Selain Indonesia, 5 Negara Ini Juga Merayakan Kemerdekaan di Bulan Agustus Lho!

Selain Indonesia, 5 Negara Ini Juga Merayakan Kemerdekaan di Bulan Agustus Lho!

. 2 min read

Sebentar lagi Indonesia merayakan hari kemerdekaan ke-73 di bulan Agustus. Momentum ini memang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Tidak heran, berbagai persiapan dan pernik-pernik kemerdekaan pun telah dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

Namun ternyata nggak cuma Indonesia saja lho yang merayakan Independence Day-nya di bulan Agustus. Beberapa negara lain diketahui juga turut merayakan hari kemerdekaannya di bulan yang sama. Negara mana sajakah?

1. Malaysia

Malaysia
Negara satu rumpun, Malaysia merdeka pada 31 Agustus 1957. Namun jika ditilik sejarahnya, pada tahun itu Malaysia belum sepenuhnya terlepas dari jajahan Inggris. Pada 9 Juli 1963 Malaysia menandatangani perjanjian yang membuatnya harus rela berada di bawah kekuasaan Inggris. Salah satu isi kesepakatannya adalah mengizinkan pemerintah Inggris untuk menggunakan pangkalan militernya jika sewaktu-waktu diperlukan. Perjanjian tersebut diketahui berlaku hingga 999 tahun setelah masa persetujuan. Hal ini pula lah yang membuat Malaysia seringkali disebut sebagai negara persemakmuran Inggris.

2. Singapura

Singapura
Singapura, negara tetangga Indonesia ini ternyata juga memperingati hari kemerdekaannya di bulan Agustus, tepatnya pada 9 Agustus. Perlu kalian tahu, sebelum memerdekakan dirinya, Singapura dulunya adalah bagian dari negara Malaysia lho. Siapa sangka, kini Singapura justru menjadi negara yang dinilai lebih maju dibanding Malaysia.

3. India

India
Selang 2 hari sebelum Indonesia, India resmi menjadi negara yang berdaulat pada 15 Agustus 1947. Pada saat itu Jawaharlal Nehru, Perdana Menteri pertama India mengibarkan bendera Nasional India di atas Jembatan Lahori di Red Fort, Delhi sebagai lambang telah merdekanya India dari Inggris. Meskipun begitu, konstitusinya baru disahkan 3 tahun kemudian, pada tanggal 26 Januari 1950.

4. Korea

Korea
Tidak hanya India, tanggal 15 Agustus 1945 juga merupakan hari bersejarah bagi rakyat Korea. Pada saat Korea Utara dan Korea Selatan belum terpisah, keduanya menjadi sarang jajahan bangsa Jepang. Hingga pada akhirnya Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu, bertepatan pada momen di mana bangsa Indonesia sedang bersiap untuk memproklamirkan kemerdekaannya.

5. Gabon

Gabon
Masih asing dengan nama Gabon? Gabon merupakan negara dengan jumlah penduduk yang tidak terlalu banyak, yang berada di wilayah barat Afrika. Gabon merupakan negara bekas jajahan Prancis hingga akhirnya menyatakan kemerdekaannya di hari yang sama dengan Indonesia yakni 17 Agustus. Bedanya Indonesia merdeka pada tahun 1945, sementara Gabon pada 1960.