Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Smart Library Meningkatkan Program Digitalisasi di SMPN 29 Jakarta

Smart Library Meningkatkan Program Digitalisasi di SMPN 29 Jakarta

Digitalisasi tentu bukan lagi hal baru dan tak terhindarkan dalam kegiatan kita. Hal itu pula yang disadari oleh pihak Sekolah Menengah Pertama Negeri 29 Jakarta dengan mulai menggunakan sistem berbasis paperless, mulai dari penugasan siswa, hingga laporan hasil pembelajaran dalam bentuk e-report.

Walaupun SMPN 29 Jakarta telah memulai langkah digitalisasinya, namun masa pandemi tentu turut memberikan dampak yang tidak sedikit. Semua kegiatan belajar mengajar berpindah ke ruang digital dan tentunya pihak sekolah harus beradaptasi dan siap berinovasi demi berjalannya fasilitas sekolah dengan baik.

Sejak bulan Maret 2022, SMPN 29 Jakarta bekerjasama dengan E-Perpus Gramedia dalam penyediaan fasilitas perpustakaan digital sekolah. Hal ini dilakukan karena melihat kebutuhan dalam program digitalisasi, ditambah dengan kemudahan penggunaan aplikasi serta kelengkapan koleksi yang ada dalam katalog Gramedia. Dengan aplikasi Smart Library, para guru dan siswa dapat dengan mudah melakukan peminjaman dan pengembalian buku, tanpa perlu bolak-balik ke ruang perpustakaan sekolah.

eperpus
Suasana di Dalam Perpustakaan SMPN 29 Jakarta (Dok. SMPN 29 Jakarta)

Ryta Melyana, selaku wali kelas sekaligus penanggung jawab fasilitas e-library sekolah mengatakan, bahwa murid-murid menyambut gembira fasilitas Smart Library ini. Selain penggunaannya yang mudah, tampilannya yang sangat menarik mampu memancing siswa untuk meminjam dan membaca buku digital ini, sehingga mampu meningkatkan literasi mereka.

Dari 736 koleksi e-book yang dimiliki oleh SMPN 29 Jakarta, ternyata warga sekolah memiliki genre buku favoritnya masing-masing, mulai dari buku yang membahas dunia olahraga, buku berbahasa Inggris, masak-memasak, dan tentu saja tak ketinggalan genre fiksi hingga buku traveling. Para guru juga diajak untuk memaksimalkan penggunaan Smart Library ini dalam pembelajaran di kelas maupun menjadi buku-buku rujukan tugas.

eperpus
Pustakawan SMPN 29 Jakarta (Dok. SMPN 29 Jakarta)

E-Perpus Gramedia, Berikan Layanan Pembuatan Perpustakaan Digital

E-Perpus Gramedia telah bekerjasama dengan ratusan klien dari berbagai instansi, mulai dari kementerian, perusahaan swasta, sekolah, universitas, hingga organisasi non profit lainnya. E-Perpus Gramedia memberikan jasa dalam pembuatan aplikasi perpustakaan digital, yang mampu menaruh lebih dari puluhan ribu koleksi buku, majalah, maupun koran digital, dari ratusan penerbit ternama.

Dengan perpustakaan digital, pemeliharaan dan kontrol koleksi perpustakaan jadi lebih mudah. E-Perpus Gramedia memiliki fitur Admin Dashboard yang memudahkan pustakawan dalam membuat laporan, mengelola, dan menganalisis pengguna serta konten di dalamnya.

Lewat Admin Dashboard, pustakawan bisa mengatur pengguna atau anggota perpustakaan dengan lebih mudah, dapat memantau aktivitas pengguna, mengatur konten dan peminjaman, hingga mengatur pembelian konten, yang semuanya bisa diakses secara 24 jam di mana saja, hanya melalui smartphone atau tablet. Dengan perpustakaan digital dari E-Perpus Gramedia, Anda bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung dari mana pun, di luar pengunjung yang datang langsung ke tempat perpustakaan.

Selain Smart Library yang bisa dimiliki dengan cepat dan mudah, Anda juga bisa memilih ePerpus Premium untuk miliki perpustakaan eksklusif tersendiri pada instansi Anda. Aplikasi akan dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan instansi dan bisa meng-upload e-books internal dalam perpustakaan digital.

Mulai dari Rp5.220.000, Anda sudah bisa mendapatkan perpustakaan digital sendiri, dan aplikasi tersedia di Google Play Store maupun App Store. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan perpustakaan digital oleh E-Perpus Gramedia, Anda bisa mengakses pada eperpus.com dan klik Kontak Sales di pojok kanan atas.


Sumber foto header: Dok. SMPN 29 Jakarta


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus