Serunya Bermain Stiker untuk Anak, Ternyata Banyak Manfaatnya!

Serunya Bermain Stiker untuk Anak, Ternyata Banyak Manfaatnya!

. 4 min read

Dengan bentuknya yang beragam, warna-warni, dan banyak variasi lucu lainnya, anak-anak senang sekali bermain stiker.  Walaupun kadang mereka masih belum mengerti stiker harus diapakan, namun jika sudah berhasil melepas stikernya, mereka akan menempelkannya di mana-mana, di sudut ruangan, maupun benda lainnya. Tapi tenang saja, bermain stiker bisa jadi pilihan orang tua untuk mengajak anak melakukan aktivitas seru namun tetap bermanfaat.

Lalu, apa sih manfaat dibalik bermain stiker bagi anak?

1. Melatih Motorik Halus dan Pengembangan Sensori

Manfaat
Sumber foto: childhood101.com

Anak perlu menggunakan jarinya untuk melepas stiker. Proses ini pun membutuhkan kordinasi mata dan tangan yang baik. Gerakan halus jari jemari kecil anak harus bergerak dengan tepat untuk bisa melepaskan stiker, dan menempel sesuai tempatnya. Nah, hal ini membuat motorik halus mereka terasah dengan baik.

Selain itu, stiker mempunya dua sisi yang berbeda. Anak akan merasakan perbedaan kedua permukaan tadi saat melepasnya, sehingga mereka belajar untuk memutuskan sisi mana yang harus ditaruh agar stiker itu menempel pada kertas yang sudah disiapkan.

Otot tangan di jemari dan lengan pun dapat terlatih, sehingga membantu anak dalam proses belajar maupun aktivitas lainnya di kemudian hari. Seperti memegang pensil untuk menulis atau memegang benda kecil lainnya dengan baik.

2. Mengasah Fokus, Konsentrasi, dan Ketekunan Memecah Masalah

Manfaat
Sumber foto: theottoolbox.com

Membuka stiker dan menempelkannya tanpa kembali melekat di jari mereka, membuat anak akan duduk tenang sambil fokus memerhatikan stikernya. Hal ini dapat untuk berlatih rentang konsentrasi dan merangsang pertumbuhan otak.

Dalam buku stiker biasanya tersedia permainan yang mengharuskan si anak melengkapi gambar kosong dan menyesuaikan dengan menempel stiker yang tepat. Dengan permainan yang dibuat mengasyikkan, membuat anak tanpa sadar sedang dilatih untuk memecahkan sebuah masalah, dan memperkuat kemampuannya untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Karena butuh ketekunan dan kesabaran saat mengerjakan permainan stiker, hal ini pun dapat melatih ketekunan dan kesabaran anak, dengan sisipan arti sabar dari orang tua agar mereka tidak bingung lagi dengan perasaan yang dialami.

3. Mengenal Bentuk, Mengasah Imajinasi dan Kreativitas

Manfaat
Sumber foto: bussytodler.com

Dari warna dan bentuknya yang beragam, anak dapat mengenalnya agar wawasan dan kosakatanya bertambah. Pengenalan bentuk seperti lingkaran, kotak, segitiga, dan lainnya, kelak akan membantu anak lebih memahami lingkungan. Seperti ban yang berbentuk lingkaran, atap rumah berbentuk segitiga, dan lain-lain.

Oh ya, seringkali anak bisa salah menempelkan stiker di tempat yang tidak sesuai, tapi bentuknya ternyata persis sama. Ternyata hal ini bisa melatih kreativitas dan imajinasinya tergerak loh, atas pemilihan gambar yang sesuai keinginannya sendiri.

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Manfaat
Sumber foto: dreamstime.com

Saat anak berhasil membentuk sesuatu dan menyelesaikan permainan di buku aktivitas stiker, tentu mereka merasa puas. Nah, dalam dirinya pun tumbuh rasa kepercayaan bahwa ia mampu menyelesaikan sesuatu dengan hasil yang terbaik.   Jangan lupa untuk berikan reaksi positif, support dengan pujian, agar anak semakin yakin bahwa ia telah melakukan hal yang tepat. Untuk ke depannya, kepercayaan diri ini akan menambah daya kreativitas anak dan kecerdasan spesial lainnya, karena mereka tidak takut atau malu saat mengerjakan sesuatu.

Nah, saatnya luangkan waktu tingkatkan bonding bersama anak lewat bermain stiker yuk! Akhir pekan ini, ajak anak pilih buku stiker yang seru dan mengasyikan di Gramedia.com ya. Tersedia banyak buku stiker dengan penuh permainan yang bisa mengasah kecerdasan anak.

Ini dia rekomendasi dari Admin yang bisa kamu pilih.

Frozen 500 Stiker

FROZENBeli di Sini

Robocar Poli : Buku Stiker -Kode Qr- Tim Penyelamat!

RobocarBeli di Sini

Robocar Poli : Buku Stiker Utamakan Keselamatan!

RobocarBeli di Sini

Disney Princess: 500 Stiker

DisneyBeli di Sini

Mewarnai dan Menempel Stiker 1

MewarnaiBeli di Sini

Toy Story 500 Stiker

ToyBeli di Sini

Disney: Bermain Stiker Aktivitas Menakjubkan

DisneyBeli di Sini

Robocar Poli: Buku Stiker Dinosaurus

RobocarBeli di Sini

Sofia the First: Bermain Stiker: Aktivitas Putri

SofiaBeli di Sini

Sticker Books: Mermaids Sticker

StickerBeli di Sini

Sticker Books #1: Big Dinosaur

StickerBeli di Sini

Semua buku-buku ini diskon sampai 40%. Yuk, pilih bersama buah hatimu tersayang sebelum promo Online Book Fair berakhir, yaitu hari Minggu, 7 Februari 2021.

Saatnya borong buku stiker!


Sumber foto header: Aldersgate Preschool