Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

STIF Syentra Gunakan e-Perpus untuk Menunjang Kegiatan Pembelajaran

STIF Syentra Gunakan e-Perpus untuk Menunjang Kegiatan Pembelajaran

Banyak lembaga yang sudah beralih ke arah digital, mulai dari sektor pemerintahan, perdagangan, kesehatan, dan tentunya pendidikan. Perpindahan ke arah digital mulai dilakukan karena ketergantungan terhadap teknologi yang sangat tinggi. Di lingkungan kampus sendiri, STIF Syentra (Sekolah Tinggi Ilmu Fiqih Syeikh Nawawi Tanara) sebagai lembaga pendidikan pun juga sudah mulai beralih ke arah digital.

Peralihan digital di lingkungan STIF Syentra bisa dilihat dari beberapa hal, seperti adanya situs web milik sendiri, sistem informasi akademik, dan aplikasi perbankan sendiri yang disediakan kepada mahasiswa untuk kelancaran pembelajaran.

Inovasi digital untuk pembelajaran lainnya yang mereka lakukan adalah dengan penggunaan perpustakaan digital. STIF Syentra bekerja sama dengan e-Perpus Gramedia untuk membuat perpustakaan digital yang diberi nama e-Library STIF Syentra.

Konten-konten yang tersedia di e-Library pun dipilih oleh pihak kampus dan juga rekomendasi para mahasiswa. Konten yang ada disesuaikan dengan kebutuhan kampus dan mahasiswa yang sesuai dengan materi pengajaran. Pilihan konten yang dimiliki e-Perpus Gramedia memang begitu beragam. Total ada ratusan ribu konten mulai dari e-book fiksi, non fiksi, surat kabar, dan majalah digital, dari 700 penerbit dari dalam maupun luar negeri.

Menurut staf STIF Syentra, Abdurrohim, e-Library cukup mudah digunakan dan tidak bermasalah saat digunakan oleh mahasiswa dan para staf STIF Syentra. Untuk menjelaskan tentang e-Library lebih lanjut, pihak perpustakaan kerap memberikan penyuluhan kepada para mahasiswa dan dosen agar dapat mengetahui cara menggunakan aplikasi e-Library untuk menunjang pembelajaran.

Menurut Abdurrohim, user experience pada aplikasi dapat dibilang cukup baik, sehingga memudahkan anggota dalam memilih bahan bacaan dan meminjamnya, juga memudahkan staf dalam mengelola e-Library. Admin Dashboard yang tersedia juga sangat mudah dan lancar digunakan oleh staf dalam mengurus peminjaman buku maupun mengelola koleksi pustaka.

Selain itu, portal dari tim e-Perpus juga menyediakan video tutorial dan file dalam bentuk pdf agar staf dapat mengetahui cara kerja dari aplikasi e-Library. Tidak hanya user experience yang cukup baik, tampilan dari aplikasinya pun sangat user friendly sehingga membuat aplikasi mudah digunakan dan ramah dilihat oleh para pengguna e-Library.

E-Perpus Gramedia, Berikan Layanan Pembuatan Perpustakaan Digital

E-Perpus Gramedia telah bekerjasama dengan ratusan klien dari berbagai instansi, mulai dari kementerian, perusahaan swasta, sekolah, universitas, hingga organisasi non profit lainnya. E-Perpus Gramedia memberikan jasa dalam pembuatan aplikasi perpustakaan digital, yang mampu menaruh lebih dari puluhan ribu koleksi buku, majalah, maupun koran digital, dari ratusan penerbit ternama.

Dengan perpustakaan digital, pemeliharaan dan kontrol koleksi perpustakaan jadi lebih mudah. E-Perpus Gramedia memiliki fitur Admin Dashboard yang memudahkan pustakawan dalam membuat laporan, mengelola, dan menganalisis pengguna serta konten di dalamnya.

Lewat Admin Dashboard, pustakawan bisa mengatur pengguna atau anggota perpustakaan dengan lebih mudah, dapat memantau aktivitas pengguna, mengatur konten dan peminjaman, hingga mengatur pembelian konten, yang semuanya bisa diakses secara 24 jam di mana saja, hanya melalui smartphone atau tablet. Dengan perpustakaan digital dari E-Perpus Gramedia, Anda bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung dari mana pun, di luar pengunjung yang datang langsung ke tempat perpustakaan.

Selain Smart Library yang bisa dimiliki dengan cepat dan mudah, Anda juga bisa memilih ePerpus Premium untuk miliki perpustakaan eksklusif tersendiri pada instansi Anda. Aplikasi akan dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan instansi dan bisa meng-upload e-books internal dalam perpustakaan digital.

Mulai dari Rp5.220.000, Anda sudah bisa mendapatkan perpustakaan digital sendiri, dan aplikasi tersedia di Google Play Store maupun App Store. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan perpustakaan digital oleh E-Perpus Gramedia, Anda bisa mengakses pada eperpus.com dan klik Kontak Sales di pojok kanan atas.


Sumber foto header: independensi.com

Penulis: Mohammad Fachrul Rozy


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus