(Sinopsis Buku) Talking to Strangers karya Malcolm Gladwell

(Sinopsis Buku) Talking to Strangers karya Malcolm Gladwell

. 2 min read

Versi terjemahan buku terbaru Malcolm Gladwell terbit pada awal tahun 2020 ini. Buku tersebut berjudul Talking to Strangers yang pertama kali terbit di Amerika Serikat pada September 2019 lalu.

Talking to Strangers berisi penjelasan interaksi seseorang dengan orang lain yang asing darinya. Gladwell menjelaskan bahwa inspirasinya menulis buku ini adalah banyaknya kasus terkenal di berita tentang orang asing yang salah paham antara satu sama lain.

Malcolm Gladwell mengawali karier jurnalisnya di sebuah majalah daring yang mengkaver berita harian dan politik The American Spectator. Pada 1996, ia pindah kerja untuk media The New Yorker dengan dua artikel populer bikinannya berjudul “The Tipping Point” dan “The Coolhunt”.

Laki-laki asal Inggris itu kemudian mengembangkan tulisan artikelnya menjadi sebuah buku berjudul The Tipping Point yang terbit pertama kali pada 2000. Buku itu kemudian laris-manis dan membuat Malcolm Gladwell terkenal.

Sampai saat ini, Malcolm Gladwell telah menulis enam buku termasuk Blink (2005) dan Outliers (2008). Lalu, tentang apakah buku terbarunya yang berjudul Talking to Strangers itu? Simak sinopsis bukunya berikut.


Baca juga: 3 Alasan Utama Hidup Penuh Kesadaran


Sinopsis buku Talking to Strangers karya Malcolm Gladwell

Mengapa interaksi kita dengan orang tak dikenal sering kali keliru?

Penghentian pelanggar lalu lintas rutin yang berakhir dengan tragedi. Mata-mata yang bertahun-tahun tak terdeteksi di tingkat tertinggi Pentagon. Mengapa kita sering sekali keliru memahami orang lain? Mengapa sukar sekali mendeteksi kebohongan, membaca wajah, atau menilai motif orang tak dikenal?

Melalui serangkaian pertemuan dan kesalahpahaman—dari sejarah, psikologi, sampai kasus hukum terkenal—Malcolm Gladwell membawa kita dalam suatu petualangan intelektual ke sisi gelap hakikat manusia, ketika orang tak dikenal ternyata tidak sederhana, dan kekeliruan membaca orang tak dikenal bisa berakibat bencana.

“Tidak ada yang menantang asumsi umum sebagaimana Malcolm Gladwell. Di sini dia menggunakan kisah penipuan dan kekeliruan fatal untuk mempertanyakan strategi kita menghadapi orang tak dikenal, mengajak kita berpikir ulang pada era baru yang penuh kemelut ini.” Kirkus Reviews

“Saya suka buku ini ... membacanya bukan hanya benar-benar mengubah cara kita melihat orang tak dikenal, melainkan juga cara kita memandang diri sendiri, berita, dan dunia. Buku ini mengubah saya.” Oprah Winfrey

sinopsis
Talking to Strangers karya Malcolm Gladwell

Dapatkan Talking to Strangers karya Malcolm Gladwell di Gramedia.com!


Baca juga: (Sinopsis Buku) Mindset karya Carol S. Dweck