Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Smart Library Bank Indonesia Lampung Mudahkan Pemustaka Baca Koran dan Majalah Digital Terbaru di Mana Saja

Smart Library Bank Indonesia Lampung Mudahkan Pemustaka Baca Koran dan Majalah Digital Terbaru di Mana Saja

Masa pandemi pada dua tahun lalu benar-benar telah merubah segala tatanan kehidupan masyarakat, termasuk pada Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung (Perpus BI Lampung), yang pada tahun 2021 lalu akhirnya meresmikan Smart Library atau perpustakaan digitalnya.

Di masa yang serba digital, Perpus BI Lampung tak ketinggalan dalam ‘memindahkan’ akses peminjaman bukunya lewat aplikasi yang bisa diakses melalui gadget. Perpustakaan digital ini hadir lewat layanan yang dilakukan oleh E-Perpus Gramedia.

Menurut Winda Febriani, salah satu pustakawan pada Perpus BI Lampung, kini koleksi buku digital sangat mempermudah sivitas Kpw BI Lampung dalam mengakses koleksi-koleksi yang ada di perpustakaan.

eperpus
Suasana dalam Perpustakaan BI Lampung (Dok. Bank Indonesia Kpw Lampung)

Winda mengatakan jika pemustaka sangat senang dengan tempat perpustaakan yang sangat nyaman dengan koleksinya yang terbaru, namun pandemi telah membatasi akses peminjaman buku secara langsung di perpustakaan. Maka dari itu, adanya perpustakaan digital ini sangat memudahkan segalanya, baik untuk pemustaka dalam meminjam buku, maupun pustakawan dalam mengontrol perpustakaan.

Tentunya, hadirnya Smart Library telah memberi kepraktisan, apalagi dalam berlangganan koran dan majalah, serta menambah koleksi e-book lainnya. Winda merasakan kemudahan dalam mengontrol alur penambahan koleksi maupun peminjamannya, yang bisa langsung dilakukan melalui gadget, di mana pun dan kapan pun.

Perpus BI Lampung sangat puas dalam penggunaan aplikasi Smart Library ini. Selain karena lebih praktis, tapi juga menambah koleksi dalam perpustakaan digital, apalagi bagian koran dan majalah yang selalu diperbarui setiap harinya. Dari kelebihan ini, Winda mengatakan jika lebih banyak pemustaka yang membaca majalah dan koran lewat Smart Library.

Tak hanya itu, pemustaka juga banyak yang meminjam e-book terkait perbankan, self improvement, hingga buku-buku kumpulan quotes yang menambah pengetahuan, wawasan, maupun mengembangkan diri.

eperpus
Suasana dalam Perpustakaan BI Lampung (Dok. Bank Indonesia Kpw Lampung)

Kini, tim pustakawan Perpustakaan BI Lampung juga sering mengabarkan melalui media sosial, maupun grup karyawan tentang peminjaman buku yang lebih mudah melalui Smart Library. Mulai dari mengajak untuk mendaftar Smart Library dan bagaimana kemudahan dalam meminjam buku secara gratis, dan bisa dibaca di mana saja.

Hingga saat ini, minat baca di lingkungan Kpw BI Lampung menjadi lebih banyak dan semakin tertarik untuk mengakses koleksi buku. Adanya Smart Library juga memudahkan pemustaka untuk tetap bisa meminjam buku di mana pun, walau sedang sibuk dan tak ada waktu untuk pergi ke perpustakaan.

Winda sangat merekomendasikan penggunaan Smart Library pada anggota perpustakaannya, karena penggunaannya yang lebih mudah, bisa diakses di mana saja tanpa harus ke perpustakaan.

E-Perpus Gramedia, Berikan Layanan Pembuatan Perpustakaan Digital

E-Perpus Gramedia telah bekerjasama dengan ratusan klien dari berbagai instansi, mulai dari kementerian, perusahaan swasta, sekolah, universitas, hingga organisasi non profit lainnya. E-Perpus Gramedia memberikan jasa dalam pembuatan aplikasi perpustakaan digital, yang mampu menaruh lebih dari puluhan ribu koleksi buku, majalah, maupun koran digital, dari ratusan penerbit ternama.

Dengan perpustakaan digital, pemeliharaan dan kontrol koleksi perpustakaan jadi lebih mudah. E-Perpus Gramedia memiliki fitur Admin Dashboard yang memudahkan pustakawan dalam membuat laporan, mengelola, dan menganalisis pengguna serta konten di dalamnya.

Lewat Admin Dashboard, pustakawan bisa mengatur pengguna atau anggota perpustakaan dengan lebih mudah, dapat memantau aktivitas pengguna, mengatur konten dan peminjaman, hingga mengatur pembelian konten, yang semuanya bisa diakses secara 24 jam di mana saja, hanya melalui smartphone atau tablet. Dengan perpustakaan digital dari E-Perpus Gramedia, Anda bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung dari mana pun, di luar pengunjung yang datang langsung ke tempat perpustakaan.

Selain Smart Library yang bisa dimiliki dengan cepat dan mudah, Anda juga bisa memilih ePerpus Premium untuk miliki perpustakaan eksklusif tersendiri pada instansi Anda. Aplikasi akan dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan instansi dan bisa meng-upload e-books internal dalam perpustakaan digital. Mulai dari Rp5.220.000, Anda sudah bisa mendapatkan perpustakaan digital sendiri, dan aplikasi tersedia di Google Play Store maupun App Store.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan perpustakaan digital oleh E-Perpus Gramedia, Anda bisa mengakses pada eperpus.com dan klik Kontak Sales di pojok kanan atas.


Sumber foto header: Dok. Bank Indonesia Kpw Lampung


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus