Mengenal Stephen King, Kariernya, dan Film yang Diadaptasi dari Bukunya

Mengenal Stephen King, Kariernya, dan Film yang Diadaptasi dari Bukunya

. 3 min read

Siapa itu Stephen King? Ia adalah pengarang karya-karya fiksi yang mendunia asal Amerika Serikat. Awal kariernya bermula saat ia tidak mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari University of Maine, Amerika Serikat. Kala itu, ia menjual cerpen karangannya ke majalah-majalah lokal maupun nasional seperti Cavalier yang merupakan majalah pria dewasa.

Karya fiksi pertamanya yang diterbitkan adalah Carrie oleh penerbit Doubleday pada 1973. Sejak Carrie, Stephen King rajin menerbitkan karya-karya fiksinya seperti Salem’s Lot pada 1975, The Shining pada 1977, dan The Stand pada 1978.

Karya-karya Stephen King cenderung punya kekhasan pada hal-hal gaib. Meskipun disejajarkan dengan genre horor, karya-karya Stephen King memiliki jenis ketegangan dan alur yang lumayan santai. Ia pun jago dalam menulis kisah yang bertipe sebab-akibat. Hal tersebut kerap membuat pembaca termenung mencari-cari akar masalah dalam setiap novelnya.

Ia sempat coba menerbitkan karya fiksi dengan pseudonim untuk menguji apakah ia bisa meniru kesuksesan tanpa Namanya. Ia merilis The Long Walk (1979), Roadwork (1981), dan beberapa novel lainnya dengan nama pena Richard Bachman.

Hingga kini, Stephen King telah menerbitkan lebih dari 50 novel, ratusan cerita pendek, dan beberapa karya nonfiksi yang salah satunya adalah On Writing (2000). Pada September ini, ia pun menerbitkan buku terbarunya berjudul The institute.

Film yang Diadaptasi dari Buku karya Stephen King

“Buku dan film itu bagai apel dan jeruk. Keduanya sama-sama buah tapi memiliki rasa yang sama sekali berbeda.” Kutipan populer yang konon disampaikan oleh Stephen King itu benar adanya. Hal itu ditunjukkan Stephen King dengan tidak ambil pusing saat buku-buku karyanya diadaptasi menjadi film.

Tercatat, film-film yang merupakan adaptasi dari buku-buku Stephen King sudah ada sejak Carrie yang filmnya rilis pada 1976. Saking tidak masalahnya karyanya difilmkan, tahun 2019 ini ada tiga film rilis yang merupakan adaptasi dari buku-buku karya Stephen King, yaitu Pet Sematary, It Chapter Two, dan Doctor Sleep.

Berikut tiga dari puluhan film yang diadaptasi dari buku karya Stephen King dan sebaiknya tidak Anda lewatkan. Oh ya, daftarnya merupakan film rilisan setelah tahun 2010 ya. Simak yuk!

Carrie (2013)

Cuplikan
Chloë Grace Moretz sebagai Carrie White dalam film Carrie (2013). Sumber Gambar: YouTube

Carrie sepertinya menjadi kisah Stephen King yang paling banyak dijadikan film adaptasi. Film pertama Carrie tayang pada 1976 yang dibintangi oleh Sissy Spacek. Carrie berikutnya tayang pada 2002 yang dibintangi oleh Angela Bettis. Yang terbaru adalah Carrie yang tayang pada 2013 dan dibintangi oleh Chloë Grace Moretz.

Carrie bercerita tentang seorang gadis bernama Carrie White yang mengalami perdarahan terus-menerus saat haid dan dirisak oleh orang-orang di sekitarnya. Ia kemudian membalaskan dendamnya dan membuat malapetaka yang tak akan pernah dilupakan oleh penduduk kota. Seberapa burukkah malapetaka itu?

Pet Sematary (2019)

Pet
Pet Sematary menjadi salah satu film yang diadaptasi dari novel Stephen King yang tayang tahun 2019 ini. Sumber Gambar: thefourohfive.com

Seperti Carrie, Pet Sematary juga sempat difilmkan lebih dulu pada 1989. Pada Maret 2019 lalu, film yang diadaptasi dari novel Stephen King dengan judul sama rilis lagi dengan dibintangi oleh Jason Clarke dan Amy Seimetz. Ceritanya berpusat pada sebuah keluarga yang menempati rumah baru dan menemukan pekuburan misterius di halaman belakang rumah mereka. Apa yang akan mereka temukan?

It (2017) & It Chapter Two (2019)

It
Badut It yang menyeramkan ini hadir di film It (2017) dan It Chapter Two (2019). Sumber Gambar: dazeddigital.com

Saking tebal bukunya dan kompleks ceritanya, It yang merupakan salah satu novel kebanggaan Stephen King dibagi menjadi dua bagian cerita. Dan bagusnya, keduanya bisa dibilang sukses dan masuk box office. (Sebetulnya, It Chapter Two masih tayang tapi sudah ada tanda-tanda box office.) Film It pertama tayang pada 2017 dan bagian kedua yang diberi judul It Chapter Two rilis pada September 2019 ini.

Ceritanya berpusat di Derry, sebuah distrik di Amerika Serikat yang dikutuk dengan banyaknya kasus kehilangan anak. Hal tersebut ditengarai ulah sesosok badut menyeramkan. Klub Pecundang yang terdiri atas tujuh orang menjadi gacoan yang harus menyelamatkan Derry. Berhasilkah mereka?


Sumber gambar header: wegotthiscovered.com