Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Smart Library Meningkatkan Minat Literasi di SMK Patria Wisata

Smart Library Meningkatkan Minat Literasi di SMK Patria Wisata

Bukan hal asing jika sekolah sudah banyak mengganti sistem pembelajaran menjadi daring sejak pandemi. Digitalisasi hampir dirasakan oleh berbagai sektor termasuk di bidang pendidikan. SMK Patria Wisata mengaku mengalami 70% digitalisasi, baik dari segi pertemuan, pembagian rapot semester, hingga ke sistem belajar digital seperti membaca e-book.

smk
Suasana lingkungan di SMK Patria Wisata (Dok. SMK Patria Wisata)

SMK Patria Wisata sebagai salah satu sekolah yang memiliki target penilaian literasi peserta didik, telah mengandalkan Smart Library dari e-Perpus Gramedia, sebagai salah satu sarana membaca sejak satu tahun yang lalu. Dengan adanya nilai simplisitas yang ditawarkan, Smart Library telah membantu meningkatkan minat baca peserta didik bahkan hingga ke tenaga pendidik di SMK Patria Wisata.

Pak Banu Salam selaku salah satu pengajar di SMK Patria Wisata sekaligus pustakawan Smart Library, mengaku bahwa Smart Library memberikan fitur yang mudah digunakan dan mudah dimengerti siapapun. Fitur yang diberikan secara sederhana ini, bukan hanya memudahkan pustakawan dalam mengelola perpustakaan digital, tetapi juga pemustaka yang lebih mudah mencari koleksi bacaan, cara meminjam, dan bisa dibaca kapan pun di mana pun.

smk
Peserta didik SMK Patria Wisata aktif mengakses Smart Library (Dok. SMK Patria Wisata)

Selain itu, fitur Admin Dashboard yang dipegang oleh pak Banu memudahkan tracking konsistensi maupun repetisi pemustaka dalam meminjam dan membaca buku, serta jenis buku apa saja yang dibaca oleh pemustaka. Dengan puluhan judul e-book yang ada, SMK Patria Wisata memiliki varian buku bacaan untuk menunjang pembelajaran, seperti tentang tata boga, perhotelan, dan juga travel. Akan tetapi, variasi buku yang tersedia juga masuk dalam kategori buku fiksi seperti novel.

Pak Banu mengaku Smart Library menjadi salah satu pendorong minat baca peserta didik. Selain karena Smart Library memiliki ketersediaan yang lebih lengkap daripada perpustakaan sekolah, hadirnya Smart Library sebagai pendorong minat baca juga dibuktikan dengan angka statistik yang memperlihatkan secara lengkap data aktivitas pemustaka. Seperti halnya peserta didik yang selain membaca buku pelajaran, juga kerap membaca novel dari Smart Library, dalam membantu penilaian literasi yang memang diwajibkan oleh sekolah untuk dilaksanakan setiap pagi.

smk
Peserta didik sedang membaca di perpustakaan yang tersedia di sekolah (Dok. SMK Patria Wisata)

Sikap dan kebiasaan literasi para peserta didik di SMK Patria Wisata diperkokoh dengan adanya aplikasi Smart Library. Dengan bacaan yang lengkap serta fitur yang memudahkan banyak pihak, Smart Library dinilai memiliki kualitas yang sangat baik oleh SMK Patria Wisata. Aplikasi ini juga dinilai memiliki dampak besar untuk lingkungan SMK Patria Wisata dalam memperluas khazanah ilmu pengetahuan.

E-Perpus Gramedia, Berikan Layanan Pembuatan Perpustakaan Digital

E-Perpus Gramedia telah bekerjasama dengan ratusan klien dari berbagai instansi, mulai dari kementerian, perusahaan swasta, sekolah, universitas, hingga organisasi non profit lainnya. E-Perpus Gramedia memberikan jasa dalam pembuatan aplikasi perpustakaan digital, yang mampu menaruh lebih dari puluhan ribu koleksi buku, majalah, maupun koran digital, dari ratusan penerbit ternama.

Dengan perpustakaan digital, pemeliharaan dan kontrol koleksi perpustakaan jadi lebih mudah. E-Perpus Gramedia memiliki fitur Admin Dashboard yang memudahkan pustakawan dalam membuat laporan, mengelola, dan menganalisis pengguna serta konten di dalamnya.

Lewat Admin Dashboard, pustakawan bisa mengatur pengguna atau anggota perpustakaan dengan lebih mudah, dapat memantau aktivitas pengguna, mengatur konten dan peminjaman, hingga mengatur pembelian konten, yang semuanya bisa diakses secara 24 jam di mana saja, hanya melalui smartphone atau tablet. Dengan perpustakaan digital dari E-Perpus Gramedia, Anda bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung dari mana pun, di luar pengunjung yang datang langsung ke tempat perpustakaan.

Selain Smart Library yang bisa dimiliki dengan cepat dan mudah, Anda juga bisa memilih ePerpus Premium untuk miliki perpustakaan eksklusif tersendiri pada instansi Anda. Aplikasi akan dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan instansi dan bisa meng-upload e-books internal dalam perpustakaan digital.

Mulai dari Rp5.220.000, Anda sudah bisa mendapatkan perpustakaan digital sendiri, dan aplikasi tersedia di Google Play Store maupun App Store. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan perpustakaan digital oleh E-Perpus Gramedia, Anda bisa mengakses pada eperpus.com dan klik Kontak Sales di pojok kanan atas.


Sumber foto: Dok. SMK Patria Wisata

Penulis: Shaza Hanifah


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus