Setahun Corona di Indonesia, Berikut Buku-Buku dalam Hadapi 'New Normal' pada Berbagai Sektor

Setahun Corona di Indonesia, Berikut Buku-Buku dalam Hadapi 'New Normal' pada Berbagai Sektor

. 4 min read

Tanggal 2 Maret 2021 menjadi genap satu tahun wabah corona masuk ke Indonesia. Indonesia seketika berubah kala Bapak Joko Widodo mengumumkan kasus COVID-19 pertama setahun silam. Hingga saat ini, virus corona masih terus menghantui kita. Bahkan angka kasus positif sudah menembus 1 juta.

Seluruh kegiatan masyarakat terganggu. Dari sekolah dan bekerja harus di rumah, tempat-tempat wisata atau perbelanjaan yang sepi pengunjung, ekonomi menjadi lumpuh, dan kegiatan sosial antar masyarakat pun merenggang. Protokol kesehatan dilakukan semua pihak dan hal ini membuat cara hidup kita menjadi berubah. “New normal” menjadi suatu hal yang harus merekat dalam kehidupan kita sekarang, dalam berbagai kegiatan dan medium apapun.

Dalam menghadapi pandemi, semua sektor kegiatan mulai merubah kebiasaan sesuai dengan protokol yang berlaku. Berikut Admin sampaikan buku-buku yang bisa menjadi acuan dan bahan pembelajaran serta menambah ilmu dalam menghadapi pandemi dalam berbagai sektor.

Semua Murid Semua Guru 4 : Edukasi di Masa Pandemi

semuaBeli dan Tambah Ilmu Sekarang!

Akses dan kualitas pendidikan masih sulit terwujud selama ini, ditambah pada masa pandemi. Kesenjangan terlihat semakin nyata antara pelajar di kota maupun di desa. Sekolah tanpa pertemuan tatap muka adalah salah satu dampak dari COVID-19 dan masih ada dampak panjang pada pendidikan yang perlu kita mitigasi dan carikan solusi. Buku ini akan menjabarkan kegawatdaruratan dan apa yang perlu diperjuangkan untuk keberlanjutan pendidikan.

COVID-19 di Indonesia: 19 Catatan Pemikiran Tentang COVID-19

covidBeli dan Tambah Ilmu Sekarang!

Tingkat kematian akibat COVID-19 di Indonesia menjadi yang tertinggi di ASEAN. Sampai saat ini, statistik kasus positif terus merangkak naik. Kebijakan penanganan COVID-19 di Indonesia masih memerlukan banyak perbaikan di berbagai sisi. Buku ini ditulis dalam berbagai perspektif, khususnya dari sudut pandang sosial, politik, ekonomi, dan hubungan internasional. Guna memberikan kontribusi bagi penyelesaian pandemi dan menggali implikasi negatif yang dialami Indonesia, buku ini menjadi pengingat bahwa semua pihak berperan besar dalam memerangi pandemi COVID-19. Baik dari sisi pemerintah, instansi terkait, hingga masyarakat luas.

CI-EL: Kapabilitas Setelah COVID-19

ciBeli dan Tambah Ilmu Sekarang!

Markplus, Inc adalah perusahaan konsultan pemasaran besar. Dari buku ini, mereka secara resmi meluncurkan strategic framework terbaru, CI-EL, yaitu konsep dari Creativity, Innovation, Entrepreneurship, dan Leadership. Model ini diyakini menjadi kapabilitas baru yang diperlukan oleh suatu perusahaan setelah COVID-19. Model CI-EL mencoba menggabungkan antara pemasaran, keuangan, serta organisasi, dan bisa menjadi pegangan bagi para pebisnis dalam menghadapi era VUCA (Volatility, Unvertainty, Complexity, dan Ambiguity). Pelajari pentingnya pemasaran yang harus merujuk pada dampak finansial dan ditunjang dengan pemanfaatan teknologi yang berlandaskan dengan nilai-nilai kemanusiaan.

Tata Kelola Manajemen Keperawatan Klinis Era Covid-19

tataBeli dan Tambah Ilmu Sekarang!

Memberi gambaran tentang bagaimana COVID-19, serta situasi manajemen keperawatan di masa pandemi. Buku ini juga memberikan pengetahuan dan pemahaman akan gambaran dan kondisi peran keperawatan dalam menghadapi pandemi, serta bagaimana memanajemen ruangan dan staff. Dari manajemen klinis, bagaimana standar APD, cara manajemen keperawatan dan pelayanan pada IGD di masa pandemi. Serta dilengkapi artikel atau jurnal terkait.

Politik Hukum Kontemporer (Covid dan Normal Baru Hukum)

politikBeli dan Tambah Ilmu Sekarang!

Normal baru dan politik hukum merupakan dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan, sehingga dalam setiap normal baru selalu terdapat analisis dan evaluasi kebijakan hukum dalam perspektif politik hukum. Nah, buku ini membahas kondisi kebijakan hukum di masa pandemi COVID-19, dan juga berisi kumpulan analisis politik hukum secara tematik yang mencakup aspek politik, ekonomi, sosial, budaya, serta aspek terkait lainnya. Dibagi dalam tiga bagian besar, yaitu kebijakan terkait pandemi yang melahirkan normal baru, kebijakan hukum terkait normal baru, dan membahas tentang dampak perekonomian akibat pandemi.

Protokol Destinasi

protokolBeli dan Tambah Ilmu Sekarang!

Dalam mendongkrak kembali ekonomi industri pariwisata, namun tetap memperhatikan aspek perlindungan kesehatan para pelakunya di masa pandemi, buku ini menjabarkan pedoman-pedoman praktis berdasar pada anjuran WHO untuk melaksanakan kegiatan pariwisata dari sisi operator pariwisata. Buku ini juga secara praktis memberikan pedoman mengenai penyelenggaraan aktivitas dalam industri pariwisata, yang langsung dapat digunakan oleh para pelaku industri dalam masa 'new normal'.

Masa Depan Dunia Setelah Covid-19

masaBeli dan Tambah Ilmu Sekarang!

Buku ini merupakan upaya untuk mengintegrasikan lanskap yang berubah dengan cepat karena COVID-19, dengan harapan dan strategi jangka panjang. Mengacu pada penelitian, kursus, dan materi pelatihan dari program di Futurist Institute, sebuah lembaga "peramal" masa depan, yang menawarkan perspektif futuristik strategis untuk menghadapi perubahan-perubahan tersebut. Kerangka kerja futuristik diperlukan untuk menghadapi potensi perubahan jangka panjang, tantangan, dan peluang yang akan terjadi setelah pandemi. Terutama perubahan penyakit, krisis ekonomi, serta masa depan pekerjaan, pendidikan, perawatan kesehatan, rantai pasokan dan kebiasaan konsumsi, serta dinamika lainnya.

Nah, dari buku-buku tersebut diharapkan masyarakat luas bisa tanggap dalam menghadapi perubahan baru yang dirasa menyulitkan. Selain itu, juga bisa memberi tambahan ilmu pada berbagai sektor yang kian berubah mengikuti keadaan 'new normal'.

Yuk, tambah ilmu dan kamu bisa membeli buku-buku di atas hanya di Gramedia.com. Jangan lupa untuk tetap ikuti protokol kesehatan yaa.


Sumber foto header: Unsplash