Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Smart Library Mampu Meningkatkan Layanan di Perpustakaan Universitas IVET

Smart Library Mampu Meningkatkan Layanan di Perpustakaan Universitas IVET

Pandemi yang menerpa dunia sejak dua tahun lalu memberikan dampak pada banyak sektor kehidupan, termasuk instansi pendidikan. Sistem belajar-mengajar di dalam kelas harus berpindah ke ruang-ruang pertemuan virtual. Tentunya, perlu banyak adaptasi yang harus dilakukan agar kegiatan belajar mengajar dapat terus berjalan.

Hal tersebut juga tidak dapat dihindari oleh Universitas IVET Semarang. Selain kegiatan belajar mengajar dalam kelas daring, fasilitas penunjang kegiatan perkuliahan pun harus turut terinovasi demi menjaga semangat belajar mahasiswa. Salah satu langkah yang diambil Universitas IVET adalah dengan mengadakan digitalisasi pada layanan perpustakaan.

eperpus
Pengunjung Perpustakaan Universitas IVET (Dok. Pustakawan Universitas IVET)

Universitas IVET termasuk perguruan tinggi yang membuka diri terhadap program digitalisasi, dibuktikan dengan hadirnya program studi baru, yaitu Bisnis Digital, di mana tugas-tugas yang diberikan dapat langsung diaplikasikan di tengah maraknya digitalisasi di berbagai sektor kehidupan. Tentunya, Universitas IVET tidak ingin ketinggalan dalam memberikan pelayanan terbaiknya walau di masa pandemi.

Sejak Juli tahun 2021 lalu, Universitas IVET Semarang bekerja sama dengan E-Perpus Gramedia dalam penyediaan perpustakaan digital bagi sivitas akademika. Ragam koleksi konten yang dimiliki serta kemudahan aksesnya yang memberikan banyak manfaat untuk pemustaka maupun pustakawan, menjadi alasan kuat untuk menggunakan Smart Library. Proses peminjaman dan pengembalian buku yang cukup menyita waktu, dapat dengan mudah terselesaikan dengan adanya aplikasi ini.

Khoirunnisa, seorang staff perpustakaan Universitas IVET, mengatakan bahwa Smart Library sangat memudahkan pekerjaannya, yang biasanya harus dilakukan secara manual, kini dapat dilakukan dengan lebih cepat karena telah tersistem secara digital melalui portal E-Perpus. Segala kegiatan yang berhubungan dengan perpustakaan digital dapat dengan mudah diakses laporannya, seperti berapa banyak pendaftar dan pengunjung, kemudian arus peminjaman dan pengembalian e-book yang lebih praktis.

eperpus
Pengguna Aplikasi Smart Library (Dok. Pustakawan Universitas IVET)

Dengan kemudahan akses dan pengkategorian yang dibuat oleh pihak Gramedia, memudahkan pemustaka untuk menemukan buku yang sesuai kebutuhan. Kini, buku-buku yang banyak diakses oleh sivitas akademika Universitas IVET adalah psikologi dan kemaritiman. Penyediaan layanan Smart Library membuat perpustakaan Universitas IVET Semarang berhasil beradaptasi dan tetap dapat memberikan pelayanan terbaik dalam menunjang kegiatan perkuliahan. Pihak perpustakaan pusat pun berharap agar perpustakaan ini dapat diterapkan di tiap fakultas.

E-Perpus Gramedia, Berikan Layanan Pembuatan Perpustakaan Digital

E-Perpus Gramedia telah bekerjasama dengan ratusan klien dari berbagai instansi, mulai dari kementerian, perusahaan swasta, sekolah, universitas, hingga organisasi non profit lainnya. E-Perpus Gramedia memberikan jasa dalam pembuatan aplikasi perpustakaan digital, yang mampu menaruh lebih dari puluhan ribu koleksi buku, majalah, maupun koran digital, dari ratusan penerbit ternama.

Dengan perpustakaan digital, pemeliharaan dan kontrol koleksi perpustakaan jadi lebih mudah. E-Perpus Gramedia memiliki fitur Admin Dashboard yang memudahkan pustakawan dalam membuat laporan, mengelola, dan menganalisis pengguna serta konten di dalamnya.

Lewat Admin Dashboard, pustakawan bisa mengatur pengguna atau anggota perpustakaan dengan lebih mudah, dapat memantau aktivitas pengguna, mengatur konten dan peminjaman, hingga mengatur pembelian konten, yang semuanya bisa diakses secara 24 jam di mana saja, hanya melalui smartphone atau tablet. Dengan perpustakaan digital dari E-Perpus Gramedia, Anda bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung dari mana pun, di luar pengunjung yang datang langsung ke tempat perpustakaan.

Selain Smart Library yang bisa dimiliki dengan cepat dan mudah, Anda juga bisa memilih ePerpus Premium untuk miliki perpustakaan eksklusif tersendiri pada instansi Anda. Aplikasi akan dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan instansi dan bisa meng-upload e-books internal dalam perpustakaan digital.

Mulai dari Rp5.220.000, Anda sudah bisa mendapatkan perpustakaan digital sendiri, dan aplikasi tersedia di Google Play Store maupun App Store. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan perpustakaan digital oleh E-Perpus Gramedia, Anda bisa mengakses pada eperpus.com dan klik Kontak Sales di pojok kanan atas.


Sumber foto header : Dok. Perpustakaan Universitas IVET


Enter your email below to join our newsletter