Serangkai: Memberi Tempat untuk Kehilangan

Serangkai: Memberi Tempat untuk Kehilangan

. 2 min read

Serangkai merupakan novel keempat Valerie Patkar, yang masih berkaitan erat dengan novel pertamanya, yaitu Claires. Kali ini, penulis kelahiran 1994 ini mengangkat tema soal kehilangan lewat tiga tokoh penting di dalamnya.

Kai Deverra, seorang pebalap F1 asal Indonesia, belum bisa selesai dengan kisah cinta lamanya, meski sang mantan sudah beranjak ke jenjang pernikahan. Hingga pada satu momen perhelatan F1 di Zandvoort, Belanda, ia bertemu dengan Karina Maladivas, yang saat itu bertugas sebagai tim medis. Naas, kecelakaan terjadi. Namun, sejak saat itu, ternyata keduanya justru semakin dekat.

Semakin mengenal Divas, Kai tahu bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan Divas; selalu menyendiri setiap pukul 6 sore, sambil mendengarkan lagu dari iPod jadul serta menyalakan rokok yang tak diisap sama sekali, hingga kebiasaan tidur di lantai, yang ternyata sudah berlangsung selama bertahun-tahun. Dan penyebabnya perlahan terkuak, yaitu kehilangan seseorang bernama Zacchio. Setelah bertahun-tahun kepergian Zacchio dari hidup Divas, bertahun-tahun pula Divas belum dapat merelakan itu.

Semua ini ternyata berakar dari konflik keluarga yang cukup pelik. Divas dengan keluarga yang penuh kebahagiaan palsu. Di sisi lain, Kai pun tak jauh dari permasalahan dengan orang tuanya yang tak mendukung kariernya sebagai pebalap F1. Kondisi-kondisi seperti itu semakin diperparah karena tak ada yang berusaha menyelesaikannya, bahkan cenderung membiarkan. Bersikap seolah semuanya baik-baik saja, hingga suatu kali amarah memuncak dan meledak.

Lewat Serangkai, Valerie ingin menyampaikan bahwa kehilangan bukanlah masalah yang mudah diselesaikan; karena melupakan saja kadang tidak cukup, tanpa kerelaan untuk menerima dan memberi tempat untuk kehilangan itu sendiri.

Novel yang diterbitkan oleh Penerbit Bhuana Sastra ini telah resmi terbit pada 27 Januari 2021, setelah sebelumnya berhasil terjual 1.000 dalam 6 menit lewat pre-order. Selain itu, Valerie juga merilis akun @mengenangyanghilang di platform Instagram, sebagai tempat untuk menampung kesedihan karena kehilangan.

mengenang
Instagram Profile @mengenangyanghilang

Penasaran dengan novel Serangkai? Coba langsung cek bukunya di sini!

Serangkai

bukuBaca Kisah Kai Sekarang!


Karena kamu sudah membaca artikel ini, ada hadiah voucher Diskon 20%, untuk pembelian buku ini di Gramedia.com. Langsung pakai vouchernya yuk!😉

voucherKlik untuk Dapatkan Vouchernya!


Oleh: Ani, Editor Bhuana Sastra (imprint Penerbit Bhuana Ilmu Populer)

Sumber foto header: Dok. Bhuana Ilmu Populer