(Sinopsis Buku) Mindset karya Carol S. Dweck

(Sinopsis Buku) Mindset karya Carol S. Dweck

. 2 min read

Pernah mendengar istilah fixed mindset dan growth mindset? Keduanya adalah tipe pola pikir yang umum diketahui selama ini. Keduanya tentu punya ciri-ciri yang berbeda.

Fixed mindset adalah pola pikir seseorang yang meyakini bahwa apa yang dianutnya adalah yang paling benar. Ia cenderung menghindari tantangan-tantangan dan fokus berlebihan pada sesuatu yang sudah diketahuinya saja.

Growth mindset adalah pola pikir seseorang yang percaya bahwa kecerdasan dapat dikembangan. Ia akan punya keinginan untuk memperbaiki diri. Jika diberikan tantangan, ia akan coba melaluinya dengan penuh keyakinan.

Perihal mindset tidak bisa dilepaskan dari seorang profesor psikologi dari Stanford University bernama Carol S. Dweck. Ialah yang membuat dua kategori mindset di atas. Menurutnya, pola pikir seseorang dapat dilihat dari kebiasaannya, terutama dari reaksinya pada kegagalan.

Carol S. Dweck juga membuat kesimpulan bahwa capaian potensi seseorang bukanlah dari kemampuan tetapi dari cara pandang akan kemampuan tersebut dan kepercayaan bahwa sesuatu dapat dikembangkan.

Pada 2006, Carol S. Dweck menerbitkan buku berjudul Mindset: The New Psychology of Success. Dalam buku itu, perempuan asal Amerika Serikat itu menjabarkan tentang teori-teori yang ditemukannya atas mindsetatau pola pikir.

Buku tersebut kemudian diterbitkan dalam bahasa Indonesia oleh Penerbit Baca.

Sinopsis
Mindset karya Carol S. Dweck


Baca juga: 8 Rekomendasi Buku Self-Improvement Terbaru di Awal Tahun 2020


Sinopsis buku Mindset karya Carol S. Dweck

Terbukti telah mengubah cara orang melihat dunia dan kesuksesan hidup di berbagai belahan dunia, Mindset bertengger jadi top-seller di amazon.com sejak 13 tahun lalu hingga sekarang.

Paparan tentang kesuksesan dalam buku ini sangat mendasar dan langka. Lazimnya, buku-buku tentang kesuksesan lebih menawarkan sisi-sisi praktis. Namun, buku ini justru mengajak Anda menggarap inti masalah kesuksesan: pikiran. Tak hanya itu, buku ini mengontraskan dengan apik tokoh-tokoh dunia—di bidang musik, sastra, sains, olahraga, dan bisnis—yang berpola pikir tetap (fixed mindset) dan berpola pikir tumbuh (growth mindset). Ternyata, tokoh yang berpola pikir tumbuh lebih mampu mempertahankan kesuksesan dan kegembiraan hidup. Hal ini dikarenakan mereka lebih menekankan proses belajar dan peran ikhtiar daripada mengandalkan bakat dan kecerdasan.

Bagi Anda penikmat buku motivasi, teramat sayang bila Anda tak melahap isi buku ini. Bagi Anda para pemimpin, eksekutif, guru, orangtua, atau pelatih olahraga, buku ini sangat membantu dalam mengubah para pembelajar “bermasalah” menjadi insan-insan sukses dan bahagia. Sebagai pribadi pun, Anda tak bakal kecewa dengan buku hasil penelitian 20 tahun lebih dari ahli kenamaan di bidang psikologi kepribadian ini. Banyak inspirasi yang niscaya membuat Anda senantiasa optimistis, gembira, dan terampil membangkitkan kemampuan-kemampuan dahsyat dalam diri Anda.

“Buku ini menjelaskan dengan gamblang bagaimana keyakinan atas kemampuan yang kita miliki amat berpengaruh terhadap cara kita belajar dan menentukan pilihan di dalam kehidupan.” —Bill Gates

“Sangat direkomendasikan … bacaan penting bagi mereka yang ingin meraih kesuksesan dan kepuasan.” —Library Journal

“Salah satu buku motivasi paling berpengaruh.” —Po Bronson, penulis buku laris Nurture Shock

“Jika Anda ingin mengelola orang, atau Anda adalah orang tua (yang merupakan salah satu bentuk dari mengelola orang), tinggalkan yang lain, bacalah Mindset.” —Guy Kawasaki, pakar marketing Sillicon Valley


Dapatkan Mindset karya Carol S. Dweck di Gramedia.com!


Baca juga: (Sinopsis Buku) Segala-galanya Ambyar karya Mark Manson