(Sinopsis Buku) Segala-galanya Ambyar karya Mark Manson

(Sinopsis Buku) Segala-galanya Ambyar karya Mark Manson

. 2 min read

Masih dalam atmosfer awal tahun, beberapa dari kita masih memilah-milah resolusi atau harapan yang akan dilakukan sepanjang tahun. Harapan-harapan itu berisi beberapa hal-hal kecil yang mudah digapai serta satu atau dua hal yang sukar tapi dapat dilakukan.

Namun, bagaimana jika harapan itu lenyap? Peristiwa-peristiwa yang terjadi akhir-akhir ini membuat kita dihadapkan pada menciutnya harapan. Kita hanya bisa menjalani apa yang di depan mata dengan penuh kepasrahan. Pikiran-pikiran pesimistis seperti ini sebetulnya bisa dihilangkan.

Sebuah buku tentang harapan. Begitu slogan buku terbaru Mark Manson berjudul Everything Is F*cked yang terbit pertama kali pada 2019 lalu. Buku tersebut kemudian diterjemahkan ke bahasa Indonesia dengan judul Segala-galanya Ambyar.

Pada 2016, Mark Manson menerbitkan The Subtle Art of Not Giving A F*ck yang kemudian diterjemahkan dengan judul Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat pada 2018. Buku itu berisi penjabaran tentang kebahagiaan yang dapat diraih dengan bersikap bodo amat.


Baca juga: Penulis Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat Merilis Buku Terbaru, Everything Is F*cked


Berbeda dengan buku sebelumnya, Segala-galanya Ambyar menjabarkan asumsi-asumsi manusia tentang apa yang membuat hidup layak dijalani. Mark memulainya dengan pentingnya punya nilai-nilai dalam hidup.

Selanjutnya, Mark juga memberikan konsep tiga pilar sebuah harapan untuk mengembangkan dan tetap mempertahankannya. Pertama, kontrol diri yang bikin kita dapat mengendalikan hidup kita sendiri.

Kedua, percaya pada suatu nilai yang dapat diperjuangkan. Ketiga, jadi bagian dari komunitas yang juga menghargai apa yang kita hargai.

Pengarang Hooked Hir Eyal menilai Mark Manson telah berhasil menjelaskan tentang dunia yang gila dengan penerapan ilmu-ilmu yang kuat, filsafat moral, dan kata-kata inteligen yang menggelikan.

Sinopsis Buku Segala-galanya Ambyar karya Mark Manson

Buku
Segala-galanya Ambyar karya Mark Manson

Apakah kamu merasa kecewa dengan hidupmu? Apakah kamu merasa cemas secara terus-menerus? Apakah kamu merasa bahwa dunia di sekelilingmu buruk dan jahat?  Ya, dunia ini memang kacau, dunia ini memang ambyar, tapi itu karena Anda tidak sadar bahwa harapan Anda terlalu disilaukan oleh keinginan-keinginan Anda sendiri yang tidak masuk akal.

Jadi, lepaskanlah harapan-harapan itu, jika Anda ingin waras! #AmbyarkanHarapan untuk hidup yang lebih tenang.

Dapatkan buku Segala-galanya Ambyar karya Mark Manson di Gramedia.com!


Baca juga: (REVIEW BUKU) Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat, Karya Mark Manson