Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Solusi Perpustakaan Tetap ‘Ramai’ Ketika Pandemi, SMA Negeri 1 Kradenan Beri Nilai Tinggi untuk ePerpus Gramedia

Solusi Perpustakaan Tetap ‘Ramai’ Ketika Pandemi, SMA Negeri 1 Kradenan Beri Nilai Tinggi untuk ePerpus Gramedia

Pandemi COVID 19 yang melanda secara global mau tak mau memaksa kita semua untuk beradaptasi. Semua platform digital dimanfaat sebaik mungkin agar dapat mengompensasi kegiatan-kegiatan yang biasanya dilakukan secara tatap muka. Dunia pendidikan merupakan salah satu yang terdampak besar dari pergeseran masif ini. Namun, ternyata setelah mencicipi kemudahan digitalisasi, kita jadi merasa enggan meninggalkannya.

Seperti yang disampaikan oleh Ibu Andini Lusiana Sari, Kepala Perpustakaan SMA Negeri 1 Kradenan, pandemi membuat perpustakaan di sekolah sepi dari pengunjung. Ketika itu, aktivitas yang terbatas di sekolah membuat rak-rak di perpustakaan semakin berdebu. Miris dengan keadaan itu, pihak perpustakaan pun mencoba mencari solusi lewat perpustakaan digital. Sayangnya, belum ada perpustakaan digital yang dinilai cocok oleh para pustakawan untuk masyarakat sekolah SMA Negeri 1 Kradenan. Ibu Andini berkata, beliau menginginkan perpustakaan digital yang benar-benar terpakai oleh warga sekolah, bukan hanya sekadar untuk dipamerkan.

Ketika penawaran tiba dari ePerpus by Gramedia, bak gayung bersambut, keinginan perpustakaan SMA Negeri 1 Kradenan untuk membawa perpustakaan ke genggaman para siswa menjadi nyata. ePerpus by Gramedia menyediakan pilihan buku yang beragam dan bebas untuk dipilih oleh pihak perpustakaan. Sehingga, pustakawan dapat menyesuaikan isi perpustakaan digital dengan minat baca siswa.

Dengan adanya ePerpus by Gramedia, siswa SMA Negeri 1 Kradenan tetap dapat meminjam buku meskipun mereka tidak datang langsung ke perpustakaan. Ibu Andini selaku Kepala Perpustakaan juga menyambut titipan judul buku dari para siswa. “Jika ada buku yang mereka inginkan, kami akan tampung, kemudian kami belanjakan,” ujar Ibu Andini. Tentunya pilihan buku yang beragam di ePerpus by Gramedia juga membantu pihak perpustakaan mewujudukan keinginan para siswanya.

Siswa sedang menggunakan ePerpus dari Gramedia (Dok. SMA Negeri 1 Kradenan)

Selama dua tahun menggunakan ePerpus by Gramedia, Ibu Andini mengatakan bahwa beliau merasa puas dengan kualitas aplikasi ePerpus yang dinilai mudah dan rapi. Beliau berharap bahwa ePerpus by Gramedia terus melakukan peningkatan dalam segala aspek agar perpustakaan digital tetap eksis dan berkembang.

Selain itu, untuk memajukan kegiatan literasi digital di SMA Negeri 1 Kradenan, Ibu Andini dan tim perpustakaan SMA Negeri 1 Kradenan juga menyusun program-program menarik untuk para siswa. Di antaranya adalah mengadakan lomba menulis resensi buku untuk buku-buku yang tersedia di ePerpus by Gramedia, menyebarkan selebaran atau brosur berisi informasi mengenai buku-buku yang baru tersedia di perpustakaan digital, serta menyediakan waktu sekitar 15 menit per hari untuk kegiatan literasi digital untuk seluruh siswa.

Perpustakaan digital dari ePerpus by Gramedia memberikan dampak baik bagi kegiatan literasi siswa di SMA Negeri 1 Kradenan. Harapan Ibu Andini, meskipun perlahan, akan selalu ada peningkatan yang baik dalam penggunaan perpustakaan digital di sekolahnya. Untuk keseluruhan pengalaman menggunakan ePerpus, Ibu Andini berkata bahwa beliau memberikan nilai 8,5 dari 10, alias di atas KKM!😊

E-Perpus Gramedia, Berikan Layanan Pembuatan Perpustakaan Digital

E-Perpus Gramedia telah bekerjasama dengan ratusan klien dari berbagai instansi, mulai dari kementerian, perusahaan swasta, sekolah, universitas, hingga organisasi non profit lainnya. E-Perpus Gramedia memberikan jasa dalam pembuatan aplikasi perpustakaan digital, yang mampu menaruh lebih dari puluhan ribu koleksi buku, majalah, maupun koran digital, dari ratusan penerbit ternama.

Dengan perpustakaan digital, pemeliharaan dan kontrol koleksi perpustakaan jadi lebih mudah. E-Perpus Gramedia memiliki fitur Admin Dashboard yang memudahkan pustakawan dalam membuat laporan, mengelola, dan menganalisis pengguna serta konten di dalamnya.

Lewat Admin Dashboard, pustakawan bisa mengatur pengguna atau anggota perpustakaan dengan lebih mudah, dapat memantau aktivitas pengguna, mengatur konten dan peminjaman, hingga mengatur pembelian konten, yang semuanya bisa diakses secara 24 jam di mana saja, hanya melalui smartphone atau tablet. Dengan perpustakaan digital dari E-Perpus Gramedia, Anda bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung dari mana pun, di luar pengunjung yang datang langsung ke tempat perpustakaan.

Selain Smart Library yang bisa dimiliki dengan cepat dan mudah, Anda juga bisa memilih ePerpus Premium untuk miliki perpustakaan eksklusif tersendiri pada instansi Anda. Aplikasi akan dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan instansi dan bisa meng-upload e-books internal dalam perpustakaan digital.

Mulai dari Rp5.220.000, Anda sudah bisa mendapatkan perpustakaan digital sendiri, dan aplikasi tersedia di Google Play Store maupun App Store. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan perpustakaan digital oleh E-Perpus Gramedia, Anda bisa mengakses pada eperpus.com dan klik Kontak Sales di pojok kanan atas.


Sumber gambar header: Dok. SMA Negeri 1 Kradenan

Penulis: Puteri C. Anasta


Enter your email below to join our newsletter