Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Smart Library Menjadi Jembatan Budaya Literasi untuk Warga Sekolah Terpadu Pahoa

Smart Library Menjadi Jembatan Budaya Literasi untuk Warga Sekolah Terpadu Pahoa

Membaca buku tidak hanya soal mengisi waktu, namun juga membuka lebih banyak pintu pengetahuan dan kesempatan baru. Itulah yang sudah tertanam dalam benak para siswa Sekolah Terpadu Pahoa Summarecon Serpong, di mana siswa-siswanya sudah memiliki kegemaran membaca dan sering mengunjungi perpustakaan sekolah di waktu istirahat.

Namun sayangnya, keterbatasan waktu di sekolah membuat terbatas pula waktu guru maupun siswa dalam menikmati kegiatan membaca buku di perpustakaan, terlebih dua tahun belakangan ini. Pandemi Covid-19 memaksa kegiatan belajar tatap muka menjadi daring dan dilakukan dari rumah. Kondisi ini pun memengaruhi program kerja bagian perpustakaan sekolah yang telah berjalan.

eperpus
Suasana di Dalam Perpustakaan Sekolah Terpadu Pahoa (Dok. Pustakawan Sekolah Terpadu Pahoa)

Setelah mencoba memaksimalkan pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan aplikasi pendidikan khusus untuk mata pelajaran matematika, Bapak Afiyon Kristiyan, selaku Kepala Perpustakaan Sekolah Terpadu Pahoa, mengatakan bahwa sekolah pun menaruh perhatian terhadap perpustakaan sekolah yang pelayanannya juga sangat terdampak pandemi. Perpustakaan sekolah kemudian bekerja sama dengan E-Perpus Gramedia untuk menyediakan layanan aplikasi Smart Library sebagai solusinya.

Melihat banyaknya instansi yang telah lebih dahulu memiliki perpustakaan digital bersama E-Perpus Gramedia, bagian perpustakaan di Sekolah Terpadu Pahoa juga sangat antusias dalam mengembangkan perpustakaan digital agar semangat literasi warga sekolah semakin meningkat.

Smart Library menjadi jawaban atas tantangan yang dihadapi Sekolah Terpadu Pahoa, di mana pandemi membuat layanan perpustakaan fisik tidak dapat beroperasi secara maksimal. Dengan adanya perpustakaan digital, perpustakaan sekolah tetap dapat melayani para siswa dan guru yang ingin membaca buku tanpa terhalang ruang dan waktu.

Aplikasi Smart Library ini sudah dapat diakses oleh para siswa, guru, dan karyawan sejak Oktober 2021 lalu. Aplikasi ini sangat memudahkan kegiatan belajar mengajar serta menjaga budaya literasi yang selama ini dibangun.

eperpus
Siswa membuka aplikasi smart library di perpustakaan Sekolah Terpadu Pahoa (Dok. Pustakawan Sekolah Terpadu Pahoa)

Menurut Syarifudin Saadih, Pustakawan Sekolah Terpadu Pahoa, genre buku yang paling banyak diminati dari perpustakaan digital sekolah adalah buku fiksi. Dengan kemudahan akses dan katalog buku yang terdiri atas 60.000 judul buku yang telah dibagi menjadi kategori-kategori oleh pihak Gramedia, hal ini sangat memudahkan pustakawan untuk menemukan buku yang sesuai kebutuhan dan yang diinginkan untuk masuk ke koleksi Smart Library sekolah.

Melalui penyediaan aplikasi Smart Library ini, membuat Perpustakaan Sekolah Terpadu Pahoa berhasil beradaptasi dengan tantangan di era digital. Pihak sekolah pun melakukan ajakan kepada warga sekolah untuk mengakses Smart Library melalui video Instagram, karena manfaatnya yang begitu sayang untuk dilewatkan.

E-Perpus Gramedia, Berikan Layanan Pembuatan Perpustakaan Digital

E-Perpus Gramedia telah bekerjasama dengan ratusan klien dari berbagai instansi, mulai dari kementerian, perusahaan swasta, sekolah, universitas, hingga organisasi non profit lainnya. E-Perpus Gramedia memberikan jasa dalam pembuatan aplikasi perpustakaan digital, yang mampu menaruh lebih dari puluhan ribu koleksi buku, majalah, maupun koran digital, dari ratusan penerbit ternama.

Dengan perpustakaan digital, pemeliharaan dan kontrol koleksi perpustakaan jadi lebih mudah. E-Perpus Gramedia memiliki fitur Admin Dashboard yang memudahkan pustakawan dalam membuat laporan, mengelola, dan menganalisis pengguna serta konten di dalamnya.

Lewat Admin Dashboard, pustakawan bisa mengatur pengguna atau anggota perpustakaan dengan lebih mudah, dapat memantau aktivitas pengguna, mengatur konten dan peminjaman, hingga mengatur pembelian konten, yang semuanya bisa diakses secara 24 jam di mana saja, hanya melalui smartphone atau tablet. Dengan perpustakaan digital dari E-Perpus Gramedia, Anda bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung dari mana pun, di luar pengunjung yang datang langsung ke tempat perpustakaan.

Selain Smart Library yang bisa dimiliki dengan cepat dan mudah, Anda juga bisa memilih ePerpus Premium untuk miliki perpustakaan eksklusif tersendiri pada instansi Anda. Aplikasi akan dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan instansi dan bisa meng-upload e-books internal dalam perpustakaan digital.

Mulai dari Rp5.220.000, Anda sudah bisa mendapatkan perpustakaan digital sendiri, dan aplikasi tersedia di Google Play Store maupun App Store. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan perpustakaan digital oleh E-Perpus Gramedia, Anda bisa mengakses pada eperpus.com dan klik Kontak Sales di pojok kanan atas.


Sumber foto header: Dok. Perpustakaan Sekolah Terpadu Pahoa


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus