dalam aplikasi untuk try out semua mata pelajaran dan Tes Potensi Akademik, menonton video pembahasan soal SBMPTN, serta dilengkapi dengan soal bocoran asli dari UTBK di tahun 2021 lalu.

Semua materi UTBK dibedah secara lengkap dan terbaru dalam buku ini, dilengkapi pula dengan tips sukses memilih jurusan yang bisa kamu ikuti. Ada bonus CD juga, lho, yang bisa kamu gunakan untuk simulasi CBT tes SBMPTN.

Saintek The King

rekomendasiBeli dan Pelajari Sekarang!

Soshum The King

rekomendasiBeli dan Pelajari Sekarang!

3. Mega Bank UTBK SBMPTN 2022 Edisi Superlengkap Saintek dan Soshum

Buku ini menjadi solusi yang tepat, untuk kamu yang ingin lebih mudah berlatih soal SBMPTN, dengan ringkasan materinya yang singkat tapi tetap padat dan jelas. Nah, di sini pun kamu akan diberikan tips dan trik mengerjakan soal dengan cepat dan menjawab dengan tepat, dilengkapi dengan rumus praktis yang bisa kamu gunakan.

Selanjutnya, kamu bisa mengerjakan belasan paket soal terkini dan prediksi UTBK 2022, dilengkapi pula dengan pembahasannya. Tak hanya itu, buku ini pun memberikan bonus CD yang berisi software untuk pelaksanaan simulasi UTBK, video pembelajaran, dan e-book untuk tes TOEFL masuk ke PTN.

Saintek Mega Bank

rekomendasiBeli dan Pelajari Sekarang!

Soshum Mega Bank

rekomendasiBeli dan Pelajari Sekarang!

4. Top Spoiler Bocoran Soal Asli UTBK SBMPTN 2022 Saintek dan Soshum

Judulnya saja sudah Top Spoiler Bocoran Soal, maka isi buku ini pun dipenuhi dengan 34 paket soal super lengkap, mulai dari soal prediksi, soal try out, dan soal asli dari UTBK SBMPTN. Tak hanya soal SBMPTN, tapi juga soal UM Mandiri. Tentunya, semua soal ini dilengkapi pembahasan yang mudah untuk kamu pelajari kembali dari hasil latihan soal kamu.

Buku ini juga nggak kalah memberikan bonus aplikasi dan CD untuk mengikuti simulasi UTBK, tes TOEFL, TPS, TPA, hingga psikotes, dan video tutorial materi pelajaran lainnya. Eits, tak hanya penuh soal saja, tapi juga tetap ada ringkasan materi yang super lengkap, dengan tips dan trik menjawab soal ala bimbel.

Saintek Top Spoiler Bocoran Soal Asli UTBK SBMPTN 2022

rekomendasiBeli dan Pelajari Sekarang!

Soshum Top Spoiler Bocoran Soal Asli UTBK SBMPTN 2022

rekomendasiBeli dan Pelajari Sekarang!

5. Grand Master UTBK SBMPTN 2022 Saintek dan Soshum

Buku kumpulan soal dari Grand Master ini berisi soal-soal asli UTBK SBMPTN dari lima tahun terakhir dan berdasar soal field report. Jadi, cocok banget untuk kalian yang ingin memperdalam dan menguasai tipe soal HOTS dalam UTBK SBMPTN.

Materinya begitu lengkap, dilengkapi pembahasan, dan tambahan soal prediksi yang akan keluar di UTBK tahun ini. Tak hanya untuk SBMPTN, tapi juga untuk mempelajari soal pada tes UM Mandiri. Kamu juga bisa mengikuti simulasi tes dari website Grand Master, lho!

Saintek Grand Master

rekomendasiBeli dan Pelajari Sekarang!

Soshum Grand Master

rekomendasiBeli dan Pelajari Sekarang!

6. Bank Soal UTBK SBMPTN 2022 Saintek dan Soshum

Tak kalah lengkap dengan paket soal yang dimiliki, buku ini berisi edisi lengkap soal dan full pembahasan dari soal TKA dan TPS. Buku ini juga memberikan kisi-kisi serta materi yang akan keluar di SBMPTN nantinya. Ada juga simulasi yang bisa kamu ikuti untuk menilai progress kamu dalam belajar untuk mengikuti tes SBMPTN.

Nah, serunya lagi dari buku ini, ada pula tes kepribadian Myers Briggs Type Indicator (MBTI), sehingga memudahkan kamu dalam menemukan passion atau bidang dan jurusan yang ingin kamu geluti.

Saintek Bank Soal UTBK SBMPTN 2022

rekomendasiBeli dan Pelajari Sekarang!

Soshum Bank Soal UTBK SBMPTN 2022

rekomendasiBeli dan Pelajari Sekarang!

Nah, itu dia kumpulan buku soal UTBK SBMPTN yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Setelah mempelajari berbagai tipe soal, jangan lupa uji diri kamu dalam try out untuk mengetahui tingkat pemahaman yang sudah kamu kuasai, dan kamu bisa mengetahui berapa lama kamu mengerjakan soal.

Simulasi try out ini akan melatih mental kamu merasakan kondisi ujian dengan waktu yang dibatasi. Jadi, kamu bisa buat strategi nantinya dalam cara cepat mengerjakan soal.

Penerbit Grasindo bersama leson.id menyelenggarakan online try out atau simulasi SBMPTN, yang pendaftaran serta pelaksanaannya akan dilakukan dari tanggal 1 April - 6 Mei 2022.

Dengan biaya pendaftaran yang terjangkau, kamu bisa mengikuti simulasi tes, mendapatkan potongan voucher pembelian buku Grasindo, bisa mengikuti webinar yang akan mengupas tuntas tips dan trik penyelesaian soal SBMPTN pada 10 Mei 2022, dan ada hadiah hingga jutaan rupiah!

Untuk informasi lebih lengkap dan cara mendaftar, bisa langsung cek di bawah ini.

rekomendasiIkut Try Out di Sini!

Berusaha sebaik mungkin untuk mempersiapkan tes sudah, sekarang kamu tinggal berdoa, agar semua yang sudah dilakukan bisa mencapai tujuan yang kamu harapkan. Tetap semangat dan yakin akan kemampuanmu ya! 🤗❤️

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: ANTARA FOTO/Makna Zaezar


Almira R. Natasya

Almira R. Natasya

Digital Content Officer Gramedia Digital

Enter your email below to join our newsletter