Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Smart Library Yayasan Taruna Bakti Mudahkan Anggotanya dalam Bekerja

Smart Library Yayasan Taruna Bakti Mudahkan Anggotanya dalam Bekerja

Saat ini kita sedang menghadapi Revolusi Industri 4.0, di mana segala aspek kegiatan dan kehidupan manusia berubah menjadi ke arah yang serba digital. Dengan adanya perubahan tersebut, maka perpustakaan sebagai lembaga pendidikan, sarana, serta pusat informasi masyarakat, mau tidak mau harus ikut beradaptasi dalam menghadapi perubahan tersebut.

Hal itu dilakukan agar perpustakaan dapat meraih para penggunanya, khususnya untuk pengguna yang areanya sudah digital native, sehingga keberadaan perpustakaan tetap eksis dan tidak akan terlindas oleh perubahan zaman. Itulah yang kemudian mendorong perpustakaan Yayasan Taruna Bakti untuk merubah perpustakaannya menjadi perpustakaan digital.

Perubahan tersebut bahkan sudah dilakukan oleh perpustakaan Yayasan Taruna Bakti sejak tahun 2019, sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Pada saat itu, mereka mempunyai misi untuk menuju perpustakaan hybrid, yang diwujudkan dengan pengelolaan koleksi menggunakan sistem digital. Hanya saja, pada saat itu sistem manajemen koleksi fisik hanya sebatas dikelola secara internal dan dalam bentuk fisiknya saja.

Karena dirasa pemanfaatannya hanya bisa dilakukan di wilayah sekolah saja, maka pihak perpustakaan Yayasan Taruna Bakti mencari alternatif lain untuk menangani permasalahan tersebut, yaitu bekerja sama dengan E-Perpus Gramedia, untuk menyediakan layanan aplikasi Smart Library, agar bisa dimanfaatkan pula oleh warga di luar wilayah sekolah.

Perpustakaan Yayasan Taruna Bakti melihat jika aplikasi yang diberikan oleh E-Perpus Gramedia begitu potensial, apalagi dengan ulasan positif dari beberapa instansi yang telah lebih dahulu memiliki perpustakaan digital bersama E-Perpus Gramedia.

Setelah menggunakan Smart Library, Bapak Taufik Rahayu, salah satu pustakawan di perpustakaan Yayasan Taruna Bakti, mengatakan bahwa segala kebutuhan mereka menjadi terpenuhi. Mereka sangat terbantu dengan adanya sistem dalam Smart Library yang memudahkan dalam mengelola koleksi perpustakaan.

eperpus
Pustakawan Yayasan Taruna Bakti Mengakses Dashboard Admin Smart Library (Dok. Perpustakaan Yayasan Taruna Bakti)

Saat ini, para pustakawan tidak perlu repot-repot untuk katalogisasi dan klasifikasi koleksi-koleksi pustaka, karena data-data tersebut sudah tersedia dan telah dikelola oleh tim Gramedia. Selain itu, para pustakawan juga tidak perlu memikirkan perawatan terkait koleksi-koleksi digital, karena perawatan maintenance server juga dilakukan oleh tim Gramedia. Jika ada permasalahan pun tim Gramedia akan sangat responsif untuk menangani kendala tersebut.

Tak hanya untuk pustakawan, dampak dari penggunaan aplikasi Smart Library ini juga dirasakan oleh pemustakanya. Di mana banyak dari mereka, apalagi para mahasiswa, merasa sangat terbantu dalam melakukan penelitian. Mereka dapat mengakses koleksi pustaka di mana pun dan kapan pun, tanpa perlu datang ke perpustakaan hanya untuk meminjam buku. Aplikasi ini juga membantu siswa-siswi mulai dari SD, SMP, sampai SMA, dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah mereka dari mana saja.

eperpus
Suasana di Dalam Perpustakaan Yayasan Taruna Bakti (Dok. Perpustakaan Yayasan Taruna Bakti)

Bapak Taufik menambahkan, bahwa dari berbagai konten yang dimiliki oleh E-Perpus Gramedia, e-books menjadi koleksi yang paling banyak diminati oleh para pemustaka. Selain buku-buku pengetahuan, genre yang paling diminati oleh mereka adalah buku-buku fiksi. Meskipun begitu, pihak perpustakaan pun tidak menutup kemungkinan untuk tetap mengadakan jenis-jenis konten lainnya.

Meski saat ini sudah banyak dari warga Yayasan Taruna Bakti yang mengakses Smart Library, namun tim dari perpustakaan akan tetap melakukan pendekatan untuk membuat anak-anak semakin tertarik dalam menggunakan Smart Library.

E-Perpus Gramedia, Berikan Layanan Pembuatan Perpustakaan Digital

E-Perpus Gramedia telah bekerjasama dengan ratusan klien dari berbagai instansi, mulai dari kementerian, perusahaan swasta, sekolah, universitas, hingga organisasi non profit lainnya. E-Perpus Gramedia memberikan jasa dalam pembuatan aplikasi perpustakaan digital, yang mampu menaruh lebih dari puluhan ribu koleksi buku, majalah, maupun koran digital, dari ratusan penerbit ternama.

Dengan perpustakaan digital, pemeliharaan dan kontrol koleksi perpustakaan jadi lebih mudah. E-Perpus Gramedia memiliki fitur Admin Dashboard yang memudahkan pustakawan dalam membuat laporan, mengelola, dan menganalisis pengguna serta konten di dalamnya.

Lewat Admin Dashboard, pustakawan bisa mengatur pengguna atau anggota perpustakaan dengan lebih mudah, dapat memantau aktivitas pengguna, mengatur konten dan peminjaman, hingga mengatur pembelian konten, yang semuanya bisa diakses secara 24 jam di mana saja, hanya melalui smartphone atau tablet. Dengan perpustakaan digital dari E-Perpus Gramedia, Anda bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung dari mana pun, di luar pengunjung yang datang langsung ke tempat perpustakaan.

Selain Smart Library yang bisa dimiliki dengan cepat dan mudah, Anda juga bisa memilih ePerpus Premium untuk miliki perpustakaan eksklusif tersendiri pada instansi Anda. Aplikasi akan dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan instansi dan bisa meng-upload e-books internal dalam perpustakaan digital.

Mulai dari Rp5.220.000, Anda sudah bisa mendapatkan perpustakaan digital sendiri, dan aplikasi tersedia di Google Play Store maupun App Store. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan perpustakaan digital oleh E-Perpus Gramedia, Anda bisa mengakses pada eperpus.com dan klik Kontak Sales di pojok kanan atas.


Sumber foto header: Dok. Perpustakaan Yayasan Taruna Bakti


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus