Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Shadow and Bone Season 2 Tayang di Netlfix, Simak Keseruan Grishaverse di Sini!

Shadow and Bone Season 2 Tayang di Netlfix, Simak Keseruan Grishaverse di Sini!

Bagi penggemar serial fantasi, kabar baik datang dari Netflix!✨🤩 Setelah sukses besar dengan season pertamanya, serial Shadow and Bone kembali dengan season kedua yang siap menghibur para penontonnya. Mengadopsi dunia dari cerita Grishaverse, spesifiknya serial ini diadaptasi dari seri buku karya Leigh Bardugo yang populer di kalangan penggemar genre fantasi. 🥳

Kini, dengan menghadirkan kembali cerita dan karakter yang sama, Shadow and Bone season 2 siap memberikan pengalaman menarik dan penuh aksi yang sayang untuk dilewatkan✨ Jadi, simak keseruan Grishaverse di sini dan siap-siap merasa terpikat dengan dunia fantasi yang begitu memikat.

Sebelum menonton, pastikan kamu juga sudah baca novelnya ya, Grameds! Selain bakal dapat bocoran keseruan Grishaverse, buat kamu yang belum tahu ceritanya bisa baca di sini dulu!🎉

Kenalan dengan Leigh Bardugo

Leigh Bardugo adalah sosok kreator yang menciptakan serial fantastis Grishaverse. Berkat serial novel Grishaverse, Leigh Bardugo berhasil menjadi salah satu penulis terkenal di Amerika. Bahkan, Bardugo dikenal secara spesifik sebagai penulis karya dengan genre fantasi. Ia lahir di Jerusalem, Israel pada tahun 1975 dan dibesarkan di California, Amerika Serikat.

Kecintaannya terhadap seni bukan hanya dicurahkan ke dalam karya tulis saja, lho! Sebelum menjadi penulis, Bardugo juga pernah bekerja sebagai make-up artist, penari, dan wartawan hiburan. Selama menjadi wartawan hiburan, dia mulai mempelajari cara menulis skenario kreatif mulai dari skenario film dan serial televisi.

Bardugo merilis novel pertamanya, yakni Shadow and Bone, pada tahun 2012. Buku ini kemudian menjadi bagian dari serial Grishaverse yang terdiri dari enam buku, mulai dari trilogi Shadow and Bone, dwilogi Six of Crows, hingga dwilogi King of Scars.

Seri Grishaverse sangat populer di kalangan pembaca muda. Sampai-sampai kepopulerannya dibuktikan dengan hadirnya adaptasi buku ini ke dalam bentuk media televisi.

Selain Grishaverse, Bardugo juga menulis dua novel stand-alone, yaitu The Ninth House dan Wonder Woman: Warbringer. Dia juga terlibat dalam beberapa antologi dan buku komik.

Berkat karya-karyanya yang fantastis, Bardugo telah menerima banyak penghargaan dan nominasi, termasuk nominasi Goodreads Choice Awards dan Georgia Peach Book Awards. Hingga ini, dia juga aktif ke dalam promosi literasi dan mendukung organisasi seperti Girls Write Now di mana program ini sangat membantu perempuan muda dalam mengejar kerier menulisnya.

Penasaran dengan karya keren karangan Leigh Bardugo? Baca terus artikel ini sampai selesai!🎉

Sinopsis Shadow and Bone

Shadow and Bone adalah novel fantasi dengan alur cerita magis dan seru! Buku ini menceritakan seorang Alina Starkov, seorang anak yatim yang tumbuh di Kerajaan Ravka dan menjadi bagian dari pasukan militer yang disebut Grisha.

Grisha sendiri adalah sekelompok orang-orang dengan kekuatan magis di Kerajaan Ravka. Meski Alina memang tidak memiliki kekuatan magis, Alina tetap masuk ke pasukan Grisha untuk untuk mengisi tim pembuat peta.

Mulanya Alina pikir ia hanyalah prajurit tanpa bakat, payah, dan hanya bisa merepotkan pasukannya. Hingga suatu hari Alina menemukan fakta bahwa dirinya memiliki kekuatan yang langka dan sangat kuat untuk memanipulasi cahaya. Kekuatan ini menjadi satu-satunya harapan bagi Ravka untuk menghentikan ancaman bayangan yang menakutkan.

Melihat potensi Alina yang besar, Alina kemudian dikirim ke istana untuk belajar mengendalikan kekuatannya dan menemukan cara untuk menyelamatkan Kerajaan Ravka. Namun, selama di sana, dia menemukan bahwa kekuatannya memiliki sisi gelap yang menakutkan diikuti dengan bahaya yang mengintai di setiap sudut. Sementara itu, Alina mulai memikul beban ekspektasi dari rakyat yang berharap akan pertolongan kekuatannya.

ShadowBeli di Sini!

Dalam perjalanannya, Alina juga bertemu dengan Mal, sahabat masa kecilnya yang telah lama hilang, dan keduanya terjebak dalam konflik yang kompleks dan berbahaya. Alina harus memilih antara mempertahankan kebenaran dan kesetiaannya pada kerajaannya atau mengikuti hasrat hatinya yang membawanya ke ke jalan yang lebih gelap.

Dengan aksi yang mendebarkan, petualangan yang menegangkan, dan cerita yang kompleks, Shadow and Bone menghadirkan sebuah dunia fantasi yang memikat dan menggugah imajinasi pembaca.

Review Shadow and Bone

Shadow and Bone merupakan bagian dari serial Grishaverse yang paling populer! Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Shadow and Bone sudah diadaptasi ke dalam serial Netflix sejak tahun 2021.🤝🎉

Hal ini bisa terjadi bukan tanpa alasan!✨🤩 Leigh Bardugo berhasil menunjukkan kepintarannya membangun sebuah cerita yang menarik dan juga unik. Dunia yang ia ciptakan dalam buku ini sangatlah detail dan kompleks, tanpa melupakan elemen pembantu seperti aksi, drama, dan juga

Ditambah, karakter-karakter yang dibuatnya memiliki latar belakang yang juga kuat dan memikat. Alina Starkov sebagai tokoh utama dalam buku ini adalah bintang dari buku ini! 💫 ✨🤩

Karakter menarik Alina ini tumbuh dari seorang sosok gadis biasa yang tiba-tiba menemukan kekuatan magis yang besar, dan harus menghadapi tantangan sulit untuk menghadapi beban tanggung jawab besar sekaligus, yakni melindungi kerajaannya. Bukan cuma Alina, tokoh lain juga mengalami pengembangan karakter yang signifikan dan menjadi pemanis cerita yang seimbang.🙌

Pemain Shadow and Bone (sumber gambar: Netflix News)

Yang pasti, bukan tanpa alasan buku ini bisa memenangkan lebih dari lima penghargaan sejak tahun 2015. Secara keseluruhan, buku ini adalah keberhasilan novel fantasi yang sesungguhnya!🤜🏻Selain menarik, Shadow and Bone juga menyenangkan untuk dibaca karena alurnya yang sederhana tetapi juga cepat sehingga tidak membosankan.😍🙌🏻

Keunikan alur dan latar dunia yang seru membuat cerita ini diangkat ke dalam serial Netflix oleh Eric Heisserer. Tidak hanya mengangkat trilogi Shadow and Bone, Etic Heisserer juga menggabungkan dunia di dalam dwilogi Six of Crows ke dalam serial televisi ini. Serial Netflix Shadow and Bone dimainkan oleh Jessie Mei Li, Archie Renaux, Freddy Carter, dan masih banyak aktris dan aktor berbakat lainnya yang tergabung memerankan serial ini.🙌🏻✨🤩

Season pertama Shadow and Bone mendapatkan respons positif dari para penggemar sebab cerita yang dikembangkan dari 10 judul novel dan adopsi dari dua buku dan event yang berbeda ini melahirkan kombinasi cerita yang menarik. Oleh sebab itu, Eric Heisserer melanjutkan serial ini ke season kedua yang sudah tayang resmi di bulan Maret 2023 ini!

Meskipun buku ini pastinya juga memiliki beberapa kekurangan seperti perincian tempat dan kejadian yang terkadang kurang maksimal, tetapi secara keseluruhan buku ini layak untuk dicoba terutama bagi para penggemar genre fantasi.✨🤩

Nah, untuk kalian yang belum membaca serial Grishaverse, jangan khawatir! Gramedia.com punya seluruh serial lengkap Grishaverse, lho! Mulai dari trilogi Shadow and Bone, dwilogi Six of Crows, hingga dwilogi King of Scars! 👏🏻

Daftar Trilogi Shadow and Bone

1. Shadow and Bone (Bayang dan Belulang)

Alina Starkov bukan siapa-siapa, cuma gadis yatim piatu yang tidak punya apa-apa. Dia memang bergabung di militer sebagai pembuat peta, tapi keahliannya tidak seberapa. Alina bahkan ketiban sial karena kali ini timnya ditugaskan untuk menyeberangi Selubung Bayangan—selaput hampa cahaya berisi monster pelahap manusia. Namun, saat sang sahabat Mal Oretsev hampir kehilangan nyawa dalam misi tersebut, Alina tidak tinggal diam dan tersingkaplah kekuatan besar dalam dirinya yang tak disangka-sangka.

ShadowBeli di Sini!

Kini Alina diboyong ke Istana Kecil untuk berlatih bersama Grisha, tentara sakti raja yang dipimpin oleh Sang Kelam. Sang Kelam percaya bahwa Alina dapat membantunya menghancurkan Selubung Bayangan dan mempersatukan wilayah negeri yang kocar-kacir karena perang.

Namun, pilar-pilar istana menyimpan banyak rahasia dan segala sesuatu tidak sesederhana kelihatannya. Sementara kegelapan semakin membayangi negeri dan rakyat mulai menggantungkan harapan di pundaknya, Alina harus menghadapi bahaya yang dapat mengancam dirinya, orang yang dia cintai, serta masa depan dunia

2. Siege and Storm (Takhta dan Prahara)

Kesaktian Alina Starkov sebagai Pemanggil Matahari harus dibayar mahal—diburu sepanjang Laut Sejati serta dihantui nyawa-nyawa yang terenggut saat dia melarikan diri bersama Mal, sahabat yang kini menjadi kekasihnya. Namun, mereka berdua tidak bisa berlama-lama sembunyi. Sementara itu, Sang Kelam semakin gigih menjalankan rencana yang sudah disusunnya sejak awal, sekalipun itu berarti mengambil tindakan yang tidak masuk akal.

Petualangan Alina semakin berwarna ketika ia terjebak di kapal Sturmhond, sang perompak partikelir ternama yang punya rahasianya sendiri. Perjalanan membawa Alina kembali ke Ravka dan kehadirannya dianggap mukjizat oleh kaum fanatik. Dia bertekad kembali ke Istana Kecil dan memimpin pasukan Grisha. Namun, Alina justru terlibat dalam perebutan takhta di antara dua putra mahkota yang membuatnya semakin jauh dari Mal.

ShadowBeli di Sini!

Bukan hanya itu, bayang-bayang Sang Kelam yang begitu nyata kerap datang tiba-tiba dan membuat Alina tidak bisa membedakan halusinasi dan realita. Tak ada kejayaan tanpa pengorbanan, dan ketika harapan seisi negeri ditumpukan di pundaknya, sanggupkah Alina menghadapi prahara yang mengancam?

3. Ruin and Rising (Runtuh dan Tumbuh)

Novel Ruin and Rising bercerita tentang Alina yang terjebak di sebuah gua yang besar dan jauh di bawah tanah. Ia terjebak bersama Apparat dan kaum beriman yang menganggap dirinya Sosok Kudus. Mereka meyakini bahwa diri mereka akan terlindung dari mara bahaya. Tentara Kedua yang mereka pimpin pun hancur. Burung api adalah penguat ketiga yang diyakini Alina untuk menghadapi Sang Kelam.

Selain Ravka, sang pangeran diharapkan masih bertahan di luar sana. Dengan segelintir prajurit yang tersisa dan perlengkapan seadanya, Alina harus membentuk sekutu baru dan mengesampingkan rivalitas lama demi menemukan penguat terakhir Morozova itu. Namun, seiring dengan terkuaknya lembar demi lembar rahasia Sang Kelam, Alina mulai memahami asal muasal kekuatan yang menyatukan mereka berdua.

ShadowBeli di Sini!

Tidak hanya itu, ia juga menyadari betapa mahal harga yang harus dibayar demi mendapatkan kekuatan paripurna sebagai seorang Grisha. Serta, menjadi pahlawan bagi Ravka. Alina harus memilih, menyelamatkan negaranya dari kegelapan atau kehilangan masa depan yang selama ini dia perjuangkan. Apakah pilihan Alina tepat? Mampukah dia berjuang melawan semua persoalannya?

Daftar Dwilogi Six of Crows

1. Six of Crows

Di Ketterdam, kota pelabuhan sekaligus pusat perdagangan antarnegara yang riuh, segalanya bisa didapat asalkan kita tahu berapa harga yang tepat. Tak ada yang mengamini pedoman tersebut melebihi Kaz Brekker, seorang bajingan ulung berjuluk Tangan Kotor.

Kali ini, Kaz mendapatkan tawaran pekerjaan gelap yang bisa berujung maut. Namun, upah selangit yang dijanjikan membuat Kaz bersedia menjalankannya asalkan dia berhasil merekrut kru yang sesinting dirinya dan Kaz tahu benar siapa saja yang bisa dia andalkan.

ShadowBeli di Sini!

Matthias, sang tawanan yang haus akan pembalasan dendam. Jesper, sang penembak jitu yang kecanduan taruhan. Wylan, sang juragan kecil yang kabur dari rumah. Inej, sang mata-mata yang lihai mengendap-endap. Nina, sang penyihir yang menjual keahliannya demi bertahan hidup. Serta Kaz sendiri, sang pencuri yang selalu berhasil lolos dari jebakan apa pun.  

Enam orang buangan yang berbahaya. Satu tugas rahasia yang mustahil. Namun, jika bekerja sama, mungkin saja mereka berhasil asalkan semua berjalan sesuai rencana dan mereka tidak saling bunuh sebelum misi terlaksana.

2. Crooked Kingdom

Kaz Brekker si Tangan Kotor dan krunya, enam preman jalanan Barrel, kembali ke Ketterdam. Mereka seharusnya pulang sebagai jutawan, tapi malah ditipu habis-habisan dan berakhir sebagai buronan. Kekurangan modal dan kehilangan sekutu yang bisa diandalkan, mereka hampir putus asa. Situasi semakin pelik ketika utusan berbagai negara dari seluruh penjuru dunia menjejakkan kaki di kota demi mencari tahu soal ramuan rahasia yang konon sangat berharga. Seakan masalah tersebut belum cukup pelik.  

ShadowBeli di Sini!

Inej sang Siluman terpisah dari geng. Jesper kedatangan tamu yang tak disangka-sangka. Wylan menguak rahasia masa lalu yang tersembunyi di desa. Nina kehilangan kesaktiannya sebagai Grisha. Matthias mengalami pergulatan batin setelah kehilangan apa yang di imaninya. Kaz sendiri masih harus berjuang melawan trauma masa kecilnya.  

Musuh-musuh lama kembali dan seteru-seteru baru muncul adu untuk adu siasat dengan si Tangan Kotor sekaligus menguji kesetiaan rekan-rekannya. Perang bakal terjadi di gang-gang sempit dan kanal-kanal berliku. Pada akhirnya, dapatkah Kaz memenangkan pertarungan dan menjadi raja di kotanya sendiri?

Daftar Dwilogi King of Scars

1. King of Scars

Sang raja muda Ravka yang menawan hati, Nikolai Lantsov, memang terampil melakukan hal-hal mustahil. Tak banyak yang tahu perihal derita yang dia tanggung selama perang saudara berlangsung—dan dia tidak berminat mengumbar cerita. Kini, selagi para seteru bersiasat di wilayah perbatasan negeri yang kian melemah, Nikolai harus memutar otak untuk mengisi ulang pundi-pundi kerajaan, mencari sekutu baru, sekaligus menanggulangi ancaman terhadap tentara Grisha—pasukan militer Ravka dengan kemampuan istimewa.  

“Kalau semua berjalan mulus, tidak seru,” ujar Nikolai.  

ShadowBeli di Sini!

Namun, kian hari sihir hitam di dalam dirinya semakin kuat saja, menjadi ancaman baru yang bisa menghancurkan segala hal yang tengah dibangun oleh sang raja. Dengan bantuan seorang rahib muda dan jenderal legendaris Grisha, Nikolai memulai perjalanan ke seluruh penjuru negeri, menuju tempat sihir paling sakti berada, demi membasmi warisan kelam yang bersemayam di tubuhnya. Dia rela melakukan apa saja untuk menyelamatkan Ravka serta dirinya sendiri. Sayangnya, ada rahasia yang tidak bisa terkubur selamanya—serta ada luka yang tidak bisa sembuh bagaimanapun caranya.

2. Rule of Wolves

Bersamaan dengan bangkitnya musuh dari masa lalu yang tak disangka-sangka, momok mengerikan menyerang seluruh negeri. Lahan-lahan subur seketika berubah menjadi segersang selubung bayangan. Rakyat kian kesulitan dan Nikolai Lantsov, Raja Ravka, masih meraba-raba harus berbuat apa. Dia juga harus mengatur siasat diplomasi dengan Shu Han di selatan yang sudah mengirim prajurit untuk menghabisi nyawanya, sementara pasukan Fierda di utara siap meluncurkan serangan demi melengserkan sang raja belia dari takhta.

“Namanya juga Ravka. Kabar buruk tidak ada habisnya.”

ShadowBeli di Sini!

Terkepung dari segala sisi, Nikolai lagi-lagi harus mengerahkan segenap upaya untuk mempertahankan negerinya termasuk mengeluarkan monster iblis dari dalam dirinya, memanggil Sang Kudus Matahari yang kabarnya telah tiada, mengirim sahabatnya sendiri ke misi penuh spekulasi, menyewa jasa pencuri bertangan kotor beserta krunya, mengandalkan mata-mata tunggal di jantung pertahanan serigala, serta melepas sang jenderal pemanggil badai yang diam-diam mencuri hatinya. Akankah kali ini nasib baik berpihak kepada Ravka, atau haruskah Nikolai menyaksikan negeri itu hancur pada akhirnya?


Baca Juga: Petualangan Baru Enola Holmes dalam Kasus Perpisahan Gipsi


Nah itu dia keseruan Grishaverse yang bisa Admin spill! Pastinya seru, bukan? Sebelum menonton jangan lupa untuk koleksi semua novel lengkapnya untuk dapatkan gambaran luas soal dunia fantasi seru ini! Pastinya cuma di Gramedia.com kamu bisa dapatkan serial lengkapnya!

Cek penawaran spesial dari Gramedia.com hanya untuk kamu. Lihat seluruh promo yang bisa kamu gunakan agar belanja jadi lebih hemat! ⤵️

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: Netflix News

Penulis: Puteri C. Anasta


Enter your email below to join our newsletter