Selamat Jalan Karl Lagerfeld, Ikon Legendaris Dunia Fashion

. 2 min read

Fashion designer legendaris, Karl Lagerfeld tutup usia pada 19 Februari 2019, waktu Prancis. Perancang busana kenamaan dunia itu meninggal di usia 85 tahun, karena sakit kanker pankreas yang dideritanya.

Nama besarnya sebagai direktur kreatif Chanel membuat banyak pecinta fashion ikut berduka atas kepergiannya. Meski sebelumnya, banyak orang yang sudah tahu kondisi pemilik nama lengkap Karl Otto Lagerfeld itu memang sempat menurun. Terbukti dari absennya Karl di acara Chanel's Haute Couture Paris pada 22 Januari 2019 lalu.

Sejumlah desainer dunia dan juga selebriti ikut mengucapkan duka mendalam atas kepergian Karl Lagerfeld. Sebut saja desainer Donatella Versace, Gigi Hadid, serta Victoria Beckham yang ikut menyampaikan duka mereka melalui sosial media.

Karl yang sudah bergabung dengan Chanel sejak 1983 itu dikenal dengan kejeniusannya memertahankan dan melanjutkan nama besar Chanel. Tak hanya melanjutkan tren yang sudah dibesarkan Coco Chanel, Karl juga menangani berbagai brand lainnya. Sebut saja Fendi dan Chloe yang juga sukses bertahan selama puluhan tahun berada di tangan Karl.

Sosok ikonik Karl yang kerap memakai kaca mata hitam, berambut putih, dan bersarung tangan itu meninggalkan kesan begitu mendalam di dunia fashion. Dia dikenal sebagai sosok yang mau berbagi ilmu dan terbuka menerima siapa pun yang mengapresiasi segala karya fesyen, tak terkecuali dari bintang-bintang Korean Pop.

Sepeninggal Karl Lagerfeld, posisi direktur kreatif Chanel akan diambil alih oleh Virginie Viard. Kini sosok Karl telah beristirahat dengan tenang. Karya dan juga sosok pria asal Jerman ini, akan selalu dikenang. Selamat jalan Karl Lagerfeld!

Berikut beberapa koleksi buku tentang Karl Lagerfeld, untuk kalian yang ingin lebih dekat dengan Karl atau tentang Chanel yang sangat melekat dengan Karl, atau juga tentang Coco Chanel, sosok wanita hebat, pendahulu Karl yang menciptakan brand Chanel.

The Karl Lagerfeld Diet

KARL
Sumber: Amazon

Buku ini salah satu yang paling banyak dicari bagi mereka yang mengagumi sosok Karl. Alasannya karena melalui buku ini, Karl menceritakan bagaimana dirinya mencitrakan ulang sosoknya setelah puluhan tahun berkecimpung di dunia fesyen.

Di buku ini, Karl Lagerfeld mengisahkan dirinya yang membuang 42 kg bobotnya dan tampil menjadi sosok yang lebih bugar.

Karl Lagerfeld: Chanel Art

KARL
Sumber: Steidlverlag

Kalau yang ini, adalah buku berisikan foto-foto dari barang-barang seni yang dikuratori oleh Karl dari beberapa acara Chanel di mana menunjukkan keunikan karya-karya Chanel.

Tak cuma bicara mode pakaian tapi di sini semua instalasi seni juga ikut diabadikan, seperti lukisan, pahatan, dan instalasi lainnya.

Mademoiselle Chanel

KARL

Kalau yang ini, kembali ke perjalanan sebelum Karl Lagerfeld ikut andil dalam memertahankan besarnya nama Chanel. Di sini justru membahas cikal bakal Chanel, dengan mengenal sosok Gabrielle Chanel yang kemudian lebih dikenal dengan nama Coco Chanel.

Tak cuma buku ini, sebenarnya, Karl secara pribadi juga pernah menulis buku tentang Coco Chanel dengan judul Mademoiselle, yang berisikan foto-foto yang pernah diabadikan Douglas Kirkland.

Namun kalau di buku ini, lebih membahas sosok Coco Chanel semasa hidupnya, yang dibuat dalam bentuk novel. Buku yang ketiga ini bisa kalian dapatkan di Gramedia.com ya.


Sumber foto header: Karl.com